Tips dan Trik

Akun Facebook Kena Hack, Ini Cara Mengetahuinya

Berbagai cara dan metode dilakukan untuk menjebol (hack) akun Facebook. Korbannya-pun kian bertambah. Bahkan mereka tidak sadar kalau akun Facebook milik mereka sudah diretas oleh seseorang. Jika hal itu dibiarkan, bukan saja semua aktivitas pengguna Facebook di mata-matai, namun pada suatu saat akun Facebook tersebut akan berpindah tangan dan tidak bisa di akses lagi oleh pemilik aslinya.

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui akun Facebook yang sudah kena hack?. Facebook sebenarnya sudah menyediakan fitur ini melalui pengaturan sistem keamanan mereka. Hanya saja pengguna Facebook terkadang malas untuk mengeceknya. Nah, jika Anda menganggap akun Facebook yang Anda miliki sangatlah penting, sering-seringlah menengok fitur ini.

Fitur Facebook ini sendiri merupakan sebuah fitur yang berfungsi untuk merekam aktivitas login pengguna Facebook. Mulai dari kapan Facebook Anda terakhir diakses, dari perangkat mana dan jenis perangkat yang digunakan. Dengan demikian Anda bisa melihat seluruh aktivitas login Facebook yang Anda miliki itu.

Bagaimana cara melihatnya?. Setelah login ke Facebook, buka menu “Pengaturan” atau klik link disini. Kemudian, buka menu “Keamanan” yang terdapat disebelah kiri atas tepat dibawah menu “Umum”. Setelah itu buka menu “Tempat Anda Masuk”.

Cara Melihat Aktivitas Login Facebook

Fitur Untuk Melihat Aktvitas Login Facebook.

Disini akan terlihat seluruh aktivitas login ke Facebook milik Anda. Jika ditemukan aktivitas yang mencurigakan, misalnya bukan login dari perangkat yang Anda gunakan klik saja “Hentikan Aktivitas” disebelah kirinya. Dengan begitu, seseorang yang tengah masuk menggunakan Facebook Anda akan dikeluarkan.

Cara Mengetahui Hack Facebook

Cara Mengetahui Facebook Yang Sudah Diretas.

Selanjutnya adalah cek pada pengaturan akun Facebook Anda apakah alamat email dan nomor telepon pemulihan telah diganti oleh peretas. Jika itu bukan alamat email dan nomor telepon Anda, segera ganti ke alamat email dan nomor telepon yang Anda gunakan.

Cara Mengamankan Akun Facebook.
Setelah mengetahui dan mendapati aktivitas yang tidak wajar, langkah penting selanjutnya adalah dengan mengamankan akun Facebook milik Anda dengan segera. Caranya adalah dengan mengganti password Facebook lama ke password baru. Gunakan password yang tidak mudah ditebak, misalnya dengan kombinasi angka dan huruf besar dan kecil.

Apakah dengan mengganti password saja sudah cukup?. Belum!. Jika akun Facebook yang Anda miliki teramat penting bagi Anda, aktifkanlah fitur pemberitahuan login atau “Peringatan Masuk”. Dengan begitu sistem Facebook akan mengirimkan pemberitahuan jika akun Facebook Anda di akses dari perangkat baru. Pilih salah satu atau ketiga dari metode pemberitahuan yang ada. Bisa melalui Pemberitahuan di Facebook, Email atau SMS ke nomor telepon yang telah didaftarkan.

Pemberitahuan Login Facebook

Fitur Pemberitahuan Login Facebook.

Cara Mengamankan Akun Facebook

Mengamankan Akun Facebook Dengan Mengaktifkan Pemberitahuan Login.

Jika Anda mengaktifkan fitur pemberitahuan SMS, sistem Facebook akan mengirimkan pesan ke nomor telepon Anda setiap aktivitas login ke Facebook dengan perangkat baru.

Baca juga disini: jasa hacker professional.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Akun Facebook Kena Hack, Ini Cara Mengetahuinya,


Diterbitkan pada: Rabu, 29 Juli 2015
Rating : 5 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright