Sosial Media

Google HelpOuts, Bantuan Nyata di Internet Langsung Dari Ahlinya

Baru-baru ini Google mengumumkan layanan baru mereka Google HelpOuts. Layanan ini merupakan solusi bagi mereka untuk mendapatkan bantuan dari pakar atau ahli dibidangnya secara langsung melalui video chat. Jika selama ini pengguna kurang puas dengan hasil yang ditemukan, atau bahkan informasi yang dicari tersebut tidak ditemukan di internet melalui search engine, HelpOuts merupakan jawaban yang diberikan oleh Google untuk memberikan solusi terbaik tersebut. Bukan sekedar info, namun kita bisa berinteraksi dan bertanya secara langsung mengenai masalah yang dihadapi dengan orang-orang yang berkompeten dibidangnya.

Sampai saat ini, Google telah mengundang kurang lebih 1.000 perusahaan untuk bergabung dan berpartisipasi di HelpOuts. Nantinya, setiap vendor atau perusahaan dapat menetapkan apakah layanan dari mereka bersifat gratis atau berbayar. Jika layanan/bantuan dari mereka berbayar, kita harus megeluarkan biaya dan pembayaran saat ini hanya bisa dilakukan via Google Wallet.

Selain itu, Vendor juga dengan bebas menentukan sesi, hari atau jam berapa mereka ada waktu luang untuk memberikan bantuan kepada pengguna HelpOuts yang sedang mencari informasi dan membutuhkan bantuan secara mendetail untuk berbicara langsung melalui video.

Dan sebagai langkah awal, Google telah merilis sebuah video di Youtube mengenai layanan ini. Bantuan dan instruksi langsung melalui HelOuts bisa dilihat disana. Dalam video yang berdurasi sekitar 1 menit 8 detik tersebut menjelaskan jika layanan ini merupakan layanan yang benar-benar memberikan bantuan nyata dari orang-orang yang ahli dibidangnya secara langsung.

/div>

Selain melalui PC, nantinya HelpOuts juga dapat diakses melalui smartphone Android dengan aplikasi yang akan disediakan di Google Play Store. Sedangkan untuk pengguna perangkat iOS aplikasinya akan menyusul kemudian.

Bagimana cara menggunakannya?. Untuk dapat menggunakan layanan HelpOuts ini dan berinteraksi secara langsung dengan orang / vendor / perusahaan dengan topik yang sedang kita cari, kita diharuskan memiliki akun Google ( Profil Google+ ) dan sign in melalui halaman HelpOut di https://helpouts.google.com/home

Anggap kita sedang mengalami masalah mengenai komputer kita yang menggunakan sistem operasi Windows 8 dan tidak tahu bagaimana cara menginstalnya kembali. Pada kolom pencarian HelpOuts, ketikkan keyword “windows 8 install“.

Kolom Pencarian Bantuan Pada Google HelpOuts

Akan tampil daftar atau list orang-orang yang siap memberikan bantuan langsung melalui video chat. Bisa dilihat kapan jadwal / waktu tersedia bagi mereka untuk memberikan bantuan kepada kita. Dalam list tersebut, ada yang memberikan bantuan secara cuma-cuma (gratis), namun ada juga yang memasang tarif dari jasa layanan mereka. Dan begitu kita buka salah satu diantara daftar yang ada disana, kita akan disuguhkan dengan halaman profil dan keahlian mereka.

Layanan Bantuan Google HelpOuts

Setidaknya saat ini ada sekitar 8 topik utama yang ada di Google HelpOuts, kategori: Computers & Electronics, Home & Garden, Art & Music, Cooking, Education & Careers, Fashion & Beauty, Health dan Fitness & Nutrition. Sebagai permulaan, Google hanya menghadirkan ke delapan kategori tersebut. Kedepan, mungkin akan ditambahkan kategori lain yang cukup penting dan paling sering dicari. Misalnya saja untuk bantuan mengenai hukum dan bantuan mengenai asuransi. Kedua kategori ini bisa menjadi sangat populer jika ada perusahaan atau perorangan yang bersedia memberikan bantuannya dengan cuma-cuma. Mengingat biaya dari bantuan dan konsultasi hukum saat ini tidaklah murah. Selain itu, kategori lain yang tak kalah banyak dicari oleh pengguna internet adalah segala hal mengenai otomotif.

Bagaimana, canggih bukan?, Sayangnya, layanan ini belum tersedia dalam Bahasa Indonesia. Mungkin kedepan Google juga akan melirik pasar Indonesia dengan mengundang semua vendor, perusahaan atau orang-orang yang berkompeten dibidangnya untuk dapat memberikan layanan dan bantuan melalui HelpOuts. Semoga saja.

Google HelpOuts, Bantuan Nyata di Internet Langsung Dari Ahlinya,


Diterbitkan pada: Selasa, 5 November 2013
Rating : 4.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Google HelpOuts, Bantuan Nyata di Internet Langsung Dari Ahlinya".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright