Sosial Media

Viral Video Server KPU Disetting Menangkan Jokowi, Benarkah? Cek Faktanya Disini

Beredar video viral yang menyatakan jika Server KPU telah disetting untuk menangkan Jokowi-Ma’ruf Amin. Video tersebut diunggah ke media sosial Facebook dan YouTube. Benarkah demikian?

Dalam video viral tersebut, salah seorang tampak sedang memaparkan mengenai server KPU di Singapura yang dinyatakannya telah bocor. Dia juga menyampaikan mengenai rencana KPU yang mensetting suara pilpres 2019 untuk memenangkan pasangan 01.

Video ini viral di Facebook dan telah banyak dibagikan dengan berbagai durasi. Video ini juga telah di unggah ke YouTube dan sudah di tonton lebih dari 84 ribu pengunjung.

Video Viral Server KPU Disetting Menangkan Jokowi

Video Viral Server KPU Disetting Menangkan Jokowi.

Berikut Video Server KPU yang diduga telah Disetting tersebut.

Pertanyaannya kemudian, berasal dari mana rekaman video diatas?

Mengutip laman liputan6, video yang viral tersebut direkam di salah satu ruangan di rumah Ahmad Taufik Nuriman, mantan Bupati Serang periode 2005-2015.

“Memang benar di tempat saya. Pakai ruang briefing, di (rumah) Ciracas (Kota Serang),” kata Ahmad Taufik Nuriman, saat dikonfirmasi awak media melalui sambungan selulernya, Jumat (05/04/2019).

Dia mengaku kaget video itu viral di media sosial. Lantaran, saat rapat tidak ada orang luar selain tim sukses.

“Video yang viral itu? Iya kebetulan ada timses (Prabowo-Sandi) dari pusat (Jakarta). Saya kan punya ruang briefing, memang benar di tempat saya,” tambah dia.

Ahmad Taufik Nuriman mengaku tak ingat kapan pertemuan terjadi. “Waduh saya lupa tanggalnya itu,” tambah dia.

Klarifikasi KPU mengenai rekaman video Server KPU Disetting

Komisioner KPU Ilham Saputra menyebutkan, materi atau substansi yang disampaikan dalam video tersebut tidak benar.

“Yang disampaikan dalam video tersebut tidak benar,” kata Ilham saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Kamis (4/4/2019).

Menurut Ilham, KPU tidak memiliki server di luar negeri. Semua server milik KPU berada di Indonesia. Ilham kemudian mengatakan bahwa proses penghitungan suara oleh KPU dilakukan secara manual.

“Proses penghitungan suara secara manual bertingkat dari TPS, PPK, KPU Kab/Kota, KPU Provinsi dan KPU. Hasil scan Form C1 yang selanjutnya diunggah di website KPU dilakukan setelah penghitungan suara selesai di TPS,” terang Ilham.

Ilham memastikan, hasil penghitungan suara di tiap TPS sudah diketahui oleh publik. Termasuk para saksi, panitia pengawas di TPS, warga hingga media massa.

“Dan semua pihak diberi kesempatan untuk mendokumentasikan hasil penghitungan suara dalam Form C1-Plano,” ucap Ilham.

KPU juga mengeluarkan pernyataan yang membantah tudingan yang beredar.

Materi/substansi yg disampaikan dalam video tsb tidak benar.

  1. Tidak ada server KPU yg di luar negeri, semua di dalam negeri.
  2. Proses penghitungan suara secara manual bertingkat dari TPS, PPK, KPU Kab/Kota, KPU Provinsi dan KPU.Hasil scan Form C1 yg sepanjutnya diunggah di website KPU dilakukan setelah penghitungan suara selesai di TPS.Jadi pada dasarnya hasil suara di TPS sudah diketahui dulu oleh publik (saksi, Panwas TPS, warga pemilih, pemantau, media dll) dan semua pihak diberi kesempatan untuk mendokumentasikan hasil penghitungan suara dalam Form C1-Plano.
  3. Dengan demikian tidak benar tuduhan bahwa KPU sudah mensetting perolehan Capres melalui sistem IT. Berdasarkan tuduhan tidak berdasar yg beredar lewar video tsb, KPU merass dirugikan dan akan melaporkan ke Bareskrim Mabes Polri. Demikian penjelasan. Hasyim Asy’ariAnggota KPU

Dengan tuduhan yang tidak benar itu, KPU berencana membuat laporan ke Bareskrim Polri.

“Berdasarkan tuduhan tidak berdasar yang beredar lewar video tersebut, KPU merasa dirugikan dan akan melaporkan ke Bareskrim Mabes Polri,” tutup Ilham.

Jadi, menurut KPU, video viral mengenai server KPU di Singapura yang bocor dan telah disetting memenangkan Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019 tidak benar alias hoaks.

Video Viral Server KPU Disetting Menangkan Jokowi Hoaks

Video Viral Server KPU Disetting Menangkan Jokowi Hoaks.

Tidak ada server KPU yang dibangun di luar negeri. Semua server KPU ada di Indonesia, demikian klarifikasi Komisioner KPU.

Viral Video Server KPU Disetting Menangkan Jokowi, Benarkah? Cek Faktanya Disini,


Diterbitkan pada: Sabtu, 6 April 2019
Rating : 4.67 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet, sains dan tren media sosial.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Viral Video Server KPU Disetting Menangkan Jokowi, Benarkah? Cek Faktanya Disini".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright