Sains

Daun Pacar Kuku Ternyata Bisa Basmi Nyamuk Hanya Dalam 3 Menit Saja

Tidak perlu menggunakan insektisida kimia untuk mengusir nyamuk. Berkat penemuan mahasiswa FMIPA UI, daun pacar kuku atau inai bisa dijadikan insektisida alami untuk membasmi nyamuk.

Tanaman dengan nama latin Lawsonia inermis ini cukup familiar di masyarakat Indonesia dan mudah didapatkan. Lalu bagaimana daun pacar kuku bisa digunakan untuk mengusir nyamuk?. Yaitu dengan memanfaatkan limbah styrofoam atau polistirena. Styrofoam dipakai untuk membantu reaksi sintesis insektisida dari daun pacar kuku.

Cara Mengusir Nyamuk Dengan Daun Pacar Kuku

Daun Pacar Kuku (Lawsonia inermis) Bisa Basmi Nyamuk. (wikipedia)

Prosesnya jauh lebih sederhana bila dibandingkan dengan pembuatan insektisida kimia yang dijual dipasaran saat ini. Tidak membutuhkan suhu dan tekanan tinggi. Demikian yang diungkap oleh Kepala Humas dan KIP Universitas Indonesia Rifelly Dewi Astuti, mengutip dari laman Antara.

Selain itu proses pembuatan insektisida organik dari daun pacar kuku ini tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya. Sehingga ramah lingkungan dan biaya produksinya jauh lebih murah.

Hal itulah yang menginspirasi tiga mahasiswa dari  jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia yaitu Nadiatus Silmi, Redita Andini Ayundrisa, dan Shella Jeniferani Willyam melakukan penelitian ini.

Dalam melakukan penelitian pembuatan insektisida alami dengan memanfaatkan daun pacar kuku serta limbah styrofoam atau polistirena, ketiganya langsung mendapat bimbingan dari Dr. Ir. Antonius Herry Cahyana.

Hasil dari penelitian ketiga mahasiswa FMIPA UI terbukti dapat membunuh nyamuk hanya dalam waktu kurang dari tiga menit.

Menurut Rifelly , hasil penelitian ini kedepan bisa dikembangkan sebagai bahan aktif insektisida berbentuk  spray, gel ataupun lotion. Dengan begitu banyak manfaat yang didapatkan. Selain meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan, juga dapat mengurangi penggunaan sampah styrofoam.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Daun Pacar Kuku Ternyata Bisa Basmi Nyamuk Hanya Dalam 3 Menit Saja,


Diterbitkan pada: Jumat, 31 Agustus 2018
Rating : 4.50 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet, sains dan tren media sosial.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright