Sains

Gerhana Bulan Total Bisa Dilihat Besok Di Sebagian Wilayah Indonesia

Besok, BMKG memprediksi akan terjadi gerhana bulan total. Gerhana bulan total ini dapat dilihat dihampir seluruh wilayah Indonesia kecuali di Sumatera, Kalimantan bagian barat dan Jawa bagian barat. Sayangnya, di Indonesia kita hanya dapat menyaksikan bagian akhir dari proses gerhana bulan total ini.

Dikutip dari harian republika (11-April-2014), Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Andi Eka Sakya menerangkan untuk wilayah seperti Asia, Eropa bagian timur dan Afrika bagian timur gerhana bulan total tidak dapat dilihat secara keseluruhan.

Gerhana bulan total ini dapat dilihat di Samudera Pasifik bagian barat, Australia dan Asia bagian timur saat bulan terbit. Sedangkan di wilayah seperti Eropa bagian barat, Afrika bagian barat dan Samudera Atlantik dapat dilihat saat bulan akan terbenam.

Proses gerhana bulan total dapat dilihat secara utuh dari wilayah Samudera Pasifik bagian timur, Amerika utara dan Amerika selatan bagian barat.

Gerhana Bulan Total Di Indonesia

Gerhana Bulan – Foto: BMKG

Gerhana bulan total terjadi akibat proses dimana bulan akan berada tepat pada daerah umbra dimana bayangan inti akan berada dibagian tengah yang sangat gelap. Tahun ini, BMKG memprediksi akan terjadi empat kali gerhana.

1. Gerhana bulan total (15 April 2014).
2. Gerhana matahari cincin (29 April 2014).
3. Gerhana bulan total (08 Oktober 2014).
4. Gerhana matahari sebagian (23 Oktober 2014).

Nah, bagi Anda yang berada di wilayah Indonesia bagian timur dan Indonesia bagian tengah, dapat menyaksikan gerhana bulan total yang akan terjadi besok.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Gerhana Bulan Total Bisa Dilihat Besok Di Sebagian Wilayah Indonesia,


Diterbitkan pada: Senin, 14 April 2014
Rating : 2.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Gerhana Bulan Total Bisa Dilihat Besok Di Sebagian Wilayah Indonesia".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright