Teknologi

Jasad Mona Lisa yang Jadi Model Lukisan Da Vinci Akhirnya Ditemukan

Jasad dan sisa tulang belulang yang di duga kuat adalah Mona Lisa akhirnya ditemukan oleh arkeolog di biara Sant’Orsola, Italia. Hal itu terungkap setelah arkeolog Silvano Vinceti dan timnya melakukan penelitian panjang dan menyimpulkan jika temuan terbaru mereka itu merupakan sisa jasad dari model perempuan yang dilukis oleh Leonardo Da Vinci.

Siapakah sebenanya Mona Lisa?. Berdasarkan catatan sejarah, sosok lukisan perempuan misterius seperti setengan perempuan setengah laki-laki karya Da Vinci itu bernama lengkap Florentine Lisa Gherardini dan ada juga yang menyebutnya sebagai Lisa Gherardini del Giocondo. Wikipedia.

Misteri Lukisan Mona Lisa

Lukisan Mona Lisa Karya Leonardo Da Vinci. (wikipedia)

Lisa Gherardini lahir pada tahun 1479. Kemudian pada tahun 1503, suaminya meminta Leonardo da Vinci untuk melukis dirinya.

Setelah suaminya meninggal, Lisa Gherardini menetap di sebuah biara di Florence, Italia dan meninggal pada tahun 1542.

Dari data itulah kemudian para arkeolog yang dipimpin oleh Silvano Vinceti melakukan penelitian untuk mencari dan menggali lebih dalam siapakah sosok wanita didalam lukisan Leonardo da Vinci yang sangat misterius itu.

Penelitian itu dimulai sejak tahun 2011 silam. Silvano Vinceti dan timnya mulai melakukan penggalian terhadap jasad yang meninggal bertepatan dengan tahun dan data-data yang mereka yakini itu.

Lusinan kerangka-pun ditemukan. Namun setelah dilakukan tes penanggalan karbon sebagian besar dari kerangka dan tulang belulang yang ditemukan tersebut umurnya terlalu tua untuk menjadi jasad Mona Lisa.

Jasad Mona Lisa Ditemukan

Arkeolog Silvano Vincenti duduk bersama arkeolog lain bekerja pada penggalian ketiga kuburan di dalam biara abad pertengahan Saint Ursula di Florence pada tahun 2012. (dailymail)

Akhirnya, disalah satu kuburan di biara Sant’Orsola, mereka menemukan jasad yang tepat dengan tanggal dan tahun meninggalnya Mona Lisa.

Sayangnya, jasad tersebut sudah tidak utuh lagi. Yang tersisa hanyalah tulang pergelangan kaki, tulang kering dan tulang paha tanpa ada bagian tengkorak kepala.

Tes DNA-pun akhirnya tidak dimungkikan karena kondisi jasad tersebut dalam keadaan rusak parah. Namun begitu, Silvano Vinceti dan timnya sangat yakin jika temuan mereka itu adalah jasad Mona Lisa, model yang ada didalam lukisan Leonardo da Vinci.

“Ada konvergensi elemen, di atas dan melampaui hasil test karbon 14 yang mengatakan, kami mungkin telah menemukan makam Lisa. Saya bicara tentang analisis sejarah, antropologi, dan arkeologi yang telah dilakukan dengan penuh semangat”. Ungkap Silvano Vinceti seperti yang dikutip dari laman softpedia.com.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Jasad Mona Lisa yang Jadi Model Lukisan Da Vinci Akhirnya Ditemukan,


Diterbitkan pada: Sabtu, 26 September 2015
Rating : 4 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Jasad Mona Lisa yang Jadi Model Lukisan Da Vinci Akhirnya Ditemukan".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by: