Sosial Media

Konsultasi Dokter Via Facebook Jadi Tren Terkini

Belakangan, konsultasi dengan dokter melalui media sosial seperti Facebook kian digemari dan menjadi tren terkini. Pasien tidak perlu berkonsultasi dengan dokter pribadi mereka secara offline atau bertatap muka secara langsung. Cukup terkoneksi dengan internet, konsultasi dengan dokter -pun bisa dilakukan menggunakan smartphone ataupun PC dan laptop dimanapun mereka berada.

Tren konsultasi dokter melalui Facebook ini terungkap dari penelitian dan survei yang dilakukan di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Amerika Serikat. Dalam penelitian itu, Joy Lee selaku pimpinan penelitian dan rekan-rekannya mengirimkan survei kepada 4.500 konsumen di apotek ritel yang ada disana.

Umumnya, konsumen yang terpilih merupakan orang-orang yang berpendidikan, memiliki latar belakang kesehatan yang bagus serta pengguna aktif Facebook. Dari 4.500 konsumen, para peneliti ini kemudian menghitung setiap balasan quisioner yang terkumpul dengan total 2.252 balasan.

Dari hasil tersebut, ternyata hampir semua responden menjawab tertarik berkonsultasi dengan dokter melalui Facebook atau via email terkait dengan permasalahan kesehatan mereka. Sebanyak 37 persen responden memilih berkonsultasi menggunakan pesan lewat email. Sementara 18 persen memilih berkonsultasi melalui Facebook.

Lebih lanjut, penelitian yang di publish melalui laman medicaldaily.com itu mengungkap jika pilihan berkonsultasi dengan dokter melalui media internet adalah mereka yang rata-rata berusia dibawah 45 tahun, memiliki riwayat kesehatan kronis, berpenghasilan tinggi dan dirawat oleh orang lain serta bukan dari golongan kulit putih.

Diketahui jika orang-orang dengan tingkat pendidikan dan berpenghasilan rendah lebih memilih berkonsultasi melalui email. Sebaliknya mereka dengan latar belakang pendidikan tinggi dan berpenghasilan tinggi memilih metode konsultasi melalui Facebook dengan dokter pribadi mereka.

Konsultai Dokter Online Via Facebook

Konsultai Dokter Online Via Facebook. Gambar: shutterstock.com.

Bagaimana dengan di Indonesia?. Apakah konsultasi dengan dokter melalui Facebook akan menjadi tren nantinya seperti di Amerika?.

Baca juga : Konsultasi kesehatan dengan Dokter menggunakan Aplikasi Android.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Konsultasi Dokter Via Facebook Jadi Tren Terkini,


Diterbitkan pada: Minggu, 28 Juni 2015
Rating : 4.60 / 5 dari 5 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright