Software dan Games PC

Angkatan Laut Amerika Bayar Microsoft 120 Miliar Demi Windows XP

Biaya yang tidak sedikit harus dikeluarkan oleh U.S. Navy (Angkatan Laut Amerika) demi Windows XP. Beberapa peralatan komputer militer yang berada di beberapa kapal dan kapal selam mereka ternyata masih menggunakan sistem operasi yang sudah tutup usia itu.

Windows XP merupakan sistem operasi tersukses milik Microsoft yang pernah ada. Lebih dari 14 tahun usianya. Namun angkatan laut Amerika masih menggunakan OS lawas ini. Akibat dihentikannya dukungan serta update keamanan oleh Microsoft, sejumlah komputer yang ada di U.S Navy rentan disusupi oleh hacker.

Oleh karenanya, angkatan laut Amerika berani membayar biaya US$ 9 juta atau sekitar Rp 120 miliar per tahun untuk mendapatkan dukungan dan update patch di PC Windows XP yang mereka gunakan. Meski tidak di perinci berapa komputer yang masih menggunakan Windows XP, namun jika dilihat dari biaya yang dikeluarkan, tentu jumlahnya tidak sedikit.

Departemen Angkatan Laut Amerika sebenarnya sudah memberi tenggat waktu untuk melakukan upgrade semua komputer mereka yang masih menggunakan Windows XP. Namun beberapa PC yang ada di kapal dan kapal selam milik mereka belum siap untuk diganti seperti yang dilaporkan oleh laman kctv5.com.

Microsoft pertama kali merilis Windows XP pada tahun 2001. Meski sudah diperingatkan oleh Microsoft akan kerentanannya karena sudah tidak didukung lagi, namun nyatanya sampai saat ini masih banyak yang menggunakannya.

Selain U.S Navy, masih banyak pengguna komputer diseluruh dunia yang menggunakan Windows XP. Tak terkecuali dari kalangan korporat dan perusahaan-perusahaan raksasa. Bahkan, ATM-ATM Bank masih menggunakan sistem operasi ini.

Berdasarkan data dari Net Market Share yang dikutip dari laman Wikipedia, sebanyak 16,94% pengguna PC diseluruh dunia masih menggunakan Windows XP. Angka ini masih mengungguli sistem operasi Windows Vista, Windows 8 dan Windows 8.1. Windows XP hanya kalah dari Windows 7 dengan jumlah pengguna sebanyak 58,04%.

Windows XP Boot

Windows XP Boot.

Rencananya, Microsoft akan merilis sistem operasi terbaru mereka lewat Windows 10 pada 29 Juli 2015 mendatang. Apakah Windows 10 nanti bisa membumi hanguskan Windows XP?. Kita lihat perkembangannya.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Angkatan Laut Amerika Bayar Microsoft 120 Miliar Demi Windows XP,


Diterbitkan pada: Senin, 29 Juni 2015
Rating : 4.50 / 5 dari 4 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright