Sosial Media

Ini Empat Mie Instan Korea Yang Mengandung Babi

Jeripurba.com – Produk mie asal Korea yang mengandung babi viral dan menjadi perbicangan netizen di media sosial. Mereka mempertanyakan kebenaran hal ini. Pasalnya, produk-produk mie Korea tersebut masih beredar luas dan mudah ditemukan di minimarket-minimarket. Bahkan ada sebagian netizen yang mengaku pernah mengkonsumsinya karena rasanya yang gurih.

Melalui surat edaran dengan nomor IN.08.04.532.06.17.2432 pertanggal 15 Juni 2017, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) resmi menyatakan empat produk mi instan asal Korea, positif mengandung fragmen DNA babi.

Daftar Mie Mengandung Babi

Mie Mengandung Babi.

4 Mie Korea yang mengandung babi tersebut adalah:

  1. Samyang (mie instan U-Dong).
  2. Samyang (mie instan rasa Kimchi).
  3. Nongshim (mie instan Shin Ramyun Black).
  4. Ottogi (mie instan Yeul Ramen).
Surat Perintah Penarikan Mie Mengandung Babi BPOM

Surat Perintah Penarikan Mie Mengandung Babi BPOM.

Surat yang ditujukan kepada Kepala Balai Besar/Balai POM se-Indonesia itu, berisi perintah untuk segera menarik peredaran keempat mie instan yang mengandung babi tersebut.

Mie Instan Samyang U-Dong Mengandung Babi.

Mie Instan Samyang U-Dong.

Menurut Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito, seperti yang dilansir dari laman detik (18/6/2017), semua sudah melalui tahapan dan diputuskan untuk menariknya dari peredaran. Seharusnya, importir dengan kesadaran mereka yang harus menariknya sendiri.

Mie Instan Samyang Rasa Kimchi Mengandung Babi

Mie Instan Samyang Rasa Kimchi.

Karena masyarakat harus mendapat perlindungan dan berdasarkan peraturan perlindungan masyarakat, dia meminta seluruh kepala balai POM di daerah dan aparat segera menarik keempat mie mengandung babi itu.

Mie Instan Nongshim Shin Ramyun Black Mengandung Babi

Mie Instan Nongshim Shin Ramyun Black.

Sebelumnya, produk mie instan asal Korea tersebut telah terdaftar di BPOM dan telah mendapat nomor registrasi. Dalam dokumen pendaftaran, memang ada yang mengandung dan tidak mengandung babi.

Mie Instan Ottogi Yeul Ramen Mengandung Babi

Mie Instan Ottogi Yeul Ramen.

Namun setelah dilakukan pengujian, ada mie yang sudah beredar tanpa label Mengandung Babi ternyata mengandung fragmen babi. Dari temuan inilah akhirnya keluar perintah untuk menarik keempat mie korea tersebut dari pasar serta mencabut izin edar keempat jenis mie tersebut.


Adapun target pemantauan peredaran mie mengandung babi tersebut adalah rantai distribusi produknya. Mulai dari importir/distributor, toko-toko, supermarket, hypermarket dan pasar-pasar tradisional. Bagi warga masyarakat muslim, dihimbau lebih berhati-hati dan lebih teliti dalam membeli produk-produk sejenis ini.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Ini Empat Mie Instan Korea Yang Mengandung Babi,


Diterbitkan pada: Minggu, 18 Juni 2017
Rating : 4.56 / 5 dari 9 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet, sains dan tren media sosial.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Ini Empat Mie Instan Korea Yang Mengandung Babi".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright