PC Laptop

Sony Tape Storage Pecahkan Rekor Sebagai Media Penyimpanan Terbesar Saat ini

Rekor media penyimpanan terbesar saat ini akhirnya dipecahkan oleh Sony lewat Sony Tape Storage. Teknologi yang ada di Sony Tape Storage ini memungkinkan kaset menyimpan setara 3.700 keping Blu Ray. Kapasitas media penyimpanan magnetik ini mampu memuat atau merekam 18,5 GB per inchi persegi. Dengan demikian, untuk satu cartridge nya, dapat menyimpan data sampai dengan 185 TB.

Sebelumnya rekor teknologi penyimpanan atau perekaman data dengan media kaset dipegang oleh IBM. Mereka mengembangkan teknologi tersebut sejak 2010 silam. Dalam pengembangan teknologi media penyimpanan kaset yang dilakukan oleh Sony kali ini, IBM ikut terlibat juga didalamnya.

Sony Tape Storage - Media Penyimpanan Kaset Terbesar Saat Ini

Sony Tape Storage – Media Penyimpanan Kaset Terbesar Saat Ini

Mengapa IBM dan Sony masih mengembangkan teknologi penyimpanan melalui media kaset?, bukankah lebih baik mengembangkannya lewat sebuah hard disk eksternal?. Walaupun kaset saat ini sudah hampir punah, tidak di perusahaan-perusahaan besar maupun di instansi pemerintah. Media penyimpanan jadul ini masih tetap digunakan disana. Faktor biaya menjadi alasan yang kuat. Biaya produksi dan pembuatan media penyimpanan kaset jauh lebih murah ketimbang sebuah hard disk.

Selain itu, kaset juga lebih hemat dalam pemakaian daya. Kelemahannya mungkin terletak dari proses pengambilan data yang terbilang lambat. Sebuah kaset penyimpanan hanya menawarkan akses sekuensial, itu artinya, data harus diakses dalam urutan yang ditulis. Tidak seperti hard disk yang dapat di akses dengan cepat (random access).

Rencananya, teknologi Sony Tape Storage ini akan diperkenalkan dalam sebuah konferensi magnet internasional (Intermag Europe 2014) yang diadakan di Dresden, Jerman. Sumber dan gambar Sony Tape Storage : www.bbc.com.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Sony Tape Storage Pecahkan Rekor Sebagai Media Penyimpanan Terbesar Saat ini,


Diterbitkan pada: Selasa, 6 Mei 2014
Rating : 4 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright