Tips dan Trik
Jun11

Hidden dan Kunci Folder Tanpa Software

Ada banyak Software untuk meng-hidden atau mengunci folder pada windows. Salah satu contohnya Easy file and Folder Protection di http://www.softstack.com/hff.html atau yang lebih terkenal adalah Folder Lock di http://www.newsoftwares.net/folderlock/. Tapi kebanyakan software tersebut berbayar dan ada yang tidak kompatibel dengan Windows x64, karena saya sendiri pake OS 64 bit. Kalaupun mau, banyak serial atau crack yang dapat kita cari supaya software-software ini dapat dipakai dengan full. Tapi kita tahu sendiri resikonya, dari keygan atau crack yang kita dapatkan beserta softwarenya, jarang ada yang bersih, alias di susupin yang namanya trojan dan sebagainya.

Penting memang punya Software semacam ini. Buat nyimpen data-data atau file yang sangat penting supaya ga bisa di lihat atau di buka oleh orang lain, umpamanya file yang bersifat sangat…sangat…sangat pribadi :-) .

Lalu bagaimana caranya buat meng hidden dan mengunci folder tanpa software? Ini ada tips jadul dari majalah chip yang telah mengalami modifikasi. Buka Editor Note Pad anda, kemudian copy dan masukkan kode yang ada di http://www.ziddu.com/download/5150419/HiddenFolder.doc.html.

Cara Hidden dan Kunci Folder Tanpa Software

 

Yang paling penting, lihat kode yang berwarna merah. Kode itulah password anda untuk membuka folder nanti. Jadi jangan sampai lupa ya. Silahkan ganti sesuai dengan yang anda inginkan.

Kalau sudah diganti, save dengan nama yang anda inginkan dengan akhiran bat. Contonya ( Kunci.bat ) tanpa kurung kurawal tentunya :-)

Setelah di save, klik dan buka file bat  (Kunci.bat) tersebut. Simsalabim,,, akan muncul sebuah folder baru dengan nama “Locker”. Silahkan masukkan file-file yang mau di hidden ke dalam folder ini. Seumpama rumah, file bat ini bisa di umpamakan kunci sedangkan folder “Locker” adalah ruangannya.

Selanjutnya, klik dan buka file bat tersebut dan akan muncul jendela command prompt dengan pertanyaan “Are you sure u want to Lock the folder(Y/N)”, ketik “y” tanpa tanda kutip, kemudian enter, hilanglah sudah folder tersebut dari pandangan mata.

cara hidden folder

 

Lalu bagaimana untuk membukanya kembali? klik dan buka kembali file bat tersebut (Kunci.bat) dan akan muncul jendela command prompt dengan pertanyaan “Enter password to Unlock folder” masukkan passwor anda lalu tekan enter.

cara kunci folder

 

Cara ini berlaku untuk seluruh direktori folder yang ada pada windows. Jadi, tinggal copy saja file bat-nya terus jalankan dan akan terbuka folder baru dengan password yang sama. Analisa :Walaupun “Show hidden…” pada folder option dan “Hide extensions tidak ditandai, tetap folder ini tidak akan terlihat. Akan terlihat bila “Hide protected system file” tidak di tandai. Itupun berupa shortcut seperti shortcut control panel, yang bila kita buka memang mengarah ke control panel. Kelemahan dari cara ini menurut saya, kalau shortcut control panel ini di hapus, wassalam,,, file kita juga akan terhapus. Tapi siapa yang bakalan tahu kalau shortcut control panel ini adalah folder yang kita kunci. Yang tahu hanyalah orang yang sudah membaca artikel seperti ini tentunya.

Cara Hidden dan Kunci Folder Tanpa Software 2

Cara Hidden dan Kunci Folder Tanpa Software 3

 

Nah,,, kalau kuncinya (file bat) yang terhapus atau sengaja di hapus, ga masalah, bisa di buat ulang dengan Note Pad dan password yang sama. Tambahan juga, kalimat pertanyaan yang ada pada jendela command prompt “Are you sure u want to Lock the folder(Y/N)” dan “Enter password to Unlock folder” dapat di modifikasi sesuai dengan keinginan kita. Selamat Ber Hidden Ria. Kodenya saya upload, sebab kalau diposting, yang keluar gambar emotion semua :-) :-) :-)

Bagikan Ke :
Tags:
Jangan lupa berikan vote untuk artikel ini,

Hidden dan Kunci Folder Tanpa Software


RATING : 4 / 5. Berdasarkan 3votes.

DAN BANTU JUGA UNTUK MEMBAGIKANNYA

  • KE :

Author: Jeri Purba

Cuma penulis yang masih terus dan terus belajar, mencoba berbagi hal yang di rasa cukup bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya dibawah ini

Silahkan berinteraksi,,, berkomentar,,, menyampaikan pesan,,, bebas,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab. Komentar hendaknya berhubungan dengan artikel yang di publish, ( Hidden dan Kunci Folder Tanpa Software ).

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pesan maupun pertanyaannya. Jika bersifat urgent, sebaiknya gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.