Sains

BMKG Berikan Penjelasan Penyebab Gempa Lombok Hari ini

BMKG mencatat ada dua gempa hari ini yang terjadi di Lombok di dua lokasi berbeda. Gempa pertama terjadi pada pukul 14:07:25 WIB dengan kekuatan 5,8 magnitudo. Gempa dengan kedalaman 10 Km ini berlokasi di 24 km Timur Laut, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Selang dua menit kemudian, kembali terjadi gempa dengan lokasi berbeda. BMKG mencatat gempa ini bermagnitudo sebesar 5,2 dengan kedalaman 11 km. Terjadi di 7 km Barat Laut, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Melalui info BMKG terkini di @InfoBMKG, kedua gempa yang terjadi di lombok hari ini tidak berpotensi tsunami. Lebih lanjut BMKG memberikan penjelasan penyebab gempa lombok hari ini dipicu oleh penyesaran turun.

Dua Lokasi Gempa Lombok hari ini yang dirilis BMKG

Dua Lokasi Gempa Lombok hari ini yang dirilis BMKG.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran turun (normal fault),” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Minggu.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,47 LS dan 116,55 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 20 km arah utara Kota Selong, Kabupaten Lombok Timur, Propinsi Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 19 km. Dua menit kemudian pada pukul 14.09.19 WIB terjadi gempa bumi susulan dengan M=5,1 pada 8,51 LS dan 116,49 BT dengan kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal,” katanya.

Guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan di daerah Lombok Utara IV MMI, Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah, Mataram, dan Sumbawa III-IV MMI; Karangasem III-IV MMI, Denpasar III MMI, dan Kuta III MMI.

Hingga pukul 16.30 WIB, BMKG mencatat telah terjadi 13 kali gempa bumi susulan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat melaporkan data sementara terdapat empat warga di Kabupaten Lombok Timur mengalami luka-luka akibat gempa tersebut.

Sebanyak dua orang meninggal dunia terkena longsoran gempa air terjun Tiu Kelep di Desa Senaru, Lombok Utara.

Informasi update gempa terkini bisa dilihat melalui website resmi BMKG di bmkg.go.id atau melalui laman twitter resmi BMKG di @infoBMKG. Via: antara.

BMKG Berikan Penjelasan Penyebab Gempa Lombok Hari ini,


Diterbitkan pada: Minggu, 17 Maret 2019
Rating : 4 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet, sains dan tren media sosial.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "BMKG Berikan Penjelasan Penyebab Gempa Lombok Hari ini".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright