Software Komputer
Aug13

Software Portabel Untuk Meresize Gambar dan Photo Sekaligus

Fotosizer merupakan software portabel yang fungsi utamanya adalah untuk me-resize ukuran dengan banyak photo sekaligus. Selain dapat merubah ukuran pixel gambar atau photo, software yang terbilang kecil ini dapat pula mengkompres photo dengan mengubah nilai kualitas gambar yang akan di kompres tersebut. Saat ini Fotosizer sudah sampai pada versi v2.5.0.536 dimana versi ini sudah mendukung dan dapat dijalankan pada Windows 8.

Seperti kebanyakan software editing gambar lainnya, ada dua versi yaitu Fotosizer versi gratisan dan Fotosizer edisi Professional yang berbayar. Fitur Fotosizer Professional yang tidak terdapat pada Fotosizer versi gratisan adalah watermark atau fitur untuk menambahkan tulisan pada gambar yang dipilih. Penambahan tulisan pada versi pro dapat dilakukan dengan sekali klik dan semua gambar atau photo yang dipilih otomatis akan ada tulisannya. Selain itu, versi Professional-nya mendukung penyimpanan kedalam format ZIP. Saat ini satu lisensi Fotosizer Professional dihargai Rp. 172.000,- dan dapat di beli di sini.

Nah, bagi yang tidak mempunyai kocek buat membeli lisensi Fotosizer Professional, versi gratisannya sudah lebih dari cukup. Jika hanya sebatas untuk merubah atau me-resize photo dengan ukuran yang besar ke ukuran kecil. Biasanya untuk keperluan upload di jejaring sosial semisal Facebook. Fotosizer Free sudah sangat memenuhi kebutuhan.

Walaupun tidak selengkap versi Professional, Fotosizer Free tetap di lengkapi dengan fitur untuk menambahkan efek warna hitam dan putih, Negative serta Sepia. Fitur untuk memutar dan membalik gambar juga tersedia.

 

Download dan Cara Instal Fotosizer Free.

Cara Meresize Gambar dan Photo Sekaligus Dengan FotoSizerFotosizer versi v2.5.0.536 berukuran kurang lebih 1,4 MB. Software kecil ini dapat dijalankan pada komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 98,ME,2000, XP, Vista, 7 dan Windows 8 (32/64bit). Minimal RAM 128 MB serta sudah terpasang Microsoft .NET Framework versi 2.0 atau setelahnya.

Untuk mendapatkan software gratisan ini, silahkan download melalui website resmi Fotosizer. Download Fotosizer di sini.

Setelah di download, lanjutkan dengan proses pemasangan Fotosizer. Klik file “fsSetup205.exe” yang sudah di download. Berikutnya, silahkan ikuti cara instal software portabel ini kurang lebih seperti gambar dibawah (Klik gambar untuk memperbesar).

Cara Instal Fotosizer Pilih Bahasa

Langkah 2 Cara Instal Fotosizer

Langkah 3 Cara Instal Fotosizer
Langkah 4 Cara Instal Fotosizer
Langkah 5 Cara Instal Fotosizer
Langkah 6 Cara Instal Fotosizer
Langkah 7 Cara Instal Fotosizer
Tampilan Awal Software Fotosizer Free

 

Cara Meresize Gambar Sekaligus dengan Fotosizer v2.5.0.536 Free.

Format gambar apa saja yang dapat dijalankan?. File gambar atau photo yang telah didukung Fotosizer v2.5.0.536 Free diantaranya .jpg, .jpeg, .gif, .bmp, .tif, .tiff, dan .png. Versi ini dapat merubah ukuran pixel photo secara manual (custom size) atau meresize gambar yang telah ditetapkan melalui fitur Preset size. Didalam fitur Preset size, gambar dapat di resize mulai dari ukuran 320 x 200 sampai 2048 x 1536, resize ke ukuran pixel gadget semisal Sony PSP, iPod dan iPhone juga tersedia.

Untuk merubah ukuran pixel photo maupun gambar sekaligus silahkan lihat contoh gambar dibawah.

Tombol Pilih Gambar atau Photo yang akan di resize
Pilih Gambar atau Photo yang akan di resize
Tentukan Ukuran Gambar atau Photo
entukan Lokasi Penyimpanan Hasil Resize Gambar atau Photo
Proses Resize Photo atau Gambar Selesai
Hasil Perbandingan Ukuran Hasil Resize Photo

 

Sedangkan untuk mengkompres gambar atau photo tanpa meresize-nya, gunakan fitur “Miscellaneous setting” dengan cara menurunkan kualitas dan DPI-nya. Fitur “Preset size” di atur ke (Original size).

 

Software Resize Gambar dan Photo Portabel.

Seperti judul tulisan diatas, software ini bisa dibuat portabel dengan cara meng-copy folder hasil instalan-nya ke media seperti USB Flashdisk, harddisk portabel, iPOD, maupun CD/DVD. Nantinya software ini bisa dijalankan di komputer atau laptop mana saja tanpa harus melakukan proses instal lagi. Silahkan Copy folder “Fotosizer” (jika menggunakan Windows XP, folder instalannya berada di C:\Program Files\Fotosizer) ke USB Flashdisk atau harddisk portabel.

Fotosizer Software Resize Gambar dan Photo Portabel

 

Untuk menjalankannya pada komputer lain, tinggal colokkan USB Flashdisk atau harddisk portabel. Buka folder “Fotosizer”, langsung eksekusi (klik) file Fotosizer.exe yang ada didalamnya untuk meresize, konvert atau mengkompres photo dan gambar. Semoga bermanfaat.

Bagikan Ke :
Tags:
Jangan lupa berikan vote untuk artikel ini,

DAN BANTU JUGA UNTUK MEMBAGIKANNYA

  • KE :

Author: Jeri Purba

Cuma penulis yang masih terus dan terus belajar, mencoba berbagi hal yang di rasa cukup bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya dibawah ini

Silahkan berinteraksi,,, berkomentar,,, menyampaikan pesan,,, bebas,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab. Komentar hendaknya berhubungan dengan artikel yang di publish, ( Software Portabel Untuk Meresize Gambar dan Photo Sekaligus ).

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pesan maupun pertanyaannya. Jika bersifat urgent, sebaiknya gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.