Sosial Media

Google Peringati Hari Pembukaan Tugu Monas Jakarta

Tak terasa Monumen Nasional (Monas) Jakarta sudah memasuki usia yang tak muda lagi. 40 tahun yang lalu, Tugu Monas resmi dibuka tepatnya pada tanggal 12 Juli 1975. Untuk memperingati hari jadinya yang ke 40 ini, Google Indonesia mengganti logo mereka (doodle) dengan lambang tugu yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia itu.

Doodle Google memperlihatkan proses pembangunan Tugu Monas hingga jadi seperti yang terlihat pada gambar dibawah. Dikutip dari laman wikipedia, Tugu Monas mulai dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 atas perintah dan inisiatif dari Presiden RI pertama, Ir. Soekarno untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia merebut kemerdekaan dari tangan penjajah (Belanda).

Tugu Monas Google Doodle.

Tugu Monas Google Doodle. (Google)

Bukan sekedar monumen atau tugu saja. Di bagian dasar monumen pada kedalaman 3 meter di bawah permukaan tanah, terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Ruang ini berukuran luas 80 x 80 meter dan dapat menampung pengunjung sekitar 500 orang. Namun bagian yang sangat menarik tentunya adalah pada bagian puncaknya. Monas dimahkotai lidah api yang dilapisi dengan emas murni. Ini melambangkan semangat perjuangan rakyat Indonesia. Selain itu, banyak yang mengunjungi tugu ini karena rasa penasaran dengan keberadaan sosok wanita yang ada di lidah api tersebut. Tidak percaya?.

Sejarah Tugu Monas

Gambar Tugu Monas. (wikipedia).

Misteri Sosok Wanita Di Puncak Tugu Monas.
Secara kasat mata, puncak tugu monas memang terlihat hanyalah obor api yang menyala. Namun jika Anda melihat lebih jeli, ternyata dibagian sisi lidah api tersebut di desain menyerupai sosok wanita yang sedang duduk bersimpuh. Wanita tersebut memiliki rambut panjang dengan sanggulan kecil diatas. Sosok wanita ini dapat dilihat jika Anda berada sisi sebelah kiri Monas, di Jalan Medan Merdeka Barat sebelah utara atau dekat dengan Istana Presiden.

Misteri Sosok Wanita Di Tugu Monas

Misteri Sosok Wanita Di Tugu Monas. (indocropcircles.files.wordpress.com)

Sampai saat ini siapa dibalik sosok wanita di lidah api tugu Monas masih menjadi kontroversi. Ada yang menyebutnya sebagai perwujudan Nyi Roro Kidul dan berbagai mitos lainnya. Namun yang pasti, sang perancang dan sang penggagasnyalah yang tahu itu semua.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Google Peringati Hari Pembukaan Tugu Monas Jakarta,


Diterbitkan pada: Minggu, 12 Juli 2015
Rating : 3.75 / 5 dari 20 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Google Peringati Hari Pembukaan Tugu Monas Jakarta".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright