Tips dan Trik

Cara Install Windows 8.1 Update Dan Mengapa Hal Ini Sangat Penting

Bagaimana cara melakukan pemasangan Windows 8.1 update dan apakah hal tersebut harus dilakukan?. Bagi sebagian pengguna OS Windows, melakukan rutinitas untuk mengupdate patch dan fitur-fitur terbaru dari Windows khususnya Windows 8.1 bukanlah hal yang penting. Mulai dari tampilannya yang tidak banyak mengalami perubahan, sampai alasan quota internet yang akan habis mengingat file-file update dari Windows 8.1 tidak sedikit.

Namun, untuk alasan keamanan, melakukan pemasangan Windows 8.1 Update adalah sebuah keharusan. Microsoft tidak hanya melakukan update tampilan maupun fitur-fitur baru pada Windows 8.1. Disetiap update, adakalanya Microsoft menambahkan patch atau penambal celah keamanan yang dapat disusupi oleh program-program jahat.

Cara Install Windows 8.1 Update

Selain itu, jika pengguna Windows 8 maupun Windows 8.1 tidak melakukan pemasangan Windows 8.1 Update, untuk selanjutnya Windows yang kita gunakan tidak dapat melakukan update baik itu update patch, keamanan maupun fitur-fitur baru. Mengapa?, karena untuk kedepannya, Microsoft hanya akan menyediakan update bagi Windows yang didalamnya sudah terpasang Windows 8.1 Update.

Jadi melakukan installasi Windows 8.1 Update pada Windows 8 maupun Windows 8.1 merupakan hal mutlak yang mesti dilakukan. Selain gratis, Windows 8.1 update juga menawarkan kinerja yang lebih maksimal dengan spesifikasi minimimum hardware yang lebih rendah. Performance komputer atau laptop jauh terasa lebih ringan setelah melakukan instalasi Windows 8.1 update.

Mengenai fitur apa saja yang ada pada Windows 8.1 update, bisa dilihat melalui video YouTube berikut ini:

Nah, setelah mengetahui pentingnya melakukan pemasangan Windows 8.1 update diatas, apakah Anda berubah pikiran?. Jika memilih untuk melakukannya, silahkan instal Windows 8.1 update saat ini juga. Caranya mudah. Hanya bermodalkan koneksi internet (disarankan dengan koneksi yang cepat dan stabil) untuk mendownload file-file yang total ukurannya kurang lebih sebesar 400 Mega -an.

Cara Download dan Melakukan Pemasangan Windows 8.1 Update (KB2919355) Pada Windows 8.1.

Sejak dirilis ke publik pada 08 April 2014 yang lalu, Windows 8.1 Update tidak mesti di download secara manual lagi melalui MSDN. Pengguna Windows khususnya Windows 8.1 dapat men-download dan menginstalnya secara otomatis melalui fitur Windows update.

Namun jika Anda ingin men-downloadnya secara manual misalnya melalui warnet, bisa mengunjungi link berikut ini;

Download servicing stack update disini. Kemudian,
Download Windows 8.1 Update 32 bit disini atau Windows 8.1 Update 64 bit disini.

Cara install manual Windows 8.1 update bisa dilihat dalam halaman download dari Microsoft tersebut. Cara manual ini hanya dapat dilakukan bagi pengguna Windows 8.1 saja. Sedangkan pengguna Windows 8 harus melakukannya melalui Windows update.

Nah, bagi pengguna Windows 8 maupun Windows 8.1 yang akan men-download dan menginstallnya di PC atau laptop pribadi secara langsung (jika fitur auto update pada Windows sengaja dimatikan) lakukan update melalui Windows Update dengan cara : akses Charm Bar kemudian klik Change PC Settings, berikutnya klik Update dan recovery, selanjutnya cek dan download Windows 8.1 update dengan mengklik Windows Update. Lihat gambar dibawah.

Cara Install Windows 8.1 Update Melalui Charm Bar

Update and recovery Windows 8.1

Download Windows 8.1 Update

Selain dengan cara diatas, Anda dapat juga melakukannya melalui Control Panel Windows. Bagaimana caranya?. Silahkan klik kanan start menu, kemudian klik Control panel.

Cara Install Windows 8.1 Update melalui menu control panel Windows 8.1

Di jendela Control Panel, akses System and Security seperti gambar dibawah.

Jendela System and Security pada Windows 8.1

Selanjutnya, Klik Windows Update dan akan terbuka jendela Windows Update seperti gambar dibawah.

Jendela Windows Update Di Windows 8.1

Lakukan pengecekan update terbaru dari Windows 8.1 dengan cara mengklik tombol Check for updates. Windows akan mengecek file apa saja yang direkomendasikan untuk di install.

Cek Windows Update Di Windows 8.1

Jika Anda ingin menginstal keseluruhan file update, lanjutkan saja proses dengan mengklik tombol Install Updates. Namun jika hanya ingin melakukan update pada file-file tertentu saja, klik terlebih dahulu tulisan “…. important updates are available”.

Jendela Download dan Windows Update

Dalam hal ini kita hanya akan menginstall Windows 8.1 update (KB2919355) beserta suplemen update yang penting lainnya. Namun jika Anda memiliki akses internet dan quota bandtwidth unlimitted, disarankan untuk melakukan update keseluruhan yang disediakan pada jendela Windows Update.

Pilihan file-file yang akan di update di Windows 8.1

Windows 8.1 update (KB2919355) sendiri berukuran 427,4 MB. Ditambah dengan update Windows lainnya menjadi kurang lebih sekitar 444,5 MB.

Update Hanya File-file Windows 8 saja

Jika sudah dipilih (dicentang), langkah selanjutnya adalah dengan mengklik tombol Install untuk melanjutkan proses download. Sampai disini, Windows akan melakukan proses download kemudian instalasi secara otomatis.

Proses Download Windows 8.1 Update

Proses Install Windows 8.1 Update

Setelah proses pemasangan Windows 8.1 Update selesai, Windows akan memerintahkan untuk me-restart PC atau laptop kita. Lakukan saja karena sebagian update Windows mengharuskan melakukan proses restart untuk pemasangannya.

Proses Download dan Install Windows 8.1 Update Selesai - Restart

Setelah komputer atau laptop melakukan restart dan proses instalasi, kemudian kembali lagi ke menu desktop, seharusnya Windows 8 maupun Windows 8.1 yang kita gunakan sudah ter-install Windows 8.1 Update didalamnya.

Bagaimana, cukup mudahkan kan melakukan pemasangan Windows 8.1 update di Windows 8.1?.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Cara Install Windows 8.1 Update Dan Mengapa Hal Ini Sangat Penting,


Diterbitkan pada: Senin, 14 April 2014
Rating : 4.67 / 5 dari 9 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright