Software
Jul4

Download dan Cara Instal KakaoTalk For PC Windows

Kurang lebih seminggu yang lalu, KakaoTalk for PC khusunya untuk Windows sudah tersedia dan dapat di download melalui situs resminya. Penasaran untuk memasangnya pada laptop atau komputer di rumah ? Simak sedikit ulasan berikut mengenai software ini yang lebih dahulu terkenal lewat versi mobile-nya.

Seperti yang kita tahu, KakaoTalk merupakan aplikasi chatting yang dibuat untuk perangkat mobile untuk ponsel-ponsel pintar zaman sekarang seperti, KakaoTalk for Android, iPhone, Bada, BlackBerry dan Windows Phone, dengan berbagai fitur utama seperti :

Bagikan Ke :
  • Chatting dan bisa ngobrol langsung dengan sesama teman.
  • Bisa membuat group chatting tersendiri.
  • Bisa membuat group obrolan tersendiri (Group Call).
  • Bisa gonta-ganti theme, mewakili suasana hati kita.
  • Bisa pilih-pilih emoticon yang imut dan lucu.
  • Bisa maen games bareng.
  • Berteman dengan artis dan seleb (Plus Friend), seperti yang poenya blog :-) .

Nah, selama ini kita hanya mencoba aplikasi ini melalui HP. Kini, KakaoTalk for PC sudah resmi dan tersedia untuk di download. Penasaran dengan KakaoTalk for PC Windows ini?. Yuk, kita coba.

Download KakaoTalk Untuk PC, Komputer dan Laptop.

Download KakaoTalk For PC

screenshot credit: KakaoTalk.Com

Versi pertama software chat ini seperti yang saya coba pada laptop adalah KakaoTalk versi V1.0.1.289. Ukuran file installernya sebesar 9 Megaan. Software ini bisa di instal pada perangkat komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows XP dan Windows 8 (Windows Vista dan Windows 7 belum tahu bisa atau tidak, karena cuma di test di Windows XP dan Windows 8, logikanya bisa). Untuk versi MAC belum tersedia. Mungkin nanti setelah posting ini saya akan menghubungi pengembang aplikasi ini untuk segera membuatkan versi MAC-nya :-) . Sementara, yang pake MAC OS, cukup chat via ponsel dulu.

Untuk men-download software ini, silahkan kunjungi halaman ini, atau bisa langsung download KakaoTalk for PC melalui link ini. Setelah di download, silahkan double klik file installer KakaoTalk for PC untuk melakukan proses pemasangan di komputer atau laptop. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah seperti gambar di bawah.

Cara Instal KakaoTalk Untuk PC.

Setelah file installer KakaoTalk for PC Windows di buka, silahkan pilih bahasa, kemudian klik “OK”. Berikutnya klik “Next” untuk melakukan proses pemasangan software ini pada komputer atau laptop.

Cara Pasang KakaoTalk Untuk PC

Cara Instal KakaoTalk di PC

 

Berikutnya akan tampil syarat dan persetujuan penggunaan KakaoTalk for PC. Centang kolom kecil “I agree…..” kemudian klik “Next”. Berikutnya silahkan tentukan lokasi penempatan pemasangan software ini. Langsung saja klik “Install” untuk melanjutkan proses pemasangan.

Persetujuan Pemasangan KakaoTalk di PC

Opsi Penempatan Folder Instal Aplikasi KakoTalk

Proses Pemasangan Aplikasi KakaoTalk di Laptop

 

Proses instal KakaoTalk di laptop selesai.Centang kolom kecil “Run KakaoTalk” dan klik “Finish”

Instal KakoTalk untuk PC selesai

 

Dan inilah penampakan KakaoTalk for PC Windows.

Tampilan KakaoTalk untuk PC

 

Dan ini versi softwarenya.

Versi KakaoTalk Untuk Laptop

 

Instal selesai, selanjutnya adalah mendaftarkan dan memverifikasi akun KakaoTalk supaya bisa di jalankan melalui PC atau laptop. Silahkan gunakan akun KakaoTalk kita untuk Log in.

Jika saat Log in mengalami kendala seperti gambar dibawah, update atau perbaharui terlebih dahulu KakaoTalk yang ada di ponsel dengan versi terbaru. Barulah kita bisa Log in.

Pemberitahuan Untuk Update Versi Terbaru KakaoTalk di ponsel

 

Jika Log in berhasil, tampilan KakaoTalk for PC seperti gambar di bawah. Lakukan proses pendaftaran PC dengan mengklik tombol “Register my PC”.

Pendaftaran KakoTalk Untuk PC

 

Berikutnya software ini akan mengirimkan kode konfirmasi ke akun KakaoTalk di ponsel kita.

Mengirimkan Kode Konfirmasi ke ponsel Untuk Pendaftaran KakoTalk di Laptop

 

Jika koneksi internet di PC dalam keadaan bugar, dalam hitungan detik kode konfirmasi akan di terima pada ponsel kita seperti gambar di bawah. Bagi yang memakai HP layar sentuh :-) , silahkan sentuh tombol “Lihat”.

Pemberitahuan Konfirmasi Pendaftaran KakoTalk Untuk PC

 

Akan terbuka pesan melalui aplikasi KakaoTalk di HP seperti gambar dibawah. Silahkan sentuh “Registrasikan PC”. Masih di melalui HP, kita akan di minta untuk mensinkronkan nama teman/kontak terlebih dahulu. Lanjutkan dengan menyentuh tombol “Sinkronisasikan nama teman dan Registrasikan”. Berikutnya akan tampil jendela persetujuan untuk proses sinkronisasi ini, sentuh saja tombol “Setuju” dan proses sinkronisasi akan berjalan.

Proses Pendaftaran KakaoTalk Untuk Laptop

Registrasi KakaoTalk untuk PC dan Sinkronisasi Kontak

Konfirmasi Sinkronisasi Nama Kontak KakaoTalk Untuk PC

Proses Sinkronisasi Nama Kontak KakaoTalk Ponsel dan  PC

 

Setelah proses sinkronisasi selesai, barulah kode verifikasi akan diberikan seperti gambar di bawah ini.

Kode Registrasi atau Pendaftaran KakoTalk Untuk PC

 

Setelah mendapat kode verifikasi seperti gambar diatas, kembali ke laptop (kata Mr Tukul :-) ). Masukkan kode verifikasi tersebut dan klik tombol “Confirm”.

Memasukkan Kode Konfirmasi KakoTalk di PC

 

Proses pendaftaran akun KakaoTalk melalui PC selesai dengan di tandai pesan yang dikirim ke HP seperti gambar di bawah.

Proses Registrasi KakoTalk Untuk PC Selesai

 

Langsung test fitur chatting, berfungsi dengan semestinya. Dan inilah penampakan KakaoTalk for PC dengan Emoticons-nya.

Aplikasi KakoTalk + Emoticon di PC

 

 

Screenshoot chatting KakoTalk dari PC ke Mobile baru sempat diambil siang ini. Dan inilah penampakannya.

Test Chat KakaoTalk Invite dari Mobile ke PC

Test Chat KakaoTalk dari Mobile ke PC

Test Chat KakaoTalk dari PC ke Mobile

 

Fitur KakaoTalk For PC.

Untuk diketahui, fitur-fitur KakaoTalk untuk PC Windows ini masih minim dan dibatasi. Tidak ada yang terlalu wah, tidak seperti versi mobile-nya. Lalu apa saja kelebihan KakaoTalk versi PC bila dibandingkan dengan versi mobile?. Pastinya lebih nyaman buat chattingan, ngetik lebih cepat karena menggunakan keyboard PC atau laptop. Menurut saya cuma itu. Selebihnya banyak minusnya :-(

  • Seperti kebanyakan aplikasi chatting lainnya, kecuali Yahoo Messenger, KakaoTalk versi PC tidak bisa daftar dan buat akun langsung via PC. Harus konfirmasi terlebih dahulu melalui akun yang terdaftar atau yang telah dibuat via ponsel. Seperti keterangan dari website resminya, KakaoTalk untuk PC hanya bisa di gunakan untuk pengguna ponsel terdaftar yang tujuannya hanya untuk memberikan rasa nyaman saja. Mungkin ada yang bertanya. Bisakah menjalankan atau menggunakan KakaoTalk via PC tapi tidak mempunyai HP yang ada KakaoTalk-nya?. Sebenarnya bisa saja kita menjalankan KakaoTalk dan chatting melalui PC, komputer atau laptop. Caranya?. Umpama kita belum mempunyai akun KakaoTalk, dan sedihnya kita tidak punya HP yang bisa di pasang KakaoTalk dan ingin bernarsis ria ala KakaoTalk. Solusinya, pinjam dulu HP teman yang bisa menjalankan aplikasi ini (Jangan pinjam yang tidak bisa internetan ya :-) ). Setelah mendapat pinjaman, hapus dan instal baru aplikasi KakaoTalk di HP teman. (Ini mutlak dilakukan untuk pendaftaran akun dengan no HP baru. Sebelum di hapus, ada baiknya backup atau simpan terlebih dahulu file installer KakaoTalk di HP teman tersebut dengan menggunakan aplikasi semacam AppInstaller. Bisa di lihat di sini cara menyimpan file apk aplikasi Android). Kemudian, daftarkan no HP kita plus email untuk mendapatkan ID KakaoTalk. Setelah mempunyai akun, jangan lupa untuk mencatat ID, email dan password yang baru dibuat. Kemudian masih melalui HP teman tadi, log in dan gunakan akun tersebut sekaligus lakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk mengaktifkan KakaoTalk versi PC seperti penjelasan proses registrasi KakaoTalk untuk PC di atas. Nah, setelah proses registrasi KakaoTalk untuk PC selesai, silahkan balikin HP ke teman, jangan di jual :-) . Terakhir, HP teman yang kita pinjam tadi harus di hapus dan instal lagi aplikasi KakaoTalk-nya, kemudian suruh daftar lagi dengan no HP (akun) KakaoTalk-nya dia. Settingan, data, kontak dan teman-temannya tidak akan terhapus, akan kembali seperti semula. Dengan cara berliku ini, kita telah mendapatkan ID KakaoTalk dan bisa menggunakannya melalui KakaoTalk di PC atau laptop :-) .
  • Minus lainnya adalah tidak tersedianya fitur untuk memakai emoticons berbayar, fitur Plus Friend, fitur Plus Friend messages dan fitur Friend recommendations.
  • Tidak bisa menggunakan fitur Free Call.
  • Tidak bisa menambahkan teman. Solusi bagi yang tidak mempunyai ponsel dengan App KakaoTalk?. Pinjem HP temen dalam sehari :-) . Melalui akun KakaoTalk kita, cari dan tambahkan banyak teman. Otomatis nama-nama teman yang sudah ditambahkan akan ter-list pada KakaoTalk di PC (harus di sinkorinisasi).
  • Hanya bisa pasrah, menunggu teman yang menambahkan kita ke daftar mereka. Atau setelah mendapat pesan (invite) dari mereka, baru kita bisa tambahkan ke daftar teman.
  • Status tidak realtime, selang 5 sampai 10 menit status terbaru teman baru bisa terlihat via PC.
  • Saat ini KakaoTalk untuk PC tidak memungkinkan kita untuk mengirim file, klip video maupun suara. Kecuali foto atau gambar dengan format JPG, JPEG, BMP dan PNG. Itupun tidak lebih dari 9 MB.

Ya lebih banyak minusnya, sepertinya pengembang maksa dan kejar tayang buat nyaingin aplikasi tetangga, yang penting ada versi buat PC-nya, gitu kali ya :-) . Mudah-mudahan update selanjutnya fitur KakaoTalk for PC bisa lebih mendekati versi mobile-nya.

Tags:
Jangan lupa berikan vote untuk artikel ini,

Download dan Cara Instal KakaoTalk For PC Windows


RATING : 4.56 / 5. Berdasarkan 9votes.

DAN BANTU JUGA UNTUK MEMBAGIKANNYA

  • KE :

Author: Jeri Purba

Cuma penulis yang masih terus dan terus belajar, mencoba berbagi hal yang di rasa cukup bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya dibawah ini

Silahkan berinteraksi,,, berkomentar,,, menyampaikan pesan,,, bebas,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab. Komentar hendaknya berhubungan dengan artikel yang di publish, ( Download dan Cara Instal KakaoTalk For PC Windows ).

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pesan maupun pertanyaannya. Jika bersifat urgent, sebaiknya gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.