Tips dan Trik
May14

MEMBUAT DVD WINDOWS XP KREASI SENDIRI.

Sudah ada CD Windows XP yang original ?, Belum ada ?, :D Ni sekedar info, bagi-bagi cerita… Waktu liat temen install windows XP, dikarenakan PC nya terkena virus yang mengharuskan tu PC di format dan di install ulang, saya jadi mikir, repot bener. Setelah selesai instalasi Windows XP, kan harus nginstal aplikasi-aplikasi/Software yang lainnya. Buka tutup DVD ROM untuk Instalasi aplikasi-aplikasi seperti anti virus, Office, dll. Kasian jg tuch DVD ROM nya. Kenapa ga’ disertakan saja aplikasi or software-software pilihan kita dalam satu keping DVD windows XP karya kita sendiri?. Kan jadi hemat waktu, ga’ repot harus ngurusin banyak cd aplikasi.

Udah tau caranya,,,?

Cara Membuat DVD Windows XP Kreasi Sendiri.

Siapin Software BBIE (Bart`s Boot Image Extractor). Bisa didownload disini. Filenya berukuran 40 kb. Fungsi dari aplikasi ini adalah mengeluarkan file image yang berfungsi untuk booting pada suatu CD atau DVD yang bootable, misalkan disini adalah untuk mengeluarkan image dari CD original windows XP.

Masukkan CD original windows XP ke DVD ROM. Disini, drive tempat CD Windows XP berada adalah di drive G. Tergantung masing-masing PC.

Copy file bbie.exe ini pada hard disk. Misalkan disini saya copy ke hard disk pada directory C (drive C).

Kemudian, klik start / run, ketikkan perintah c:/bbie.exe g: (catatan : C merupakan tempat dimana kita menempatkan file bbie.exe tadi, sedangkan g merupakan tempat CD windows XP/DVD ROM)

Enter, akan muncul jendela command prompt seperti dibawah ini, yang berarti proses pembuatan image bootable dari cd windows xp sedang diproses..

proses pembuatan image bootable windows xp

 

Setelah selesai, buka windows explorer, lihat pada directory C (drive C). Ada satu file dengan nama “image1.bin” (kalo tanpa ekstensi namanya jadi “image1″). File inilah yang akan kita gunakan untuk proses pembakaran DVD windows XP kreasi kita.

Lanjut Bro,,,?
Sabar ya,,,nyulut cerutu, mau masuk proses pembakaran.

Proses pembakaran DVD.

Copy keseluruhan isi dari CD windows XP ke hardisk. Misal Copy di directory C, buat folder baru misalkan CD XP.

Buka aplikasi Nero, pilih “Nero Burning ROM”.
Akan terbuka jendela New Compilation seperti dibawah, cancel dulu untuk memilih drive, pastikan drive yang terpilih adalah drive “DVD-RW” bukan “Image Recorder” karena tujuan kita untuk mebakar DVD. O Ya,,, ampir lupa. Sebelumnya keluarin cd original windows XP, lalu masukkan DVD-R/DVD-RW kosong yang akan kita proses/bakar/burn ke drive DVD.

proses burning image bootable windows xp

cara membuat DVD xp kreasi sendiri

 

Setelah dipilih drive “DVD-RW”, pada jendela yang sama pilih “New”, dan akan terbuka kembali jendela New Compilation. Pilih DVD, kemudian pilih DVD-ROM (ISO). Pada tab multisession, pilih “Start multisession disc”. (kenapa kita pake “Nero Burning ROM” ga’ pake “Nero Express ?, ‘ntar dijelasin pada bagian akhir postingan ini yach). Pada tab label, isikan nama DVD sesuai dengan keinginan kita. Misal disini saya namai dengan “CD_XPKU”. Setelah itu klik “New” untuk drag/memasukan semua file yang akan kita burn.

cara membuat DVD xp kreasi sendiri 1

cara membuat DVD xp kreasi sendiri 2

cara membuat DVD xp kreasi sendiri 3

 

Masukkan semua file windows XP yang sudah kita copy pada drive c di folder Cd xp ( Lihat gambar dibawah).

cara membuat DVD xp kreasi sendiri 3

cara membuat DVD xp kreasi sendiri 5

cara membuat DVD xp kreasi sendiri 6

 

Selanjutnya drag/masukkan file image (image1.bin) pada drive c yang kita buat dengan BBIE sebelumnya.

cara membuat DVD xp kreasi sendiri 7

cara membuat DVD xp kreasi sendiri 8

 

Langkah berikutnya, buat folder baru, misalnya folder “APLIKASIKU”, kemudian masukkan file/folder aplikasi/software pilihan kita yang akan disertakan dalam DVD windows xp ini kedalam folder “APLIKASIKU” tadi. Disini saya contohkan dengan memasukkan software AVAST anti virus.

cara membuat DVD xp kreasi sendiri 9

cara membuat DVD xp kreasi sendiri 10

 

Masukkan semua dach aplikasi pilihanmu ke folder “APLIKASIKU” sampe muatan maksimum ( satu keping DVD kapasitasnya 4,7 Gb). (4,5 Gb udah cukuplah). Setelah selesai, klik “Burn”.

cara membuat DVD xp kreasi sendiri 11

 

Akan tampil jendela “Burn Compilation”, Klik “Burn” lagi.

cara membuat DVD xp kreasi sendiri 12

 

Proses pembakaran DVD Windows XP kreasimu sedang diproses, lamanya tergantung dari banyak sedikit file/aplikasi yang kita masukkan. Kalo mau, silahkan pipis dulu. ‘ntar pipis dicelana lagi,,,repot bro…

cara membuat DVD xp kreasi sendiri 13

 

Catatan tambahan :

Kelebihan “Nero Burning ROM” dari “Nero Express” adalah : DVD-R yang udah diburn/dibakar, masih bisa kita proses kembali (diburn kembali). Bukan menghapus data yang lama, tetapi hanya bisa menambah data baru, bahkan bisa sampe 3 kali (kalo lebih belon pernah nyoba bro, keburu penuh DVD nya). Dengan syarat masih ada kapasitas DVD-R yang tersisa. Syarat lainnya, waktu proses burning/pembakaran yang pertama kali, harus dipilih “Start multisession disc” seperti cara proses burning/pembakaran (gambar 5).

Truz gimana caranya?.

Sama dengan Proses pembakaran dengan menggunakan “Nero Burning ROM”. Hanya ada perubahan sedikit Pada tab multisession, yaitu dengan memilih “Continue multisession disc”. Coba aja menambah file ke DVD windows XP yang udah jadi barusan.

cara membuat DVD xp kreasi sendiri 14

 

Klik “New” kemudian akan tampil jendela seperti ini.

cara membuat DVD xp kreasi sendiri 15

 

Klik OK. Akan tampil jendela untuk drag/memasukan file. Lihat pada jendela paling kiri, tampak teks pada semua file yang sudah ada didalam DVD berwarna pudar. Sedangkan file yang baru kita masukkan teksnya akan berwarna terang.

cara membuat DVD xp kreasi sendiri 16

Selanjutnya tinggal Burn.

Silahkan mencoba. Good luck. Referensi “Cara Membuat DVD Windows XP Kreasi Sendiri”, pengalaman pribadi.

Bagikan Ke :
Tags:
Jangan lupa berikan vote untuk artikel ini,

MEMBUAT DVD WINDOWS XP KREASI SENDIRI.


RATING : 5 / 5. Berdasarkan 1votes.

DAN BANTU JUGA UNTUK MEMBAGIKANNYA

  • KE :

Author: Jeri Purba

Cuma penulis yang masih terus dan terus belajar, mencoba berbagi hal yang di rasa cukup bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya dibawah ini

Silahkan berinteraksi,,, berkomentar,,, menyampaikan pesan,,, bebas,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab. Komentar hendaknya berhubungan dengan artikel yang di publish, ( MEMBUAT DVD WINDOWS XP KREASI SENDIRI. ).

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pesan maupun pertanyaannya. Jika bersifat urgent, sebaiknya gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.