Software App
Sep22

Ini BBM Ku di Android, BBM Mu Mana ??? Ga Bisa Log-In Kan ???

Beruntung bagi yang sudah mendapatkan file .apk BBM for Android. Bagi yang belum jangan berkecil hati, karena link download BBM untuk Android sudah tersedia, namun bukan dari official BlackBerry. Karena pihak BlackBerry ngotot kalau aplikasi BBM yang sudah beredar dan banyak digunakan dalam tiga hari terakhir bukan versi resmi dari mereka. Namun anehnya, file apk dari BBM for Android yang sudah beredar tersebut normal dan dapat berfungsi dengan baik di smartphone Android.

Nah, mau file installer apk-nya?. Kalau mau yang resmi harap duduk manis dan bersabar menunggu. Namun bagi yang tidak sabaran, file apk dari aplikasi ini sudah banyak bertebaran di internet.

Setidaknya ada dua versi yang sudah saya coba. Yang pertama bisa di instal namun tidak bisa login, baca di sini. Yang versi kedua sukses dan berjalan dengan sebagaimana mestinya. Untuk diperhatikan, jika tidak berhati-hati bisa jadi file installer BBM for Android versi unofficial sudah di susupi malware atau virus. Sementara, tidak sedikit yang men-download file .apk aplikasi BlackBerry for Android yang merasa kecewa, karena file tersebut bukanlah aplikasi BBM seperti yang diharapkan. Setelah di instal di ponsel Android, ternyata cuma aplikasi-aplikasi tutorial mengenai cara menggunakan BBM for Android. Banyak aplikasi-aplikasi seperti ini. Bahkan di Google Play Store sekalipun.

Untuk diketahui, hanya ada dua website dan link download resmi BBM untuk Android. Yaitu melalui www.bbm.com dan melalui Google Play Store di https://play.google.com/store/apps/developer?id=BlackBerry+Limited. Sampai saat artikel ini di publish, dihalaman resmi BlackBerry Messenger (www.bbm.com) masih belum tersedia, sama halnya di Google Play Store yang hanya ada 3 aplikasi dari BlackBerry (22/09/2013).

Official Download BBM For Android di Google Play Store

 

Ini BBM ku di Android, Mana BBM mu ???

Seperti tulisan diatas, saya akan berbagi sedikit cara mendapatkan file .apk BBM untuk Android dan menginstalnya di perangkat/ponsel Android. Meskipun sudah tidak bisa lagi login, setidaknya sudah mencicipi bagaimana tampilan dan interface dari BBM for Android ini.

Ya, update terakhir dari twitter dan blog resmi BlackBerry menyatakan kalau versi Android yang beredar, termasuk yang saya pakai sekarang, sudah di gunakan lebih dari sejuta pengguna, cukup fantastis. Dan tentunya ini membuat kewalahan server BlackBerry khusus Android yang memang sepertinya belum siap.

Tak kalah mengecewakan juga, pengguna BBM for Android tidak akan bisa login kembali ke server-nya BlackBerry, alias di nonaktifkan sampai waktu yang tidak di tentukan. Terhitung mulai siang tadi (22/09/2013) saya tidak bisa BBM-an melalui ponsel Android. Udah NGARET, ngecewain lagi.

Lalu bagaimana untuk pengguna iPhone dan ponsel BlackBerry?. Sumber blog BlackBerry menyatakan pengguna BB dan iPhone tetap bisa menggunakan BBM seperti biasa. Sumber: blogs.blackberry.com.

Mengobati rasa kecewa, inilah wajah BBM for Android yang sempat beredar tersebut. Untuk link downloadnya, berhubung ini bukan versi resmi dari BlackBerry, jadi mohon maaf saya tidak bisa share link-nya disini, nanti Om BlackBerry-nya tambah sewot. Namun bagi yang ngotot mau mencicipi nya juga, silahkan cari melalui google “BBM version 1.0.0.42.apk” filenya berukuran 14 mega-an.

Nah setelah di download, buka/pasang file .apk tersebut selayaknya memasang atau menginstal aplikasi Android lainnya. Gambarannya kurang lebih seperti ini:

Ini tampilan BBM for Android setelah berhasil di pasang pada ponsel Android dua hari yang lalu.

Gambar Tampilan BBM For Android

Saya menggunakan Galaxy Note II dengan sistem operasi Android Jelly Bean 4.1.2. Mengenai sistem operasi yang didukung untuk aplikasi ini, silahkan baca di sini.

Gambar  Notifikasi BBM For Android

Tampilan BBM for Android jika ingin membuat ID baru.

Gambar Cara Buat BlacBerry ID di BBM For Android

Login atau Sign-In dengan ID BlackBerry lama juga bisa. Nantinya semua kontak yang ada di BBM lama otomatis akan tersimpan.

Dan ini halaman login aplikasi BBM for Android. Silahkan masukkan email dan password. Jangan lupa centang kolom persetujuan, kemudian klik tombol Sign-In.

Gambar Sign In ke BBM For Android

Jika jaringan internet dari provider kita tidak lelet dan server-nya BlackBerry untuk Android juga AKTIF, kita akan dibawa ke halaman untuk memasukkan nama negara dan tanggal lahir seperti gambar dibawah, kemudian lanjutkan. Aplikasi BBM for Android akan mengecek dan menyinkronkan ID BlackBerry kita.

Memasukkan Nama Negara dan Tanggal Lahir di BBM For Android

 

Proses Sinkronisasi dan Penyetelan BBM For Android

 

Kemudian kita akan dibawa ke halaman informasi mengenai PIN BBM seperti gambar dibawah. Klik tombol Lanjutkan.

Gambar Informasi PIN BBM For Android

Berikutnya kita akan masuk ke halaman menu invite yang ada di aplikasi BBM for Android seperti gambar dibawah.

Gambar Menu Invite di BBM For Android

Selamat, kita sudah bisa BBM-an. Dan berikut adalah penampakan menu-menu yang ada di BBM for Android tersebut.

Menu di Panel BBM For Android

Halaman Pengaturan di BBM For Android

Halaman Pengaturan 2 di BBM For Android

Halaman Update Status di BBM For Android

 

Berhubung waktu itu saya membuat ID BlackBerry baru, jadi tidak ada teman atau kontak yang bisa di ajak chat. Namun, untuk fungsi invite berjalan sebagaimana mestinya.

Karena penasaran dengan fungsi standar dari BBM seperti di perangkat BlackBerry pada umumnya, saya coba dengan ID BlackBerry punya istri tercinta. O, ya. untuk login atau sign-in dengan pengguna berbeda, diharuskan untuk menghapus dan menginstal ulang kembali aplikasi ini. Saya sudah coba menghapus data dan mematikan service-nya saja namun tidak bisa. Tampil halaman no connection saat akan login. Jalan satu-satunya adalah dengan menghapus dan menginstal-nya kembali.

Halaman Info Aplikasi BBM For Android

Dan ini tampilan BBM dengan menggunakan ID lama yang sudah banyak teman/kontak-nya.

Tampilan Aplikasi BBM For Android Menggunakan ID Lama

Sampai siang tadi kira-kira jam 12-an aplikasi BBM for Android dengan menggunakan ID BB kepunyaan istri tsb terus online. Fungsi dan fitur standar seperti chat, invite, upload foto, update status, berjalan dengan normal. Setelah itu, semua fungsi BBM tidak bisa digunakan lagi. Cek and ricek ternyata BBM for Android memang sudah di nonaktifkan oleh pihak BlackBerry.

Ya, walaupun sekarang sudah tidak bisa lagi BBM-an melalui hp Android, setidaknya bisa berucap “Ini BBM ku di Android, mana BBM mu ???,, he,,he,,he,,,

Kesimpulannya, pengguna smartphone Android sedang di uji tingkat kesabarannya dan hanya di halalkan mendownload file apk-nya melalui www.bbm.com atau melalui Google Play Store di https://play.google.com/store/apps/developer?id=BlackBerry+Limited.

 

Update 23 Oktober 2103:
Link Download Resmi BBM For Android : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bbm

Bagikan Ke :
Tags:
Jangan lupa berikan vote untuk artikel ini,

DAN BANTU JUGA UNTUK MEMBAGIKANNYA

  • KE :

Author: Jeri Purba

Cuma penulis yang masih terus dan terus belajar, mencoba berbagi hal yang di rasa cukup bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya dibawah ini

Silahkan berinteraksi,,, berkomentar,,, menyampaikan pesan,,, bebas,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab. Komentar hendaknya berhubungan dengan artikel yang di publish, ( Ini BBM Ku di Android, BBM Mu Mana ??? Ga Bisa Log-In Kan ??? ).

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pesan maupun pertanyaannya. Jika bersifat urgent, sebaiknya gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.