Tips dan Trik
Feb1

Mau Domain Gratis dari dot .Tk ?

Mau Domain Gratis dari dot .Tk ?. Yuk daftar, sebelum nama domain .tk nya diambil orang. Hitung-hitung nambahin koleksi domain gratisan. Gratis juga :lol: .

Beberapa waktu yang lalu, domain dot tk ( .tk ) hanya memberikan fasilitas untuk menyingkat alamat url/domain yang panjang menjadi nama domain yang singkat. Begitu saya cek dua hari yang lalu, ternyata .tk telah menambahkan fasilitas pendaftaran nama domain gratis, sama halnya dengan domain gratis seperti co.cc, cz.cc, co.nr dan co.tv. Entah kapan tepatnya fasilitas domain gratis dari .tk ini resmi di tambahkan dan di luncurkan.

Iseng-iseng, saya pun mencoba fasilitas baru ini dengan dua blog di www.elvaku.tk menggunakan hosting gratisan dari blogspot dan www.jeri.tk yang menggunakan hosting USA yang cepat dan stabil dari SurgaHost.com. Dan, benar saja. Selain fasilitas domain gratis, banner-banner sponsorpun telah dihilangkan, benar-benar bersih tanpa iklan.

Selain buat pembelajaran, hitung-hitung nambahin koleksi domain gratis :lol: . Dan menurut saya, Domain dot tk ( .tk ) lebih keren karena lebih singkat, cuma terdiri dari dua huruf .tk. Manalagi, domain dari .tk benar-benar top-level domain (Tld).

.tk adalah top-level domain kode negara Internet untuk Tokelau, sebuah wilayah kepulauan di daerah lautan Pasifik bagian selatan, dekat New Zealand. Namun, domain ini disewakan secara gratis, kemungkinan untuk memperbanyak income. ( http://id.wikipedia.org/wiki/.tk )

Namun, bila kita memakai domain ini, blog atau web kita harus memenuhi kriteria 25 page view per 90 hari. Itu kalau saya ga salah nranslate :D , kalau salah tolong di koreksi.

In order to continue providing FREE DOMAIN to you, we may establish minimum use requirements for our members. As of January 1
, 2007, these minimum use requirements are as follows: Each member is required to generate an aggregate of at least twenty-five (25) page views during 90 days. Access of your domain name by a third party will be credited toward satisfaction of these requirements. By accepting this Agreement, you agree that you will comply with the foregoing minimum use requirements (although you understand and agree that we may discontinue FREE DOMAIN at any time pursuant to section 8.2 regardless of your compliance with these requirements). We reserve the right to contact you from time to time regarding your compliance with the foregoing minimum use requirements.

Ga susah amat kok mendatangkan pengunjung ke web/blog kita sebanyak 25 orang dalam jangka waktu / 3 bulan :D . Salah satunya dengan promosi. Bisa melalui Social Network seperti facebook, dsb. Atau rajin-rajin blogwalking. Dengan kita rajin update dan posting saja, rasanya syarat ini tidak menjadi masalah.

Itu saja gambaran singkat tentang domain gratis dari .tk . Berikutnya bagaimana cara dan langkah-langkah untuk mendapatkan domain gratis dari dot tk. Mulai dari tahap registrasi, Setting dan mengarahkan domain dot tk ke blogspot serta Setting dan mengarahkan domain dot tk ke hosting berbayar.


  • Cara Registrasi domain gratis .Tk

Yang pertama adalah, silahkan klik banner di atas. Atau klik link ini,  Mau Domain dot TK GRATIS (Ref).  Kemudian kita akan di bawa kehalaman untuk memilih sebuah nama domain seperti gambar di bawah ini. Silahkan pilih nama domain favorit kita kemudian klik next.

domain gratis dot Tk

domain gratis dot Tk

Bila nama domain tersebut sudah ada pemiliknya (teregistrasi), maka akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini.

domain gratis .tk 2

Silahkan klik tombol back pada browser, kembali ke proses awal pada gambar pertama. Cari alternatif nama domain lain yang belum di registrasi. Atau pilih list nama domain yang tersedia dibawahnya. Bila nama domain tersebut tersedia, akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini.

Daftar Domain gratis .tk

Pastikan centang bagian “Free domain” bukan “Paid domain” :lol: . Kemudian tekan tombol next. Pada tahap ke dua ini, silahkan pilih opsi “Use DNS for this domain” kemudian centang pilihan “Use my own DNS Services” .  Pada kolom Name server, isikan dengan “ghs.google.com” ( anggap kita ngehosting di blogspot, nantipun bisa diedit mau diarahkan kemana servernya ). Isi alamat email kita di kolom “Your E-mail Address” dan jangan sampai salah. Isi Karakter huruf pada kolom “Type the characters you see in this picture”. Selanjutnya silahkan klik next. Lihat gambar dibawah.

domain gratis dot Tk (langkah2.a)

 

domain gratis dot Tk (langkah2.b)

domain gratis dot Tk (langkah2.b)

Langkah selanjutnya adalah mengisi Nama dan Password (gambar dibawah). Password di sini adalah password untuk log in ke dot tk. Selanjutnya klik next.

domain gratis dot Tk (langkah2.c)

 

Sampai di sini, kita telah melakukan registrasi baru domain gratis di .tk. Tinggal menunggu konfirmasi yaitu kode verifikasi yang dikirimkan kealamat email kita.

Menunggu Konfirmasi dari dot Tk

Silahkan cek inbox email kita. Jika tidak ada, cek pada spam email. Kemungkinan nyasar kesana seperti yang saya alami. Isi konfirmasi dari dot Tk kurang lebih seperti ini :

Thank you for using Dot TK to register your brand
new Dot TK domain name!

You have registered with the following information:

Your e-mail address : jeri_xxxx@yahoo.co.id
password: ngetes

confirmation code: Tkte40169
(please note: this is not your password)

As you know we like to keep things simple, so all you need
to do to activate your Dot TK address is…

1. Go to http://my.dot.tk/registration/confirm?tk=Tkte40169

2. Enter your confirmation code

If you have received this email, but did not join us @ Dot TK,
then somebody tried to register using your e-mail address.

In thase case, you can simply ignore this message… But why not come on in,
and see for yourself if your own -free- domain name is still
available at http://www.dot.tk

Hope to see you soon at Dot TK.

Dot TK
Renaming The Internet

Kalau sudah dapat konfirmasi email,, silahkan ikuti link seperti yang saya tebalkan diatas. Seharusnya kita akan di bawa kehalaman seperti di bawah ini. Silahkan masukkan kode konfirmasi kita dan klik “Confirm”.

tk domain Konfirmasi

Bila kode konfirmasi yang kita masukkan benar, maka domain baru di dot Tk yang kita registrasi ini langsung di aktifkan. Silahkan log ini dengan alamat email dan password kita untuk melakukan setting/merubah server name.

Aktif dan log in domain tk


  • Setting (DNS) domain .tk ke Blogspot

Kalau kita sebelumnya telah memiliki blog di blogspot, dan mau memakai domain dari dot tk. Tinggal setting dan arahkan name servernya ke blogspot (ghs.google.com). Caranya, pada panel sebelah kiri, silahkan pilih “My Domains” >> “List  my domains”. Pada halaman “List my domains”, pilih domain yang mau di setting, kemudian klik “modify”.

Kontrol Panel Domain tk

setting domain tk ke blogspot

 

Langkah selanjutnya, kita akan dihadapkan dengan halaman setting domain, dimana terdapat tiga pilihan pengaturan yaitu :

  1. Domain forwarding
  2. Use Dot TK Free DNS Service
  3. Use Custom DNS Service

Silahkan pilih opsi no 2  “Use Dot TK Free DNS Service” kemudian klik “Configure” disebelah kanannya. Pada kolom “Type” terdapat 3 pilihan Record, yaitu :  A, CNAME dan MX. Pilih :

  • Type = CNAME
  • Host Name = www.domainkita.tk ( contoh saya isi dengan www.elvaku.tk)
  • IP Address = ghs.google.com

Record CNAME domain tk

Sampai di sini sebenarnya setting domain dot tk untuk blogspot sebenarnya sudah cukup. Tetapi, blog kita nanti tidak dapat diakses tanpa mengetikkan WWW di address bar browser (contoh http://elvaku.tk). Supaya blog kita tetap dapat diakses dengan atau tanpa WWW, kita tambahkan lagi Type record, Tetapi kali ini bukan CNAME Record, melainkan A Record.  Lihat gambar diatas, klik “add another hostname”. Isi dengan :

  • Type = A
  • Host Name = domainkita.tk ( tanpa WWW, contoh saya isi dengan elvaku.tk )
  • IP Address = 216.239.32.21

Tambahkan lagi “add another hostname” A Record dengan IP yang berbeda sebanyak 3 kali lagi. Masing-masing pada kolom IP, Isi dengan :

  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21

Sehingga ada 4 setting Untuk A Record dan satu setting untuk CNAME Record seperti gambar dibawah ini :

Setting CNAME dan A Record domain tk

Gambarnya jadi ga jelas :D. Klik next aja, bila Setting Record sukses, akan tampil halaman  seperti contoh gambar di bawah ini.

Record A dan CNAME domain tk Sukses

Sampai di sini, setting DNS untuk domain dot tk yang diarahkan ke blogspot telah selesai, tinggal menunggu prosesnya kurang lebih 30 menit (bisa lebih). O ya, silahkan cek domain kita di http://network-tools.com/ untuk melihat apakah settingan DNS yang diarahkan ke blogspot sudah benar. Centang opsi “DNS Records (Advanced Tool)”, pada kolom IP isi dengan nama domain kita, misal isi dengan elvaku.tk. Selanjutnya klik GO. Lihat parameter-parameternya di “Answer records”. Seharusnya,  IP yang tercantum disana sama dengan IP Record A yang kita masukkan pada pengaturan domain dot tk tadi.

Nah, kalau untuk setting pada blogspotnya, sama dengan setting domain co.cc yang pernah saya tulis, tinggal mengarahkankan nama domainnya ke domain yang baru kita buat di dot Tk tadi. silahkan baca lagi Setting Domain Gratis co.cc di control panel (pengaturan) pada Blogger (blogspot) kalau lupa :lol:


  • Setting Domain Name Server ( DNS )  .Tk ke hosting berbayar.

Tak serumit setting DNS dot tk ke blogspot, setting DNS dot Tk ke hosting berbayar sangatlah mudah. Hanya satu langkah. Yaitu, mengarahkan name server ke server hosting tempat kita menyewa. Tanyakan name server kepada support center di tempat kita hosting. Atau cari tahu sendiri dengan menggunakan tool di http://network-tools.com/. Bila sudah tahu name server nya, pada gambar 12 dari atas pilih opsi “Use Custom DNS Services” . Saya contohkan di sini untuk nama domain jeri.tk. akan saya arahkan ke server SurgaHost.com yaitu dengan mengisi kolom “Name Server” dengan ns1.surgahost.com dan ns2.surgahost.com. Kemudian klik next untuk melanjutkan dan menyimpan settingan.

Setting DNS domain tk ke Hosting berbayar

Sampai disini, setting DNS untuk domain dot Tk ke hosting berbayar, selesai. Tinggal menunggu prosesnya kurang lebih 30 menit. Untuk mempercepat proses, silahkan log out, dan clear semua history / cache pada browser. Bila perlu restart PC/laptop kita. Lakukan Ping Domain dengan tool di http://network-tools.com/. Berdasarkan pengalaman untuk domain jeri.tk, 5 menit DNS sudah mengarah ke tempat hosting di SurgaHost.com.

Bagikan Ke :
Tags:
Jangan lupa berikan vote untuk artikel ini,

Mau Domain Gratis dari dot .Tk ?


RATING : 4 / 5. Berdasarkan 1votes.

DAN BANTU JUGA UNTUK MEMBAGIKANNYA

  • KE :

Author: Jeri Purba

Cuma penulis yang masih terus dan terus belajar, mencoba berbagi hal yang di rasa cukup bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya dibawah ini

Silahkan berinteraksi,,, berkomentar,,, menyampaikan pesan,,, bebas,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab. Komentar hendaknya berhubungan dengan artikel yang di publish, ( Mau Domain Gratis dari dot .Tk ? ).

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pesan maupun pertanyaannya. Jika bersifat urgent, sebaiknya gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.