Software
Jun23

Download BlueStacks – Emulator Android untuk Windows PC

BlueStacks merupakan software emulator Android buatan BlueStacks.Com. App Player untuk Android ini bisa di jalankan di Windows maupun MAC. Software ini telah mendapatkan penghargaan CES sebagai software emulator Android dengan inovasi terbaik 2012. Sebenarnya ada satu lagi Emulator Android yang bisa di gunakan untuk Windows selain BlueStacks yaitu IntelAppUp. Namun, yang paling banyak di gunakan saat ini adalah BlueStacks App Player. Antarmuka software ini saat dijalankan di Windows XP serasa memegang sebuah ponsel Android yang dilengkapi dengan sebuah mouse :-) . Simpel dan tidak membingungkan, sekalipun untuk orang yang pertama kali menggunakannya.

Bagikan Ke :

Seperti judul diatas, Fungsi BlueStacks adalah untuk menjalankan games maupun aplikasi-aplikasi ponsel pada komputer, laptop maupun tablet. Saat ini ada dua versi, BlueStacks Windows dan BlueStacks MAC. Versi BlueStacks Windows sudah mendukung Windows XP, Windows Vista dan Windows 7. Lalu bagaimana untuk BlueStacks Windows 8?.

 

BlueStacks For Windows 8 PC

Dari berbagai ulasan seperti di sini, di sana, maupun di sono, emulator ini bisa di jalankan pada Windows 8. Namun, cukup sulit mencari halaman download BlueStacks untuk Windows 8 di websitenya. Setelah mengobok-obok cukup lama, akhirnya ketemu juga.

BlueStacks Windows 8

Silahkan kunjungi halaman BlueStacks Windows 8 di sini. Atau bisa juga dengan mengklik tautan ini untuk langsung men-download BlueStacks Windows 8. Nama filenya BlueStacks-ThinInstaller_0.7.9.850_native.exe yang merupakan file online installer.

Sedangkan pengguna MAC, software ini bisa di download juga melalui website resminya, namun bagaimana cara instal BlueStacks MAC, silahkan googling sendiri ya. Saya cuma bisa kasih link download-nya saja. Ada dua versi BlueStacks MAC yaitu Versi Alpha dan Beta. Versi beta BlueStacks untuk MAC bisa di download di sini. Sedangkan BlueStacks MAC versi Alpha download di sini.

Nah, untuk mengobati rasa penasaran dengan fungsi software ini sebagai emulator Android, silahkan di jajal melalui PC masing-masing. Oya, BlueStacks yang saya gunakan merupakan versi terbaru, BlueStacks App Player for Windows (beta-1), yang bisa dijalankan pada PC, laptop maupun tablet dengan sistem operasi Windows XP, Windows Vista dan Windows 7 (Untuk BlueStacks Windows 8, download melalui link di atas). Namun, file installer BlueStacks yang saya download bukan merupakan file BlueStacks offline installer. Saya mendownload versi online installer. Jadi, jika menggunakan cara ini siapkan koneksi internet yang lumayan cepat. Karena proses instalasi akan berjalan secara online. Di lihat dari log pemakaian internet, kurang lebih data yang di download dari proses instalasi sampai dengan selesai adalah sebesar 120 MB. Tidak jauh beda dengan besar file BlueStacks offline installer.

 

Download BlueStacks App Player – Emulator Android untuk Windows PC

Untuk menjalankan aplikasi atau memainkan games terbaru Android melalui PC atau laptop di rumah, langsung saja pasang BlueStacks App Player. Yang pertama, silahkan download BlueStacks terlebih dahulu melalui website resminya. Download BlueStacks Windows di sini. (Untuk Windows XP, Vista, Windows 7).

Jalankan file executable yang barusan di download (BlueStacks-SplitInstaller_native.exe). Akan tampil jendela BlueStacks “Welcome to BlueStacks” seperti gambar dibawah. Klik “Continue”.

BlueStacks App Player

 

Kemudian akan tampil jendela pemberitahuan seperti gambar dibawah. Ada dua pilihan: “App store access” dan “App Notifications”. Untuk mengaktifkan kedua fungsi tersebut, conteng keduanya. Kemudian klik “Install” untuk melanjutkan.

Download BlueStacks

 

Berikutnya proses instalasi dan copy file akan berjalan, seperti gambar dibawah.

download bluestacks windows

bluestacks offline installer

 

Proses instalasi BlueStacks selanjutnya adalah downloading runtime data. Proses ini yang memakan waktu cukup lama. Karena data yang di download oleh software ini lebih dari 100 Mega-an. Sekali lagi, file yang di download (BlueStacks-SplitInstaller_native.exe) bukan merupakan versi BlueStacks offline installer. Jadi, proses instalasi baik itu BlueStacks Windows 7, Windows Vista, maupun BlueStacks Windows XP, harus terkoneksi dengan internet yang cepat dan stabil. Jika tidak, proses tidak akan pernah selesai. Dijamin.

bluestacks windows 8

 

Setelah proses downloading runtime data selesai, akan tampil Antarmuka BlueStacks seperti gambar dibawah, yang artinya proses pemasangan BlueStacks pada PC atau laptop telah selesai.

emulator android

BlueStacks MAC

 

FUNGSI DAN CARA MENGGUNAKAN BLUESTACKS

Untuk memainkan games maupun App Android di Windows PC bisa dan sangat di mungkinkan dengan BlueStacks App Player ini. Games For Android misalnya, salah satu contoh games yang pernah saya mainkan adalah games Monster Zuma untuk Android. Ya, walaupun lebih puas memainkan games Zuma versi PC. Tapi setidaknya sudah membuktikan sendiri kalau games-games Android bisa dijalankan dengan menggunakan BlueStacks.

Bagaimana dengan aplikasi?. Sebagai emulator, software ini harusnya mampu menjalankan aplikasi-aplikasi Android dengan baik. Ya kalau tidak bisa, bukan software emulator namanya.

Test penggunaan aplikasi android dengan menggunakan WeChat. Pertama adalah dengan men-download dan memasang WeChat pada Software ini. Hasilnya?. Tidak ada kendala. Bagaimana dengan fungsinya?. Uji coba dilakukan dengan mengirim pesan, Wechat melalui PC dengan Wechat pada Samsung Galaxy Note 2. Hasilnya?, perfect. Komunikasi pesan dua arah berjalan dengan baik.

Untuk diketahui, aplikasi chat populer semisal KakaoTalk, Line atau WeChat semua bisa di jalankan melalui software emulator Android ini. Berikutnya akan saya share juga cara menggunakan dan memasang Wechat di PC atau laptop melalui BlueStacks, tapi dilain kesempatan ya :-) . Demikian tips singkat cara instalasi software BlueStacks App Player secara online. Untuk instalasi BlueStacks Windows 7, Vista maupun Windows 8 dengan file BlueStacks offline installer langkah-langkahnya hampir sama dengan cara ini. Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat.

Tags:
Publish On 23 June,2013
Jangan lupa berikan vote untuk artikel ini,

Download BlueStacks – Emulator Android untuk Windows PC

Download BlueStacks – Emulator Android untuk Windows PC

RATING : 4.52 / 5. Berdasarkan 27 votes.

DAN BANTU JUGA UNTUK MEMBAGIKANNYA

  • KE :

Author: 

Cuma penulis yang masih terus dan terus belajar, mencoba berbagi hal yang di rasa cukup bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya dibawah ini

Silahkan berinteraksi,,, berkomentar,,, menyampaikan pesan,,, bebas,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab. Komentar hendaknya berhubungan dengan artikel yang di publish, ( Download BlueStacks – Emulator Android untuk Windows PC ).

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pesan maupun pertanyaannya. Jika bersifat urgent, sebaiknya gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.