Software dan Games PC

Umur Windows XP Dalam Hitungan Jam – Selamat Jalan Windows XP

Selamat tinggal Windows XP. Terasa berat untuk mengganti sistem operasi ini. Namun, mau tak mau pengguna komputer atau laptop mesti mengupgrade atau menggantinya ke OS lain seperti Linux. Jika tidak, PC dengan OS Windows XP akan mudah sekali dan sangat rentan di susupi oleh virus, malware maupun dimanfaatkan oleh preman-preman di dunia maya (cracker).

Ya, meskipun tetap dapat di gunakan, Windows XP tidak akan mendapatkan lagi patch keamanan dari Microsoft. Jika demikian, akan banyak celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh preman-preman internet untuk menjebol, menyusupi bahkan merusak komputer atau laptop dengan sistem operasi ini.

Selamat Jalan Windows XP

Selamat Jalan Windows XP

Microsoft sendiri tetap memberikan dukungan support dan update kepada perusahaan-perusahaan yang masih menggunakan Windows XP pada perangkat komputer mereka. Termasuk juga ATM-ATM yang masih menggunakan OS paling sukses dari Microsoft ini. Dengan syarat dan perjanjian membayar sejumlah biaya kepada Microsoft. Seperti misalnya pemerintah UK yang berani membayar dengan harga yang cukup tinggi. Itupun tidak akan berlangsung lama, karena Microsoft tetap “memaksa” untuk segera mengupgrade ke OS Windows yang lebih baru. Dukungan diberikan sampai perusahaan dan instansi pemerintah siap mengadopsi sistem operasi seperti Windows 7 atau Windows 8.

Lalu bagaimana dengan pengguna rumahan?, Microsoft memang menjanjikan akan menyediakan update keamanan terhadap Windows XP sampai Juli 2015. Namun untuk patch keamanan, perbaikan bug, peningkatan stabilitas dan dukungan fitur-fitur lainnya tetap akan dihentikan pada 8 April 2014 pukul 23:59 waktu Washinghton Amerika, atau esok hari 9 April 2014 pukul 02.00 WIB.

Terkecuali pengguna PC atau laptop yang tidak pernah terhubung dengan internet (Offline), tidak ada solusi selain mengganti OS atau Upgrade ke Windows 8.1 maupun ke Windows 7. Penghentian dukungan dari Microsoft terhadap Windows XP jelas akan membuat para preman internet bekerja ekstra untuk membobol pengguna komputer dengan Windows XP.

Ditambah lagi, dukungan dari pengembang software pastinya akan terhenti dengan sendirinya. Jadi, tidak ada alasan untuk tetap menggunakan Windows XP. Apalagi PC atau laptop selalu terkoneksi ke internet. Itu sama halnya dengan memberi jalan virus, malware dan cracker untuk mengakses PC dan laptop setiap saat.

Nah, bagi pengguna PC rumahan dengan OS Windows XP, sebaiknnya gunakan selalu antivirus yang up to date serta firewall dari pengembang yang masih terus mendukung sistem operasi ini. Backup data secara berkala dan jangan terlalu sering terkoneksi ke internet. Jikapun terpaksa, gunakan software “pembeku” drive seperti Deep Freeze atau sejenisnya.

Bagaimana dengan PC atau komputer yang ada di Warnet?. Jangan pernah melakukan transaksi online (iBanking) maupun mengolah data dari komputer tersebut.

Selamat jalan Windows XP, tapi belum akan terucap selamat tinggal untuk mu.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Umur Windows XP Dalam Hitungan Jam – Selamat Jalan Windows XP,


Diterbitkan pada: Selasa, 8 April 2014
Rating : 4.75 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright