Sains

5 Cara Teknologi Mempengaruhi Kebiasaan Makan Kita

Di tengah kehidupan yang serba cepat, perkembangan teknologi membuat banyak sekali perubahan di semua aspek, tak terkecuali dengan kebiasaan makan.

Beberapa kebiasaan makan yang berpengaruh dalam hidup adalah dengan munculnya keanekaragaman makanan yang sudah dikenal oleh banyak orang. Di samping itu sudah banyak jargon yang mengatakan pentingnya mengkonsumsi makanan yang sehat. Sehingga hal ini mempengaruhi pola atau kebiasaan makan seseorang.

Teknologi Mempengaruhi Kebiasaan Makan

Teknologi Mempengaruhi Kebiasaan Makan. (source: unsplash.com/@eaterscollective )

Untuk lebih jelasnya, artikel ini akan membahas 5 hal tentang bagaimana teknologi mampu mempengaruhi kebiasaan makan kita. Mari kita simak pembahasannya!

1. Teknologi Seperti Media Sosial Mampu Menstimulasi Kita untuk Mengkonsumsi Makanan yang Dipromosikan

Di dalam suatu survey, ada yang mengatakan bahwa kebiasaan makan dipengaruhi oleh media sosial yang mereka lihat. Mayoritas orang yang terpengaruh oleh media sosial adalah kita dari generasi milenial.

Media sosial yang dianggap sebagai bagian dari teknologi digital merupakan wadah dalam memberikan informasi tentang makanan, baik itu rekomendasi makanan enak atau makanan sehat, promosi makanan yang dijual secara online, atau bisa juga dengan munculnya para influencer makanan dalam mempromosikan berbagai makanan yang mereka santap.

Munculnya media sosial jelas mempengaruhi kita untuk segera mengikuti atau membeli makanan tersebut, sehingga dapat disimpulkan bahwa apa yang mereka tawarkan mampu untuk mempengaruhi kebiasaan atau pola makan kita menjadi seperti yang mereka konsumsi.

2. Teknologi Mampu Membuat Orang untuk Mengolah Makanan dengan Cepat

Teknologi juga mampu dalam mengolah makanan menjadi lebih cepat. Hal ini dikarenakan sudah muncul suatu teknologi yang disebut dengan “smart technology”.

Yang dimaksud dengan smart technology dalam memasak adalah suatu teknologi yang memudahkan kita untuk memasak makanan dengan cara yang mudah, menghilangkan kerumitan, serta membuat masakan yang dimasak menjadi lebih cepat.

Salah satu contoh bentuk dari smart technology dalam memasak adalah dengan kehadiran robo chef. Kita yang tadinya terbiasa makan dengan cara memasak yang rumit dimudahkan berkat adanya smart technology berupa robo chef yang telah diciptakan.

3. Membuat Orang Menjadi Melek soal Nutrisi dan Kandungan Gizi dalam Makanan

Pola atau cara makan kita juga berubah dengan adanya teknologi. Kehadiran internet memudahkan seseorang dalam melihat berbagai kandungan yang ada di dalam bahan makanan.

Kemudahan melihat berbagai kandungan seperti unsur gizi dan nutrisi di internet membuat kita memilih secara selektif bahan makanan yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan kata lain, kita akan mengubah kebiasaan makan dengan masakan yang lebih sehat dan bernutrisi dengan adanya internet sebagai bagian dari teknologi terkini.

4. Adanya Teknologi Membuat Orang-Orang Untuk Mencoba Resep Terbaru

Kehadiran teknologi berupa internet juga memungkinkan orang-orang untuk mendapatkan informasi terbaru yang terkait dengan resep-resep makanan. Banyak orang termasuk kita ingin mencoba berbagai makanan yang berasal dari daerah dan negara lain untuk dicoba atau dimasak sendiri.

Internet telah menjadi pintu bagi seseorang untuk mendapatkan berbagai informasi seputar resep dan jenis masakan, baik nasional maupun internasional, khususnya bila masakan tersebut enak, mudah dimasak, dan memiliki kandungan nutrisi yang baik. Ini semua akan mengubah kebiasaan makan kita dan mempengaruhi kita dalam hal pemilihan menu makanan yang dikonsumsi dari hari ke hari.

5. Kehadiran Teknologi Membuat Orang lebih Waspada dalam Asupan Makanan

Hal terakhir adalah kehadiran teknologi dapat membuat kita waspada atau membatasi asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Sudah banyak aplikasi digital yang menawarkan berbagai program kesehatan baik itu untuk program diet, kalkulator asupan gizi dan kalori, aplikasi kebugaran tubuh, aplikasi workout dan masih banyak lagi.

Dengan adanya aplikasi kesehatan yang umumnya digunakan untuk mendapat tubuh yang sehat dan ideal, sudah dipastikan bahwa teknologi mampu mempengaruhi pola dan kebiasaan makanan yang akan dikonsumsi. Hal ini akan membuat kita lebih waspada tentang asupan makanan yang disantap sehari-hari.

Catatan
Salah satu hal penting yang mempengaruhi kebiasaan makan kita adalah dengan adanya teknologi yang memudahkan kita untuk mendapatkan makanan yang segar dan menarik.

Beberapa contohnya adalah dengan tersedianya kemasan makanan inovatif yang mampu menjaga kesegaran bahan makanan yang ada di dalamnya. Di samping itu kemasan yang inovatif juga membuat makanan yang dibeli memiliki daya tarik, sehingga kita terpengaruh untuk mengkonsumsi makanan tersebut dan mempengaruhi kebiasan makan kita melihat kemasan yang ada pada makanan.

Itulah pembahasan tentang 5 Cara Teknologi Mempengaruhi Kebiasaan Makan Kita, di antara opsi yang diberikan, manakah faktor yang mempengaruhi kebiasaan makan Anda?

5 Cara Teknologi Mempengaruhi Kebiasaan Makan Kita,


Diterbitkan pada: Selasa, 20 Oktober 2020
Rating : 4.80 / 5 dari 5 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Dian merupakan kontributor untuk kategori gadget, smartphone, tablet dan aplikasi.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "5 Cara Teknologi Mempengaruhi Kebiasaan Makan Kita".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright