Sosial Media

Perang Cyber ISIS Akan Lebih Dahsyat Dibanding Perang Nuklir

Pakar teknologi di bidang internet sekaligus pendiri dari Intel Security, John McAfee, memberikan peringatan terkait perang cyber yang mungkin akan digulirkan ISIS. Ia menyebut bahwa perang cyber melawan ISIS ini justru akan terjadi dalam skala yang lebih besar serta lebih dahsyat dibandingkan dengan perang nuklir.

McAfee juga mengklaim bahwa para hacker yang dimiliki ISIS jauh lebih pintar dibandingkan dengan apa yang diperkirakan pemerintah serta negara Barat selama ini. Kandidat capres Amerika Serikat tahun 2016 itu juga percaya bahwa ISIS adalah penghasut perang yang sangat ulung serta mengambil keuntungan yang berasal dari orang buta di dunia maya.

ISIS Cyber War

ISIS Cyber War. (ilustrasi)

Masih menurut McAfee, berbagai jenis senjata konvensional layaknya peluru serta bom tidak berguna banyak di dalam konflik yang mungkin terjadi pada masa yang akan datang. “ISIS lebih pintar di dalam ilmu tentang dunia maya dibanding apa yang kita ketahui sebelumnya,” papar McAfee.

Pakar yang telah berusia tujuh puluh tahun itu juga berujar bahwa kultus pembunuhan memang memiliki akses menuju aplikasi pada ponsel pintar yang dikenal dengan nama Amaq. Ia mengklaim bahwa aplikasi tersebut mampu memfasilitasi para teroris dengan cara serangan denial of service pada internet.

Baca juga : Mengenal Telegram, Aplikasi Favorit Yang Digunakan ISIS.

“Kami percaya aplikasi ini telah mencoba menurunkan root pada server internet minggu lalu. Serangan sebesar ini sebelumnya tidak pernah terjadi dan belum pernah dilihat oleh kita,” ungkapnya pada laman Russia Today, kemarin. “Kita harus segera mempersiapkan diri, karena perang yang akan terjadi selanjutnya bukanlah perang dengan menggunakan bom, jet tempur atau kapal perang, melainkan perang cyber. Ini lebih dahsyat dibanding perang nuklir,” pungkasnya.

Pernyataan McAfee memang bukan tanpa alasan ataupun tanpa dasar mengingat ia adalah seorang pakar di bidang teknologi internet. Selain itu, kelompok radikal ISIS memang telah melakukan berbagai tindak kejahatan mulai dari terorisme hingga pembunuhan. ISIS juga disebut sebagai biang keladi dari teror di Paris, Prancis yang mengguncang dunia pada 13 November lalu yang menewaskan lebih dari seratus warga sipil Paris.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Perang Cyber ISIS Akan Lebih Dahsyat Dibanding Perang Nuklir,


Diterbitkan pada: Jumat, 18 Desember 2015
Rating : 4.38 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Perang Cyber ISIS Akan Lebih Dahsyat Dibanding Perang Nuklir".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright