Sosial Media

Cegah Beredarnya Berita Hoaks Kerusuhan Manokwari Papua, Kominfo Perlambat Internet

Untuk mencegah beredarnya berita hoaks mengenai kerusuhan di Manokwari, Papua Barat, Kominfo sempat memperlambat akses internet dibeberapa wilayah Papua yang terjadi demonstrasi. Seperti di wilayah Jayapura dan Manokwari sendiri.

Adapun perlambatan atau throttling bandwidth internet di wilayah Papua yang terjadi demonstrasi anarkis dilakukan bertahap. Perlambatan dilakukan pada Senin (19-08-2019) mulai pukul 13:00 waktu setempat.

Ferdinandus Setu selaku PLT Kepala Biro Humas Kominfo menjelaskan tujuan dilakukannya perlambatan akses internet di Papua untuk mencegah peredaran berita hoaks yang dapat memperkeruh suasana.

Kerusuhan di Manokwari Papua Barat

Kerusuhan di Manokwari Papua Barat. (str/afp)

“Tujuan kami melakukan throttling adalah untuk mencegah luasnya penyebaran hoaks yang dapat memicu aksi,” jelasnya di Jakarta.

Setidak ada dua kabar hoaks yang beredar di media sosial yang sudah teridentifikasi oleh kominfo. Kabar hoaks pertama adalah foto mahasiswa tewas akibat dipukul aparat di Surabaya.

Kabar hoaks yang kedua adalah berita yang menyebut jika Polres Surabaya melakukan penculikan terhadap 2 orang pengantar makanan untuk mahasiswa Papua.

Karenanya, kominfo memberikan imbauan kepada masyarakat dan netizen supaya tidak turut menyebar berita yang belum tentu kebenarannya.

Pasca kerusuhan di Manokwari, Papua Barat yang kini sudah mulai kondusif, akses internet disana muali normal kembali mulai pukul 20:30 waktu setempat. Via: suara

Cegah Beredarnya Berita Hoaks Kerusuhan Manokwari Papua, Kominfo Perlambat Internet,


Diterbitkan pada: Selasa, 20 Agustus 2019
Rating : 4 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet, sains dan tren media sosial.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Cegah Beredarnya Berita Hoaks Kerusuhan Manokwari Papua, Kominfo Perlambat Internet".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright