Teknologi

Fenomena Bulan Pink “Pink Moon” di Bulan April Bisa Dilihat Langsung Tanpa Teropong Bintang

Bulan April 2019 kamu dapat melihat fenomena alam tak biasa yaitu, Bulan Pink “Pink Moon” dan hujan meteor. Asyiknya, fenomena Pink Moon bisa dilihat langsung dengan mata tanpa harus menggunakan alat khusus seperti teropong bintang.

Menurut Royal Observatory Greenwich, Bulan Pink bisa dilihat pada tanggal 19 April 2019. Fenomena alam ini terjadi karena Bulan berada di sisi yang berlawanan dengan Bumi, seperti letak Matahari. Saat itu, Bulan sepenuhnya diterangi oleh Matahari.

Bulan Pink yang akan muncul pada 19 April mendatang diketahui berasal dari nama spesies bunga Wild Ground Phlox.

Pink Moon Bulan Berwarna Pink

Pink Moon, Bulan Pink. (ilustrasi)

Oleh suku Amerika Utara, fenomena alam ini ditandai dengan mekarnya bunga berwarna merah muda itu, menandai awal musim semi disana.

Wild Ground Phlox Pink

Wild Ground Phlox Pink. (flickr)

Karena itulah, Bulan yang terlihat tersebut dinamai dengan Pink Moon atau Bulan Pink.

Selain Pink Moon, fenomena Bulan purnama yang muncul di bulan April ini ada juga yang menamainya sebagai Fish Moon karena merupakan waktu ikan berenang ke hulu untuk bertelur. Ada juga yang menamainya dengan Sprouting Grass Moon karena pada bulan ini rumput tumbuh dengan suburnya.

Sebelum fenomena Bulan Pink, di bulan April ini kamu juga bisa melihat Planet Merkurius pada malam hari, yaitu pada 11 April 2019 malam. Agar bisa melihatnya, kamu bisa menjadikan arah matahari terbit sebagai patokannya. Kemudian pada 22 April 2019, hujan meteor Lyrid bisa disaksikan dari lokasi yang tidak banyak terpapar polusi.

Itulah fenomena alam yang akan terjadi di bulan April ini. Jadi jangan berharap kamu melihat Bulan pada 19 April nanti berwarna pink seperti gambar diatas ya. Via: rmg

Fenomena Bulan Pink “Pink Moon” di Bulan April Bisa Dilihat Langsung Tanpa Teropong Bintang,


Diterbitkan pada: Senin, 1 April 2019
Rating : 5 / 5 dari 18 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet, sains dan tren media sosial.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Fenomena Bulan Pink “Pink Moon” di Bulan April Bisa Dilihat Langsung Tanpa Teropong Bintang".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright