Sosial Media

Hari Raya Idul Fitri 2015 Jatuh Pada 17 Juli 2015 Ini Alasannya

Berdasarkan perhitungan hisab, hari Raya Idul Fitri 2015 – 1436 H akan jatuh pada hari jum’at besok, 17 Juli 2015 seperti yang telah diungkapkan oleh Firdaus AN selaku praktisi hisab dan rukyat Muhammadiyah Sumatera Barat . Beliau menyatakan Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Syawal 1436 Hijriah dengan metode hisab yang merupakan metode yang selalu dipakai oleh Muhammadiyah selama ini.

Beliau juga meyakini hari Raya Idul Fitri 2015 akan dilaksanakan serentak. Apa alasannya?. Ijtimak akhir Ramadan 1436 H terjadi pada hari Kamis, 16 Juli 2015 pukul 08.24 WIB. Sedangkan ketinggian hilal sudah mencapai 3 derajat. Itu alasan mengapa lebaran tahun ini jatuh pada 17 Juli 2015 besok ungkap beliau melalui laman Tempo.

Senada dengan Muhammadiyah, Kementerian Agama RI melalui Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang diberitakan oleh laman detik hari ini juga menyatakan berdasarkan perhitungan hisab, posisi hilal sore hari ini diatas 2 derajat. Namun untuk menetapkan hari Raya Idul Fitri 2015 di Indonesia, tidak bisa hanya mengandalkan metode perhitungan hisab saja. Perlu dilakukan metode rukyat atau melihat langsung posisi bulan.

Untuk itu Kementerian Agama akan mengadakan sidang isbat penetapan hari Raya Idul Fitri 2015. Rencananya, sidang isbat akan digelar sore ini mulai pukul 17.00 WIB dengan agenda pertama mendengarkan pemaparan dari ahli rukyat di seluruh Indonesia mengenai posisi hilal.

Berbeda dengan perhitungan hisab yang telah dilakukan oleh Muhammadiyah. Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) Thomas Djamaluddin melalui laman Tempo mengungkapkan posisi bulan sore ini kurang dari 3 derajat dan secara ilmu astronomi hal itu mustahil untuk di rukyat.

Meski berbeda dengan LAPAN, Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama (NU) kemungkinan besar akan merayakan Idul Fitri 2015 pada hari Jum’at 17 Juli 2015, seperti yang di ungkapkan oleh Ketua Lajnah Al-Falakiyah PWNU Banten, KH Muhammad Thobary Syadzily Al-Bantani, yang sudah melakukan metode perhitungan hisab sebelumnya.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 2015

Selamat Hari Raya Idul Fitri 2015. (Muslim Daily)

Namun untuk kepastian jatuhnya hari raya Idul Fitri 2015, umat Islam di Indonesia nantinya bisa berpatokan kepada hasil sidang isbat yang digelar oleh Kementerian Agama RI sore ini. Mudah-mudahan saja lebaran Idul Fitri tahun ini bisa dirayakan bersama tanpa ada perbedaan.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 2015 – 1436 H, mohon maaf lahir dan bathin.

Lihat juga disini : aplikasi ucapan Idul Fitri.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Hari Raya Idul Fitri 2015 Jatuh Pada 17 Juli 2015 Ini Alasannya,


Diterbitkan pada: Kamis, 16 Juli 2015
Rating : 4 / 5 dari 4 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright