Teknologi

Segera Ganti Password Anda Di Google, Facebook, Twitter dan Situs Besar Lainnya

Judulnya terdengar sedikit menakutkan. Tapi itulah kenyataan yang sekarang terjadi. Celah keamanan di Internet yang disebut sebagai Heartbleed diketahui dapat memberikan akses kepada preman-preman internet untuk mengakses layanan dan akun kita di situs-situs besar seperti Google, Facebook, Twitter, Amazon, Paypal, Situs Bank Online ternama, dsb. Bayangkan, situs besar saja bisa di tembus, apalagi situs-situs yang tingkat keamanannya dibawah layanan seperti Gmail dan Facebook.

Para peneliti keamanan telah menemukan celah keamanan pada OpenSSL, yang merupakan standar enkripsi yang paling banyak digunakan oleh situs-situs besar seperti Google, Yahoo, Facebook dan Twitter. Bug pada OpenSSL tersebut diketahui dilaporkan pertama kali oleh peneliti keamanan dari Google Security, Neel Mehta. Selain tim Google Securit, Codenomicon yang merupakan firma peneliti independen juga membenarkan bug atau celah keamanan yang terdapat pada OpenSSL. Malah, Codenomicon menuturkan jika bug yang disebut sebagai Heartbleed tersebut telah ada selama kurun dua tahun terakhir.

Lalu apa akibat dan dampak dari celah keamanan yang terdapat pada OpenSSL tersebut?. Bagi pengguna internet yang memiliki akun di berbagai situs besar yang menggunakan enkripsi OpenSSL dapat dengan mudah di bajak oleh preman internet (cracker).

Celah Keamanan Di Internet Heartbleed BugHeartbleed dapat dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungan jawab untuk mendapatkan data seperti username dan password dengan mudah. Oleh karenanya, jika Anda memiliki akun di sejumlah layanan pada situs-situs besar yang menggunakan OpenSSL, segera ganti password Anda sekarang juga untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.

Google sendiri dan beberapa situs besar lainnya seperti Facebook telah melakukan update pada situs mereka terkait dengan isu Heartbleed ini. Namun demikian, tetap lakukan penggantian password seperti password Gmail dan Facebook untuk menghindari kejadian hilangnya akun. Dikhawatirkan cracker telah mendapatkan data dan informasi kita sebelum situs-situs yang menggunakan OpenSSL melakukan update mengatasi bug dan celah keamanan yang telah ditemukan ini (Heartbleed).

Hal penting lain yang mesti dilakukan adalah clear semua cache, history, cokies, password pada browser yang sering kita gunakan selama ini untuk mengakses atau login ke situs-situs seperti layanan Facebook, Gmail, iBanking, dsb. Atau jika menggunakan lebih dari satu browser seperti Google Chrome, Firefox dan IE, manfaatkan software untuk melakukan tugas tersebut seperti CCleaner.

Nah, bagi yang sering bertransaksi di internet dengan menggunakan kartu kredit, jangan anggap remeh masalah ini. Segera lakukan pengecekan apakah transaksi yang melalui kartu kredit yang kita pakai semuanya merupakan transaksi yang kita lakukan sendiri. Jika ada transaksi yang tidak wajar, yang bukan dilakukan atas keinginan kita, segera hubungi pihak Bank yang bersangkutan. Gambar Heartbleed sumber: heartbleed.com.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Segera Ganti Password Anda Di Google, Facebook, Twitter dan Situs Besar Lainnya,


Diterbitkan pada: Jumat, 11 April 2014
Rating : 4.17 / 5 dari 6 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Segera Ganti Password Anda Di Google, Facebook, Twitter dan Situs Besar Lainnya".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by: