Otomotif

Masalah Keselamatan, Toyota Kembali Tarik 6 Juta Unit Mobilnya

Masih terkait dengan isu keamanan dan keselamatan berkendara, untuk kedua kalinya Toyota melakukan penarikan besar-besaran terhadap mobil-mobil milik mereka di seluruh dunia. Sebelumnya, Toyota juga telah menarik (recall) produk mereka yaitu mobil Toyota Prius sebanyak 2 juta unit terkait masalah software.

Apa yang melatari Toyota melakukan penarikan lebih dari 6 juta mobil milik mereka kali ini?. Dilansir dari Bloomberg, 09 April 2014, selain karena adanya masalah pada rel kursi, wiper dan kolom kemudi, yang cukup berbahaya terkait masalah keselamatan berkendara adalah dari starter mesin yang dilaporkan dapat memicu resiko kebakaran.

Yang terbaru adalah isu keselamatan terkait masalah kabel spiral yang terletak dibagian sisi airbag pengemudi. Saat setir diputar, airbag tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya saat mobil mengalami benturan keras. Jenis mobil yang ditarik terkait masalah ini adalah jenis mobil Toyota Corolla, RAV4, Tacoma, Highlander, Camry dan mobil Toyota Yaris. Semuanya merupakan mobil yang di produksi antara Desember 2010 sampai April 2014.

keselamatan berkendara dengan mobil toyotaTerkait dengan isu keselamatan produk-produk milik mereka, Toyota setidaknya telah mengeluarkan biaya denda kurang lebih $1,2 miliar akibat tuntutan Kejaksaan Agung di Amerika Serikat. Denda ini merupakan hukuman pidana terbesar yang pernah dijatuhkan di Amerika kepada perusahaan mobil.

Reputasi Toyota sebagai produsen mobil terbesar di dunia pun terus di pertanyakan akibat masalah tersebut. Melalui sebuah email, dengan tulus Toyota mengirimkan permintaan maaf kepada seluruh konsumen atas ketidaknyamanan dan kekhawatiran terkait dengan “recall” ini dan berjanji segera mengatasinya. “Kualitas dan keselamatan merupakan komitmen Toyota sedari awal dan konsumen merupakan orang pertama yang harus didengarkan untuk mengambil tindakan yang tepat pada mobil Toyota kedepannya”.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Masalah Keselamatan, Toyota Kembali Tarik 6 Juta Unit Mobilnya,


Diterbitkan pada: Kamis, 10 April 2014
Rating : 2.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright