Teknologi

Dituduh Hanya Peduli Teror Paris, Facebook Akhirnya Buka Suara

Jejaring sosial Facebook langsung buka suara terkait tuduhan netizen jika Facebook hanya peduli teror bom di Paris. Sementara teror-teror lain yang lebih mengerikan seperti di Beirut tidak terlalu mereka pedulikan. Apa alasannya?. Ternyata salah satu fitur yang ada di Facebook yaitu Safety Check langsung mereka aktifkan saat melihat situasi dan kondisi yang terjadi di Paris.

Fitur Safety for Paris Terror Attacks ini bekerja berdasarkan lokasi pengguna Facebook. Jika pengguna Facebook berada di Paris, seketika mereka akan mendapat pemberitahuan untuk memberikan konfirmasi keadaan mereka disana.

Pemberitahuan Safety for Paris Terror Attacks Di Facebook

Pemberitahuan Safety for Paris Terror Attacks Di Facebook.

Jika pengguna Facebook telah menandai diri dalam keadaan aman, maka status tersebut akan diterima oleh teman-temanya yang memberitahukan jika dirinya berada di lokasi dan tempat yang aman. Selain itu, halaman Safety Check Facebook ini juga memungkinkan pengguna Facebook melihat seluruh teman-teman yang berada di Paris dan mengetahui status mereka secara real time.

Atas tuduhan yang dilontarkan oleh netizen, Facebook menyangkal jika mereka hanya peduli kepada teror Paris saja. Melainkan hal ini adalah kerja dari fitur Safety Check milik mereka.

Sejatinya, fitur Safety Check ini merupakan fitur yang dikembangkan untuk kejadian bencana alam. Meski begitu, Facebook menganggap teror Paris merupakan kejadian yang luar biasa karena bukan hanya di satu lokasi. Kabarnya, teror bom dan penembakan di Paris terjadi di 7 lokasi yang berbeda.

Namun karena mereka menilai banyaknya aktivitas pengguna saat kejadian, akhirnya mereka mengambil langkah untuk mengaktifkan fitur Safety Check untuk yang pertama kali yang bukan tergolong kejadian bencana alam. Begitu alasan mereka yang disampaikan oleh Alex Szhultz, selaku Vice President of Growth Facebook, seperti yang diberitakan oleh laman Venture Beat.

Baca juga: Pria Ini Diselamatkan Smartphone Saat Teror Bom Di Parisi.

Safety Check sendiri diluncurkan pada bulan Oktober 2014 yang lalu. Melalui fitur ini, Facebook bisa menemukan dan melacak keberadaan pengguna Facebook secara real time dengan melihat kota yang telah dicantumkan pengguna Facebook pada profil mereka.

Lalu bagaimana cara menggunakan salah satu fitur Facebook ini?. Saat pengguna Facebook berada di lokasi kejadian bencana seperti teror bom di Paris, fitur ini akan memberikan pemberitahuan seperti gambar pertama diatas. Kemudian ada dua tombol yang dapat dipilih yaitu tombol “I’m safe” dan tombol “I’m not in the area”.

Cara Menggunakan Fitur Safety Check Facebook

Cara Menggunakan Fitur Safety Check Facebook. (facebook)

Jika pengguna menggunakan tombol “I’m safe”, maka status mereka akan terkirim jika mereka dalam keadaan baik-baik saja, dan jika tombol “I’m not in the area” yang mereka pilih, berarti mereka tidak sedang berada di lokasi kejadian teror di Paris.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Dituduh Hanya Peduli Teror Paris, Facebook Akhirnya Buka Suara,


Diterbitkan pada: Minggu, 15 November 2015
Rating : 4 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Dituduh Hanya Peduli Teror Paris, Facebook Akhirnya Buka Suara".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by: