Sosial Media

Google Tambahkan Fitur Mobile-Friendly Pada Pencarian Berbasis Mobile

Hampir setiap orang yang mengakses internet melakukan aktivitas untuk mencari informasi-informasi yang diperlukan melalui mesin pencari seperti Google. Aktivitas yang lebih dikenal dengan sebutan Googling itu dirasakan sangat membantu, apalagi dengan algoritma mesin pencari Google yang terus diperbaiki dan hampir mendekati sempurna dalam menemukan apa yang dicari oleh penggunanya. Mulai dari mencari berita-berita terhangat saat ini, berita teknologi, informasi harga dan spesifikasi ponsel maupun gadget, sampai informasi mengenai jadwal CPNS. Semua dapat ditemukan hanya dengan melakukan Googling saja.

Kabar baiknya, Google kini telah menambahkan sebuah fitur dalam mesin pencarinya yang dinamakan dengan “Mobile-Friendly“. Fitur ini akan muncul saat pengguna mencari informasi melalui smartphone atau tablet. Hasil pencarian akan menampilkan sebuah website atau situs terkait dengan pencarian yang dilakukan. Hanya saja, kini Google telah menambahkan sedikit keterangan dari hasil pencarian tersebut, yaitu dengan menambahkan tulisan atau label “Mobile-friendly” pada deskripsi sebuah website atau situs tersebut.

Fitur Mobile Friendly Di Pencarian Google Untuk Perangkat Mobile

Fitur Label Mobile Friendly Di Pencarian Google Untuk Perangkat Mobile. Google Webmaster Central.

Jika keterangan atau label “Mobile-friendly” seperti gambar diatas muncul dalam hasil pencarian Google, dipastikan website atau situs tersebut sudah mendukung tampilan untuk pengguna perangkat seperti smartphone dan tablet. Pengguna gadget berbasis mobile dapat mengunjungi situs tersebut dengan nyaman karena sudah di optimalkan untuk ponsel dan tablet.

Seperti yang diketahui, masih banyak webmaster (pembuat website) yang belum mengadopsi dan mengoptimalkan desain website dan situs mereka untuk tampilan mobile. Sehingga jika pencari informasi mengunjungi situs mereka melalui ponsel atau tablet, mereka akan kesulitan karena harus menggeser ke kanan dan kekiri, memperbesar dan memperkecil halaman untuk membaca semua informasi yang ada, sehingga banyak waktu terbuang percuma.

Lain hal dengan situs atau website yang sudah di optimalkan untuk tampilan ponsel dan tablet (responsive design). Pengunjung situs dapat dengan nyaman melihat dan membaca semua informasi di situs tersebut hanya dengan menggulirnya terus kebawah sampai habis. Disamping itu, sebuah website dengan tampilan responsive akan terasa lebih ringan saat di akses melalui ponsel dan tablet.

Lalu apa gunanya fitur Mobile-friendly di pencarian Google ini?. Tentu saja sangat bermanfaat bagi pengguna ponsel dan tablet. Mereka dapat memilih terlebih dahulu apakah situs yang akan dibuka tersebut sudah mendukung tampilan mobile atau belum. Selain itu Google juga tidak akan menyematkan fitur ini terhadap situs yang bermuatan flash didalamnya. Sebuah keuntungan dari pencari informasi via ponsel dan tablet, karena tidak akan banyak menyedot quota internet. Untuk diketahui, website dengan banyak konten flash didalamnya cukup berat jika dibuka via ponsel atau tablet.

Tampilan Mobile JeriPurba.Com

Tampilan Mobile JeriPurba.Com.

Terlepas apakah pembuat website akan melakukan pengoptimalan pada situs mereka untuk tampilan mobile, Google telah menyarankannya. Beberapa tips juga telah di tuliskan melalui Official Google Webmaster Central. Salah satunya adalah sebuah tool untuk mengecek apakah sebuah situs sudah mendukung tampilan mobile disini.

Rencananya, fitur Mobile-frindly di pencarian Google untuk perangkat mobile ini mulai diterapkan beberapa minggu kedepan secara global.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Google Tambahkan Fitur Mobile-Friendly Pada Pencarian Berbasis Mobile,


Diterbitkan pada: Jumat, 21 November 2014
Rating : 4.67 / 5 dari 6 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright