Otomotif
Dec1

Spesifikasi dan Harga Yamaha R25, Motor Sport Dengan Mesin 250 CC

Ini dia motor sport ber- mesin 250 cc terbaru dari Yamaha, Yamaha R25. Prototype superbike dengan harga selangit ini diperkenalkan dalam ajang Tokyo Motor Show 2013 pada 20 November 2013 yang lalu. Motor yang masih dalam tahap pengembangan ini akan ditawarkan serta diposisikan untuk kelas menengah keatas dalam kategori motor sport yang rencananya akan dipasarkan di negara-negara maju seperti Eropa dan Jepang serta negara-negara berkembang dikawasan Asia lainnya seperti Indonesia.

Konsep desain (Prototype) yang ditampilkan pada Yamaha R25 pada saat acara pameran motor di Tokyo yang lalu masih menggunakan konsep standar. Atau bisa dikatakan pihak Yamaha memang masih belum menunjukkan desain dalam versi produksinya. Kemungkinan besar desainnya memang tak jauh beda dengan model desain yang sudah ditunjukkan pada saat acara pameran tersebut.

Show Room Tokyo Motor Show 2013

Spesifikasi Yamaha R25

Desain. Jika dilihat secara seksama, desain motor Yamaha R25 ini memang hampir serupa dengan desain motor yang ditunggangi oleh dua orang rider hebat Yamaha pada MotoGP 2013, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yaitu Yamaha YZR-M1. Konsep desain motor sport yang meruncing pada bagian depan dan belakang tidak lain bertujuan untuk menambah agresifitas dari motor ini. Dan jika dilihat lagi lebih teliti, beberapa bagian desainnya masih mengadopsi motor sport Yamaha lainnya. Seperti misalnya pada bagian headlamp. Headlamp R25 ini menyerupai desain dari motor M1. Bagian lain adalah pada fairing samping yang lebih terlihat seperti desain R125. Sementara itu pada bagian bodi belakangnya memang lebih terlihat seperti desain dari motor R15 V2. Hanya desain tanki bahan bakarnya yang dibuat sedikit lebih tinggi dan menonjol.

Gambar Motor Yamaha R25

Mesin. Dikatakan jika mesin Yamaha R25 ini nantinya akan dilengkapi dengan tipe mesin DOHC berkapasitas 249 cc, dengan 2 buah silinder. Adanya perpaduan dua buah silinder pada mesin tipe DOHC ini, bisa dipastikan tenaga yang dihasilkan sangat besar dan kuat. Enam kecepatan tetap menjadi ciri khas motor sport Yamaha R25 nantinya. Gambar Yamaha R25 (250 cc), sumber : global.yamaha-motor.com

Harga Yamaha R25 (250 cc)

Yamaha yang merupakan vendor otomotif terkemuka di dunia menyatakan jika superbike nantinya tak mesti hanya dikendarai disirkuit saja, namun dapat pula dikendarai dalam keseharian. Misalnya pada Yamaha R25 ini yang juga mengusung konsep motor superbike. Lalu berapa harganya?. Mengenai harga sendiri, tentu harga motor dengan konsep superbike tidak bisa dibandingkan dengan motor-motor Yamaha biasa seperti Xeon RC :-) .

Banyak spekulasi dan rumor mengenai harga Yamaha R25. Namun menurut sumber terdekat dari Yamaha, kisaran harga yang ditawarkan untuk motor ini nantinya di angka Rp. 30 juta – Rp. 55 jutaan. Harga yang tentunya sebanding dengan kemampuannya. Mengingat spesifikasinya sendiri memang hampir menyerupai motor-motor pada MotoGP dikelas 250 cc.

Namun beberapa saat lalu, tidak sedikit pecinta motor asal pabrikan Jepang di Tanah Air mempertanyakan perihal desain dari motor Yamaha R25 ini. Apa yang menjadi kegalauan tersebut?. Rencana Yamaha R25 dipasarkan secara global khususnya untuk pasar Eropa, tentu berpengaruh terhadap desain yang akan dibuat. Pecinta motor R25 di Indonesia khawatir jika nantinya desain R25 tersebut terlalu tinggi karena lebih berpatokan pada postur tubuh orang Eropa :-) .

Namun sebenarnya kita tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Pihak Yamaha tentu akan mendesain juga Yamaha R25 sesuai dengan postur tubuh orang-orang di Indonesia. Mengingat pangsa pasar Yamaha tidak sedikit di kawasan Asia khususnya Indonesia, China dan India. Ketiga negara ini misalnya, merupakan tiga negara terbesar market produk-produk Yamaha. Untuk diketahui, Indonesia sendiri tercatat menguasai hampir 40% pangsa pasar produk-produk dari Yamaha. So, tidak perlu galau harus menunggangi Yamaha R25 dengan bantuan kursi :-) .

Jika memang Yamaha R25 nantinya masuk kepasaran Indonesia, untuk kali pertama motor ini hadir dalam kategori motor sport-nya Yamaha dengan konsep mesin 250 cc. Tentunya Yamaha R25 akan menjadi pesaing berat dari Kawasaki Ninja 250 R yang memang sudah lebih dulu menapak aspal Indonesia.

Pertanyaannya kemudian, kapan Yamaha R25 masuk ke Indonesia?. Kehadiran motor asal pabrikan Jepang ini memang sudah lama dinantikan dan menyedot banyak perhatian dari para pecinta setianya di pasar global, termasuk juga pecintanya di Tanah Air. Namun kabarnya pihak Yamaha sendiri baru akan memasukkan motor dengan mesin 250 cc ini ke dalam list daftar produksi pada tahun 2014 mendatang. Entah apakah motor ini natinya menggunakan konsep mesin dua silinder atau hanya satu. Jika hanya satu, tentunya, harga Yamaha R25 di Indonesia tidak akan dipatok dengan harga yang selangit. So, kita nantikan saja kehadiran Yamaha R25 dipasar Indonesia.

Update: Harga baru Yamaha R25 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya Rp. 53.000.000. Silahkan lihat disini pilihan warna dan harga resmi motor Yamaha R25 (Yamaha YZF-R25).

Bagikan Ke :
Tags:
Jangan lupa berikan vote untuk artikel ini,

DAN BANTU JUGA UNTUK MEMBAGIKANNYA

  • KE :

Author: Jeri Purba

Cuma penulis yang masih terus dan terus belajar, mencoba berbagi hal yang di rasa cukup bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya dibawah ini

Silahkan berinteraksi,,, berkomentar,,, menyampaikan pesan,,, bebas,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab. Komentar hendaknya berhubungan dengan artikel yang di publish, ( Spesifikasi dan Harga Yamaha R25, Motor Sport Dengan Mesin 250 CC ).

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pesan maupun pertanyaannya. Jika bersifat urgent, sebaiknya gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.