Sosial Media

Berita dan Gambar Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Pose Dua Jari HOAKS

Beredar di media sosial Facebook dan WhatsApp mengenai berita dan gambar Ketua Panwaslu Kuala Lumpur, Yaza Azzahara Ulyana berpose dua jari mendukung pasangan capres/cawapres 02.

Sontak gambar tersebut dikaitkan dengan berita surat suara tercoblos di Malaysia dan menggiring opini jika Yaza Azzahara tidak netral.

Dalam foto tersebut, terlihat seorang perempuan berkacamata dan memakai baju biru yang disebut sebagai Yaza. Perempuan itu berpose dua jari khas pendukung pasangan capres dan cawapres Prabowo-Sandiaga.

Di foto pertama, terlihat Yaza tengah memberikan penjelasan mengenai penemuan surat suara tercoblos, saat dia diwawancara salah satu saluran televisi.

HOAKS Berita dan Gambar Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Berpose Dua Jari

HOAKS Berita dan Gambar Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Berpose Dua Jari.

Kemudian dalam foto kedua, terlihat perempuan berkacamata yang mirip Yaza hadir dan berpose dua jari bersama relawan Prabowo-Sandi lainnya.

Gambar Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Pose Dua Jari HOAKS

Gambar Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Pose Dua Jari HOAKS.

Namun, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) membantah bahwa keberadaan Yaza dalam sebuah foto relawan Prabowo-Sandi adalah hoaks.

Klarifikasi Pemilik AKun Facebook Idawati Murdaningrum

Sebuah unggahan dari pengguna Facebook, Idawati Murdaningrum, mengaku bahwa foto yang viral itu merupakan foto dirinya, bukan Yaza.

Idawati keberatan dengan pencantuman foto di media bernama Tribunsantri.com, sebab yang dinarasikan sangat berbeda dengan fakta yang ada.

Berikut penjelasan Idawati:

Assalamu’alaikum Wr Wb,

Berkaitan dengan berita yang dikeluarkan oleh Tribunsantri.com berjudul “Keterangannya di TVOne Janggal, Foto Panwaslu Malaysia Yaza Azzahra Berpose Dua Jari Bersama Relawan 02 Viral” yang viral pagi ini, saya ingin menyampaikan klarifikasi. Foto yang dilingkari pada foto Relawan 02 adalah saya. Idawati Murdaningrum. Bukan foto ibu Yaza Azzahra. Adalah benar saya Relawan 02. Saya adalah Anggota Satgas Prasasti Malaysia. Saya dan Ibu Yaza adalah 2 orang yang berbeda. Jadi dengan nyata, tribunsantri telah menyebarkan berita yang tidak benar alias HOAX!

Dan saya menyatakan keberatan foto saya dg lingkaran dicantumkan di berita tersebut. Oleh karena itu saya meminta tribunsantri.com untuk segera mengkoreksi kesalahan ini, menyampaikan permohonan maaf kepada saya dan pihak-pihak lain yang dirugikan. Koreksi dan permohonan maaf itu harus dimuat di tribunsantri.com dan media lain.

Apabila Tribunsantri.com gagal menunjukkan i’tikad baik untuk menyelesaikan persoalan ini, maka saya akan mengambil langkah-langkah hukum.

Demikian klarifikasi dan pernyataan ini saya buat dengan sebenar2nya. Terimakasih.

Link berita: https://www.tribunsantri.com/…/keterangannya-di-tvone-jangg…
Wassalamu’alaikum Wr Wb.
Idawati Murdaningrum.

Tanggapan Bawaslu

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mochammad Afifuddin mengatakan bahwa Yaza telah menyampaikan bantahan mengenai dugaan dirinya telah berfoto bersama relawan Prabowo-Sandi.

“Secara personal (Yaza) WhatsApp ke saya, sudah memastikan semua tidak benar, itu hoaks. Terkait foto-foto keterlibatan yang bersangkutan dengan atau berbaju salah satu tim paslon. Ini sudah dibantah yang bersangkutan ke saya,” ujar Afif di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Jumat (12/4/2019).

“Kami tentu akan memastikan informasi dari jajaran kami, dalam posisi kami percaya, data-data terkait proses ketika kami merekrut yang bersangkutan,” ujar Afif.

Klarifikasi dan Permohonan Maaf media Tribunsantri.com

Setelah foto dan berita Ketua Panwaslu Kuala Lumpur berpose dua jari viral di media sosial, media berita tribunsantri.com mengklarifikasi berita dan memuat pernyataan permohonan maafnya melalui “Permohonan Maaf kepada Saudari Idawati Murdaningrum dan Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yaza Azzahra”

Berita dan Gambar Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Pose Dua Jari HOAKS

Berita dan Gambar Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Pose Dua Jari HOAKS.

Menyikapi hal tersebut, kami admin Tribunsantri.com, minta maaf yang sebesar-besarnya kepada saudari Idawati Murdaningrum. Kami mengakui ceroboh, tanpa klarifikasi mencatut fotonya untuk diidentikkan dengan ketua Panwaslu, Kuala Lumpur, Malaysia saudari Yazza Azzahra.
Dengan ini, kami tegaskan bahwa postingan kami yang mencatut foto saudari Idawati Murdaningrum adalah tidak benar, sebagaimana klarifikasi yang bersangkutan dan saudari Yazza Azzahra.

Wanita berkacamata yang dilingkari hitam pada foto berikut ini adalah saudari Idawati Murdaningrum, bukan Yaza Azzahra

Berita yang kami posting dan telah kami hapus seperti berikut ini adalah HOAX.

Sekali lagi, kami minta maaf karena terlalu ceroboh menggunakan foto yang kami temukan di Twitter, tanpa mengecek kebenaran foto tersebut.
Kami juga minta maaf kepada saudari Yaza Azzahra yang kami singgung sebagai pendukung Prabowo berdasarkan foto yang salah. Padahal, sebagaimana telah beliau bantah, bahwa dirinya bukan pendukung Prabowo Subianto.

Kami juga minta maaf kepada semua pihak yang merasa dirugikan dengan postingan kami tersebut.
Demikian, klarifikasi dan permohonan maaf kami.
Admin Tribunsantri.com

Terkait media Tribunsantri.com, Kompas.com menyatakan media itu tidak ada kaitannya dengan Tribunnews.com. Adapun, Tribunnews.com merupakan media dalam naungan grup Kompas Gramedia. Sumber: K0mpasTrlbunsantri.

Berita dan Gambar Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Pose Dua Jari HOAKS,


Diterbitkan pada: Jumat, 12 April 2019
Rating : 4.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet, sains dan tren media sosial.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Berita dan Gambar Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Pose Dua Jari HOAKS".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright