Software dan Games PC

Windows 8.1 With Bing – Inikah Versi Windows 8 Gratis Yang Akan Datang?

Mendengar Windows 8.1, langsung terlintas sebuah sistem operasi terbaru dari Microsoft dengan tampilannya yang keren serta fitur layar sentuh-nya itu. Namun, tampilan dan fitur canggih ini tak serta merta membuatnya disukai pengguna Windows sebelumnya. Apa sebab?. Salah satunya karena sistem operasi ini dibuat sangat jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Sehingga, pengguna yang sudah terbiasa dengan Windows XP atau Windows 7, cukup dibuat kebingungan kali pertama menggunakannya. Akhirnya memutuskan untuk kembali lagi men-downgrade OS mereka.

Ya, butuh waktu untuk mempelajari interface dan fungsi yang ada didalam Windows 8. Ditambah lagi dengan harga lisensinya yang tidak murah. Wajar jika sampai saat ini popularitas Windows 8 masih kalah jauh dari Windows versi sebelumnya seperti Windows 7 dan Windows XP.

Demi mendongkrak popularitas dan meningkatkan jumlah pengguna Windows 8, pihak Microsoft-pun telah melakukan berbagai cara. Mulai dari “memaksa” pengguna Windows XP untuk segera beralih ke OS yang lebih baru (baca: Dukungan Windows XP berakhir), sampai memangkas harga lisensi Windows 8.1 sampai 70 persen bagi produsen PC dan tablet yang akan menggunakannya pada produk-produk mereka.

Nah, kabar terbaru menyebutkan jika Microsoft berencana akan meng-gratis-kan lisensi Windows lewat Windows 8.1 With Bing. Benarkah?. Kabar tersebut datang dari salah satu blog Rusia yang sering membocorkan info mengenai produk-produk dari Microsoft, WZor. Bocoran itu diperkuat dengan pernyataan orang dalam Microsoft yang dimuat dalam laman zdnet.com.

Lisensi Windows 8.1 With Bing Gratis

Sumber tersebut menyatakan jika Windows 8.1 With Bing merupakan langkah dan percobaan Microsoft untuk melihat sesuatu yang tidak ada nilainya menjadi suatu hal yang dapat memiliki nilai jual tinggi. Pada akhirnya, dapat memberikan hasil dan kesimpulan untuk praktek monetisasi yang tepat bagi Microsoft.

Mengacu dari pernyataan tersebut, bisa jadi Microsoft benar-benar akan meluncurkan Windows 8.1 With Bing tersebut dengan gratis. Apa alasannya?, dan apakah Microsoft tidak akan rugi?.

Jika dihitung untung ruginya, Microsoft tidak akan terlalu rugi, sebab, saat ini pundi-pundi Microsoft tak sekedar dari penjualan software saja. Selain software, Microsoft juga mendapat profit dari bisnis layanan dan device. Contohnya, dari keuntungan penjualan perangkat mobile phone lewat jajaran ponsel Nokia yang telah mereka akuisisi.

Tak sebatas itu, jika langkah Microsoft meng-gratis-kan lisensi Windows 8 dilakukan, mereka dapat dapat pula mengkonversi dari pengguna gratisan ke premium. Misalnya integrasi dengan Windows Phone. Disini Microsoft dapat memanfaatkan toko aplikasi milik mereka. Tentunya, pengguna premium ini akan dikenakan biaya untuk beberapa aplikasi atau software premium yang akan mereka gunakan.

Nah, dengan semakin banyaknya pengguna Windows 8, otomatis pengguna layanan Microsoft seperti Bing, Skype, OneDrive, Outlook, Office Online, dsb akan bertambah dengan pesat. Inipun bisa dijadikan celah untuk mendapatkan profit. Jadi, Microsoft tidak akan terlalu rugi jika menggratiskan lisensi Windows 8 kedepannya. Toh, banyak celah dan strategi untuk mendapatkan profit selain dari men-jual lisensi Windows 8.

Ya, meski masih menjadi rumor dan spekulasi, bukan tidak mungkin akan terjadi. Langkah ekstrim ini bisa saja dilakukan. Dan itu dinilai cukup efisien demi meningkatkan jumlah pengguna Windows 8 di dunia.

Gambar Tampilan Windows 8.1 With Bing

Gambar Tampilan Windows 8.1 With Bing : wzascok.livejournal.com

Satu yang pasti, jika rumor lisensi Windows 8 akan digratiskan lewat versi Windows 8.1 With Bing ini benar, tentunya semua pengguna Windows akan berbondong-bondong beralih ke sistem operasi ini dengan senang hati dan tanpa paksaan, termasuk juga Jeri Weblog 🙂 . Kita tunggu saja kabarnya. Mungkin melalui konferensi BUILD yang akan diadakan bulan April mendatang bersamaan dengan update besar-besaran Windows 8.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Windows 8.1 With Bing – Inikah Versi Windows 8 Gratis Yang Akan Datang?,


Diterbitkan pada: Minggu, 2 Maret 2014
Rating : 4.83 / 5 dari 6 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright