Games dan Aplikasi HP

Aplikasi I-Doser Berbahaya Untuk Anak Tapi Bukan Nark0tika

Pekan ini sebuah aplikasi yang bernama I-Doser sempat membuat jagat maya heboh. Aplikasi yang tersedia untuk berbagai platform seperti Android, iOS sampai PC dan laptop itu dikabarkan bisa membuat penggunanya berhalusinasi layaknya mengkonsumsi nark0ba. Benarkah demikian dan bagaimana cara kerja aplikasi ini serta pengaruh bagi penggunanya?.

Selain tersedia link download aplikasi I-Doser untuk Android, iOS dan PC, di official website aplikasi ini dijelaskan mengenai efek dari penggunaannya. I-Doser dibuat menggunakan teknologi Binaural Brainwave melalui audio yang diciptakan mereka. Teknologi tersebut di klaim bisa mempengaruhi kerja otak manusia. Bila suara tersebut di dengar dengan menggunakan earphone atau headphone berkualitas baik, bisa mempengaruhi mood penggunanya.

Download Aplikasi I-Doser Untuk Android

Aplikasi I-Doser Untuk Android.

Suara-suara yang ada di dalam aplikasi I-Doser tersebut menggunakan gelombang frekuensi tertentu dan bukan seperti suara audio dengan peralatan instrumen musik pada umumnya. Suara tersebut berupa dengungan statis dan terdapat lebih dari 100 contoh suara dengan efek yang berbeda-beda setelah mendengarkannya.

Suara-suara itulah yang bisa memberikan efek halusinasi bahkan dikabarkan memberikan sensasi seperti layaknya mengkonsumsi nark0ba. Rasa sedih, berteriak-teriak, serta tampak kesakitan seperti orang yang sedang sak4u merupakan berbagai efek yang dialami oleh penggunanya.

Lantas berbahayakah aplikasi I-Doser ini bagi manusia?. Selain menyebabkan efek halusinasi seperti mengkonsumsi obat-obatan t3rlarang, aplikasi yang kini disebut-sebut sebagai “Nark0ba Digital” itu juga membuat penggunanya kecandua4n. Terlepas tujuan utamanya adalah untuk memberikan efek yang menenangkan bagi penggunanya, seorang psikiater, Daniel Amen, yang melakukan penelitian terhadapa aplikasi ini menyebutkan jika efek suara yang ada di I-Doser bisa membahayakan anak-anak karena otak mereka yang sedang berkembang.

Meskipun dia sendiri mengakui jika pengaruh suara-suara di I-Doser tidak sama antara satu pengguna dengan pengguna lainnya. Karena setelah dilakukan scan, setiap otak yang merespon memperlihatkan hasil yang berbeda-beda. Lebih lanjut, belum diketahui apakah aplikasi I-Doser dapat mengubah fungsi otak dan dapat memberikan efek yang positif atau sebaliknya bagi pengguna.

BNN menyatakan jika aplikasi I-Doser bukan Nark0tika.
Sementara itu, Kepala Humas BNN (Badan Nark0tika Nasional), Kombes Pol Slamet Pribadi, dalam konferensi pers di Jakarta, seperti yang dilaporkan oleh laman okezone kemarin, memastikan jika aplikasi I-Doser tidak termasuk golongan ataupun jenis Nark0tika. Sebab, I-Doser hanyalah gelombang suara dan bukan obat maupun zat yang berasal dari tanaman baik sintesis ataupun semi sintesis seperti yang terdapat didalam Undang-Undang nomor 35 tahun 2009.

Download I Doser Untuk iPhone

Aplikasi I Doser Untuk iPhone.

Aplikasi I-Doser akan di blokir.
Meski bukan dikatakan sebagai golongan Nark0tika dan tidak menimbulkan efek physical nark0ba, aplikasi I-Doser akan diblokir oleh pemerintah Indonesia apabila diketahui meresahkan masyarakat. Hal tersebut diungkapkan oleh Rudiantara, selaku Menkominfo. Dia akan melakukan kajian dan penyelidikan dengan berkonsultasi bersama pakar psikolog terkait dengan efek dari aplikasi I-Doser ini.

Aplikasi I-Doser masih bisa di download untuk pengguna Android, iPhone dan PC.
Sampai hari ini, aplikasi yang ramai di perbincangkan di jagat maya tersebut masih tersedia dan bebas di download untuk platform Android, iOS dan PC. Bahkan, di Google Play Store angka pengguna aplikasi ini sudah lebih dari 10 juta orang. Hanya saja aplikasi ini bukanlah aplikasi gratisan. Pengguna harus membeli untuk bisa menggunakan semua fiturnya secara penuh.

Harga aplikasi I-Doser untuk Android dibanderol Rp 71 ribuan dan bisa di download via Google Play Store disini.

Sementara untuk pengguna iPhone atau iPad bisa men- download aplikasi I-Doser melalui Apple Store disini. Disana tertera jika aplikasi ini dibanderol $4.99.

Untuk pengguna PC atau laptop berbasis OS Windows dan MAC, developer I-Doser menyediakan link download-nya disini.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Aplikasi I-Doser Berbahaya Untuk Anak Tapi Bukan Nark0tika,


Diterbitkan pada: Rabu, 14 Oktober 2015
Rating : 4.40 / 5 dari 5 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright