Sosial Media

Tahukah Anda Berapa Kali Pinokio Bisa Berbohong?

Sudah pernah nonton film animasi Pinokio?, Karakter boneka bernyawa yang tidak boleh berbohong itu merupakan karya Carlo Collodi, seorang berkebangsaan Italia. Dongeng ini sudah cukup lama ditulis olehnya yaitu pada tahun 1883 dan sudah banyak versi film yang dibuat. Rata-rata, publik cukup antusias dengan film-film Pinokio yang pernah ditayangkan.

Dari seluruh film Pinokio yang pernah dibuat, keseluruhannya menceritakan karakter Pinokio yang tidak boleh melakukan kebohongan. Setiap kali boneka kayu itu berbohong, maka hidungnya akan bertambah panjang.

Nah, pernahkan terfikir dibenak Anda berapa kali Pinokio dapat melakukan kebohongan?. Jawabannya adalah, tidak lebih dari 13 kali. Jika Pinokio melakukan kebohongan sampai 13 kali, dipastikan dia akan mati saat itu juga. Mengapa?.

Berapa Kali Pinokio Dapat Berbohong

Gambar Pinokio: Rex Features – via telegraph.co.uk

Hitung saja. Jika panjang awal hidung Pinokio adalah 2,54 cm dengan berat 6 gram serta berat kepalanya 4,18 Kg, maka kepalanya akan patah ketika hidungnya tumbuh mencapai panjang 140 meter karena tidak sanggup lagi menopang berat hidungnya.

Panjang hidung Pinokio 140 meter tersebut, jika di hitung setara dengan 13 kali dia melakukan kebohongan. Perhitungan dalam bentuk penelitian karya ilmiah ini merupakan event yang diadakan oleh Universitas Leicester dalam menerapkan prinsip-prinsip ilmiah khususnya yang berkaitan dengan dongeng-dongeng populer. Karya-karya mereka termasuk juga Steffan Llewellyn yang melakukan penelitian terhadap Pinokio ini nantinya akan dipublikasikan dalam Journal of Topics Interdisciplinary Science.

 

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Tahukah Anda Berapa Kali Pinokio Bisa Berbohong?,


Diterbitkan pada: Kamis, 8 Mei 2014
Rating : 4.33 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright