Software dan Games PC

Cara Menggunakan Fitur Pencarian Suara Di Google.Com Dengan Chrome Browser

Setelah menambahkan fitur keamanan dan kontrol akses internet, Google kembali menambahkan fitur pencarian suara pada browser milik mereka, Google Chrome. Menarikkah fitur ini?, dan bagaimana cara menggunakannya?. Fitur ini sebenarnya sangat membantu pengguna internet yang ingin mencari informasi melalui pencarian Google tanpa harus mengetik lagi di keyboard laptop maupun PC.

Namun sayangnya, fitur ini belum sempurna saat di coba melakukan pencarian dengan perintah suara. Terlebih lagi dengan pengucapan dan vokal bahasa Indonesia.

Belum didukungnya pengucapan bahasa Indonesia dapat dilihat dari Google.Co.Id. Tombol untuk pencarian suara belum tersedia disana.

Google.Co.Id pada Chrome belum mendukung fitur pencarian suara

 

Tombol pencarian dengan suara tersebut akan tampil jika kita mengakses Google.Com melalui Chrome seperti yang terlihat pada gambar dibawah.

Fitur Pencarian Suara Pada Google Chrome

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur suara pada Google Chrome melalui Googel.Com tersebut?. Cukup mudah. Instal Google Chrome terbaru, bagi yang belum memasangnya di PC atau laptop. Saat artikel ini dipublish, Chrome yang tersedia adalah Versi 33.0.1750.117 m. Silahkan download Google Chrome versi terbaru melalui tautan : https://www.google.com/intl/en/chrome/browser/.

Setelah terpasang, aktifkan terlebih dahulu mikrofon pada komputer atau laptop. Kemudian buka browser Google Chrome dan akses Google pencarian dengan alamat www.google.com.

Cara Menggunakan Fitur Pencarian Suara Di Google Chrome

Ketik tombol suara (mikrofon) disamping kanan kolom pencarian. Kemudian ucapkan kata atau kalimat yang akan dicari. Secara otomatis, fitur pintar pencarian suara pada Google Chrome akan menterjemahkan suara dan menginputnya pada kolom pencarian Google.Com.

Pengucapan pada pencarian suara di Google Chrome

Fitur Pintar Pencarian Google Dengan Suara Menggunakan Google Chrome

Hasil Pencarian Google.Com Dengan Fitur Pencarian Dengan Suara

Fitur Pencarian Suara Pada Google Chrome Belum Sempurna.

Jika dibandingkan dengan Chrome versi mobile di ponsel-ponsel Android, versi desktop ini memang belum terlalu pintar menterjemahkan suara dengan vokal orang Indonesia.

Misalnya saat ingin melakukan pencarian “bagaimana cara install bbm di android”, Google Chrome melalui Google.Com akan menterjemahkannya kedalam pencarian berbahasa inggris “how to install bbm on android”, bahkan bisa lebih ngawur lagi 🙂 .

Fitur pencarian suara pada Chrome versi ini (33.0.1750.117 m) akan terasa manfaatnya jika kita melakukan pencarian dengan kalimat singkat misalnya “google.com”, atau pencarian suara dalam bahasa Inggris dengan vokal orang bulex. Chrome akan menterjemahkan ucapan / vokal tersebut dengan tepat.

Mudah-mudahan, Google akan menambahkan dan menyempurnakan fitur pencarian suara dengan vokal orang Indonesia untuk versi Chrome berikutnya. Sehingga, untuk melakukan pencarian di Internet baik itu melalui Google.Com maupun melalui Google.Co.Id, pengguna lebih dimanjakan tanpa harus mengetik apa yang akan dicari melalui keyboard.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Cara Menggunakan Fitur Pencarian Suara Di Google.Com Dengan Chrome Browser,


Diterbitkan pada: Senin, 3 Maret 2014
Rating : 4.25 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright