Sosial Media

Layanan Penyimpanan Awan Milik Apple iCloud Di Bobol, Ratusan Foto Panas Artis Di Curi

Aksi pembobolan dan pencurian data kembali terjadi. Kali ini layanan berbasis cloud milik Apple, iCloud yang berhasil di jebol oleh hacker. Alhasil, ratusan foto panas milik artis Hollywood berhasil di amankan oleh sang peretas. Foto artis yang berhasil di curi tersebut diantaranya adalah foto Jennifer Lawrence, Kirsten Dunst, Kim Kardashian, Victoria Justice, Rihanna, Mary Kate Olsen, Kate Upton dan beberapa bintang Hollywood lainnya.

Foto panas Jennifer Lawrence misalnya, kurang lebih 13 pose berhasil di curi oleh hacker. Dan baru-baru ini, salah satu pengembang web asal Amerika Serikat bernama Bryan Hamade, menawarkan satu foto Jennifer Lawrence kepada yang berminat seharga 1 jutaan. Belakangan, Bryan Hamade di tuduh sebagai hacker yang telah meretas layanan iCloud milik Apple. Namun dia membantahnya.

Laman Mashable sebelumnya menyebutkan jika sistem keamanan komputasi pada iCloud sudah cukup mumpuni. Disana Apple menjabarkan rangkaian sistem keamanan yang melindungi layanan penyimpanan awan (cloud) milik mereka itu. Setiap data yang di simpan oleh pengguna melalui dua kali proses enkripsi, yaitu di server sendiri dan saat data di kirimkan dari perangkat pengguna semisal iPhone. Secara teknis, sistem keamanan ini sulit untuk di retas oleh seorang hacker.

Layanan Penyimpanan Berbasis Awan iCloud Milik Apple Di jebol HackerLalu bagaimana hacker dengan mudahnya mendapatkan ratusan foto panas artis Hollywood ini?. Meski telah menggunakan metode enkripsi, ternyata masih ada celah keamanan yang dapat di manfaatkan oleh peretas. Terhitung sampai hari Senin (1-9-2014), celah keamanan tersebut belum di tambal oleh Apple.

Salah satu celah keamanan tersebut adalah sistem login iCloud. Selama ini Apple tidak memproteksi sistem login iCloud. Pengguna dapat memasukkan user dan password berkali-kali. Celah ini masih dapat di manfaatkan dengan menggunakan metode tebak password. Namun tentunya bukan tebak password secara manual, namun melalui script yang bekerja secara otomatis.

Laman The Next Web (2-9-2014) menjabarkan, kemungkinan terbesar hacker melakukan peretasan layanan penyimpanan iCloud adalah dengan memanfaatkan script iBrute buatan peneliti asal Russia. Script yang dibangun dengan bahasa pemrograman Python ini memiliki kemampuan untuk membobol password dengan mencoba beragam kombinasi kata kunci.

Meski demikian, ternyata tidak mudah membobol sistem keamanan iCloud milik Apple. Laman Daily Mail mengabarkan (2-9-2014), jika hacker yang menggunakan user Anonymous itu menyampaikan pesan jika peretasan tidak dilakukan sendiri melainkan secara berkelompok. Butuh waktu berbulan-bulan bagi mereka untuk mendapatkan ratusan foto panas artis Hollywood tersebut.

iBrute, script yang di duga digunakan untuk menebak user dan password akun pengguna iCloud

iBrute, script yang di duga digunakan untuk menebak user dan password akun pengguna iCloud. Gambar: The Next Web.

Kabar terbaru menyebutkan jika kasus pencurian foto artis ini telah ditangani oleh pihak yang berwenang. Dan saat ini Apple terus melakukan pembenahan terhadap sistem keamanan iCloud milik mereka.

Nah, bagi Anda yang memanfaatkan penyimpanan berbasis awan (cloud) seperti iCloud, DropBox, Google Drive, Box, SkyDrive, dsb, alangkah bijaknya untuk tidak mengupload dan menyimpan data-data yang sangat penting. Apalagi foto-foto yang menyangkut privasi. Karena, tidak ada kata aman di Internet. Setiap proteksi, pasti ada celahnya. Belajarlah dari kasus bocornya foto-foto panas artis Hollywood ini.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Layanan Penyimpanan Awan Milik Apple iCloud Di Bobol, Ratusan Foto Panas Artis Di Curi,


Diterbitkan pada: Rabu, 3 September 2014
Rating : 4 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright