Sains

Begini Penjelasan Sains Mengenai Lubang Misterius Di Sukabumi

Lubang misterius di Sukabumi, Jawa Barat menggegerkan warga dan menjadi viral di media sosial. Lubang berdiameter kurang lebih 6 meter dengan kedalaman 6 meter tersebut tiba-tiba saja terbentuk di sawah salah satu warga.

Menurut pemilik sawah Cece Sudirman, sebelum lubang misterius itu terbentuk terdengar suara gemuruh kemudian suara dentuman.

Lubang Misterius Di Sukabumi

Lubang Misterius Di Sukabumi.

“Ada suara gemuruh kemudian dentuman. Tapi suara gemuruhnya lama, tidak sekaligus,” kata Cece Sudirman kepada detik kemarin (07-09-2018).

Lubang misterius itu hanya berjarak 50 meter dari tempat kediamannya. Selain lubang besar, cecep mengungkapkan masih ada dua lubang kecil lainnya.

Terbentuknya lubang misterius di Sukabumi bukan tanpa sebab. Menurut Camat Kadudampit Zaenal Abidin hal itu terjadi disebabkan adanya terowongan air dibawah sawah warga.

Gua atau terowongan itu sendiri berfungsi untuk mengalirkan air dari pegunungan ke selokan Cigalunggung. Kedalamannya sekitar 7 hingga 8 meter dari permukaan tanah.

Karena kontur tanah di area sawah yang gembur dan selalu tergenang air, maka tanah amblas.

“Terowongan itu memanjang sejauh 50 meter. Karena di atasnya ada persawahan, air rembes hingga mengakibatkan amblas. Oleh warga terowongan itu dibuat saluran air terbuka,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kepala Bidang Mitigasi Gerakan Tanah, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PMBG) Badan Geologi Agus Budianto akan mempelajari situasi geologi di sekitar lubang misterius itu.

Sementara itu, warga yang penasaran adanya lubang misterius di sawah warga masih terus berdatangan hingga hari ini meski sudah di pasangi garis polisi dan spanduk besar bertuliskan “Hati-hati ada lubang akibat tanah longsor”.

Untuk menghindari hal yang tidak di inginkan, Kepolisian setempat memperluas area pemasangan garis polisi.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Begini Penjelasan Sains Mengenai Lubang Misterius Di Sukabumi,


Diterbitkan pada: Sabtu, 8 September 2018
Rating : 3 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet, sains dan tren media sosial.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright