Tips dan Trik

Cara Membuka Kunci iPhone jika Lupa Password Tanpa Kehilangan Data

Jangan panik jika lupa password atau passcode iPhone. Coba dengan cara ini, mudah-mudahan bisa membuka kunci iPhone kamu. Syaratnya adalah sebuah komputer atau laptop yang sudah terinstal software iTunes didalamnya.

Untuk diperhatikan, cara membuka kunci iPhone dengan komputer ini memerlukan kondisi dimana sebelumnya pengguna iPhone rutin melakukan backup data ke iCloud.

Oleh karenanya, manfaatkan layanan iCloud dan rutin lakukan backup supaya kamu bisa mengembalikan iPhone yang terkunci karena lupa password seperti saat ini.

Bagaimana jika tidak ada Backup di iCloud? Kamu masih bisa membuka kunci iPhone dengan catatan semua data-data penting di iPhone kamu bisa saja terhapus dan hilang. Jadi bagi yang tidak memiliki cadangan backup di iCloud disarankan untuk tidak menggunakan cara ini jika terdapat data-data penting didalamnya.

Force Restart Recovery dan Cara Membuka Kunci iPhone jika Lupa Password

Force Restart, Recovery dan Cara Membuka Kunci iPhone jika Lupa Password.

Namun jika kamu sebelumnya sudah memiliki cadangan dan rutin melakukan backup data iPhone ke iCloud, mudah-mudahan cara membuka kunci iPhone ini berhasil dan kamu bisa membuka iPhone kamu seperti saat sebelum terkunci plus dengan data-data seperti sedia kala. Langsung saja, berikut cara buka kunci iphone menggunakan komputer sekaligus dengan cara merestore-nya.

 

Cara Buka Kunci iPhone

 

1. Download dan Instal Software iTunes

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah instal terlebih dahulu software iTunes. Bagi pengguna Windows OS, bisa mendownloadnya melalui tautan ini.

2. Hubungkan iPhone ke komputer

Hubungkan iPhone kamu ke laptop atau komputer dengan menggunakan kabel data. Selanjutkan buka dan jalankan software iTunes.

3. Force restart iPhone untuk masuk ke mode recovery

  • Cara force restart iPhone 8 atau iPhone tipe terbaru adalah dengan menekan tombol volume up, kemudian tekan tombol volume down. Selanjutnya tekan dan tahan tombol power.
  • Sedangkan cara force restart iPhone 7 adalah dengan menekan tombol volume down dan tombol disamping secara bersamaan sampai muncul menu recovery pada iTunes.
  • Untuk iPhone lama, force restart dilakukan dengan cara menekan dan menahan tombol home dan tombol power secara bersamaan.

4. Restore iPhone

Setelah masuk ke layar dengan mode recovery, kamu disuruh memilih opsi untuk melakukan update atau restore. “There is a problem with the iPhone that requires it to be updated or restored.” Pilih saja opsi Restore.

Sampai disini, iPhone akan melakukan proses restore. Tunggu saja dan jangan mencabut iPhone kamu dari PC atau laptop sampai proses restore selesai. Biasanya memakan waktu hingga 20 menit.

Jika proses restore iPhone selesai, kamu sudah bisa masuk dan bisa menggunakan iPhone kembali namun dengan pengaturan pabrik.

Lalu bagaimana cara supaya pengaturan iPhone kamu kembali seperti semula? Caranya adalah dengan melakukan restore data dari akun iCloud kamu.

Lihat disini: Cara Menyalin Banyak Foto dari iPhone ke Android

 

Cara Restore iPhone dari iCloud

  1. Pastikan iPhone kamu sudah terhubung dengan koneksi internet. Kemudian, masuk ke pengaturan “Apps & Data”. Kemudian pilih opsi Restore from iCloud Backup.
  2. Login ke akun iCloud menggunakan Apple ID kamu.
  3. Cari dan pilih backup terbaru iPhone kamu.
  4. Login ke akun Apple ID untuk merestore atau mengembalikan semua pengaturan dan data-data kamu sebelumnya.
  5. iPhone akan menampilkan bar proses pengembalian data dan berapa lama perkiraan waktu restore. Tunggu sampai selesai.

Jika proses restore iPhone dari iCloud Backup selesai, artinya kamu sudah bisa menggunakan iPhone kamu dengan pengaturan lengkap dengan data-data sebelumnya.

Lihat juga disini: Cara membuat Apple ID dari iTunes.

Itulah cara membuka kunci iPhone jika lupa passcode atau password sekaligus cara mengembalikan data dari iCloud Backup. Mudah-mudahan bermanfaat.

Cara Membuka Kunci iPhone jika Lupa Password Tanpa Kehilangan Data,


Diterbitkan pada: Selasa, 9 April 2019
Rating : 4.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Dian merupakan kontributor untuk kategori gadget, smartphone, tablet dan aplikasi.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Cara Membuka Kunci iPhone jika Lupa Password Tanpa Kehilangan Data".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright