Sains

Transplantasi Kepala Manusia Pertama Di Dunia Dilakukan Pada 2017

Jika transplantasi (pemidahan) kepala dilakukan pada tikus itu tidaklah mengherankan. Bagaimana jika objek transplantasi kepala itu adalah manusia?, tentu lain ceritanya. Kesannya ngeri, mustahil, dsb. Namun pemindahan kepala dari satu manusia ke manusia lain akan terjadi dan untuk yang pertama kalinya di dunia akan dilakukan paling lambat akhir 2017 mendatang.

Seorang dokter ahli bedah asal Italia ngotot untuk melakukan transplantasi kepala manusia ke manusia yang lainnya. Walaupun hal itu banyak mendapat tentangan terutama dari komunitas medis, dia tetap akan melakukannya. Alhasil, dokter yang bernama Sergio Canavero itu dijuluki sebagai Dr. Frankenstein.

Transplantasi Kepala Manusia

Transplantasi Kepala Manusia. (dr. Sergio kiri – Valery kanan).

Untuk melakukan transplantasi kepala, salah satu pasien telah menawarkan diri. Dia adalah Valery Spiridonov, seorang ilmuwan komputer. Apa alasan Valery Spiridonov mau menjadi objek percobaan yang bisa mengancam nyawanya itu?. Ternyata dia menderita penyusutan jaringan otot saraf atau yang lebih dikenal didalam dunia medis sebagai atrofi otot progresif.

Tidak ada obat untuk menyembuhkan penyakitnya itu. Dokter Sergio Canavero mengungkapkan hanya dengan transplantasi kepala utuh, Valery Spiridonov bisa mengatasi kondisinya saat ini. Semua konsekwensi akan ditanggung oleh Valery Spiridonov. Bahkan nyawanya sekalipun. Sebab, transplantasi kepala ini belum pernah dilakukan sebelumnya kepada manusia. Nantinya, Dokter Sergio Canavero akan memenggal kepala Valery Spiridonov kemudian memindahkannya ke tubuh yang baru.

Untuk melakukannya, Dokter Sergio tidak sendiri. Dia akan dibantu oleh seorang dokter ahli bedah yang bekerja di China Harbin Medical University yaitu Ren Xiaoping. Dokter ini memang ahli dibidang menggabungkan dan mencocokkan bagian tubuh. Sampai saat ini, dokter Ren Xiaoping telah melakukan sedikitnya seribu transplantasi kepala dengan objeknya adalah tikus. Anda bisa melihat keahlian dokter asal China tersebut dalam tayangan video YouTube berikut ini.

Bagaimana menurut pendapat Anda?, apakah mungkin transplantasi kepala manusia akan berhasil seperti halnya transplantasi kepala dengan objek tikus seperti diatas?. Tentunya, kita berharap tidak akan terjadi akibat yang fatal untuk Valery Spiridonov. via: news.softpedia.com.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Transplantasi Kepala Manusia Pertama Di Dunia Dilakukan Pada 2017,


Diterbitkan pada: Senin, 14 September 2015
Rating : 4.67 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright