Otomotif

Masalah Software, 2 Juta Unit Mobil Toyota Prius Ditarik

Demi keamanan, Toyota mengumumkan akan menarik sekitar 2 juta unit mobil Prius dari seluruh dunia. Mobil hybrid yang cukup laris sejak di produksi tahun 1997 ini diketahui mengalami kegagalan pada perangkat lunaknya (software).

Lebih dari 400 laporan telah diterima oleh Toyota. Kebanyakan laporan tersebut mengeluhkan kerusakan software pada mobil milik mereka, terutama mobil jenis Prius di Amerika Utara dan Jepang sendiri. Sumber: www.bbc.co.uk.

Walaupun belum ada laporan adanya kecelakaan akibat cacat software pada mobil yang tercatat sebagai mobil toyota hybrid paling populer dipasar dunia tersebut, tidak menutup kemungkinan mobil Toyota Prius yang ada di Indonesia juga akan ditarik (recall), mengingat pengumuman tersebut bersifat global. Sumber lain mengatakan jika mobil Prius yang ditarik merupakan produksi tahun 2010 sampai 2014.

Gambar Mobil Toyota Prius Warna Putih

Gambar Mobil Toyota Prius Warna Putih : www.toyota.co.id

Diketahui akibat kegagalan software pada mobil Prius dapat menyebabkan tekanan panas pada komponen-komponen elektronikanya seperti transistor. Jika hal tersebut terjadi, lampu-lampu peringatan akan menyala dengan sendirinya, fungsi pengendali kestabilan serta anti lock braking system (ABS) juga akan mengalami gangguan.

Yang terparah kemungkinan sistem hybird tidak akan berfungsi. Jika itu terjadi dan mobil dalam keadaan berjalan, tenaga akan hilang, sehingga mobilpun otomatis akan melambat bahkan berhenti.

Meskipun mengalami permasalahan yang cukup serius pada perangkat software dan elektroniknya, Toyota memastikan fungsi pengereman mobil tidak akan terganggu.

Untuk memperbaiki masalah tersebut, Toyota setidaknya telah menarik sekitar 713.000 unit mobil jenis Prius di Amerika Utara dan sebanyak 997.000 unit di Jepang sendiri. Sisanya di Cina, Timur Tengah dan Eropa.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Masalah Software, 2 Juta Unit Mobil Toyota Prius Ditarik,


Diterbitkan pada: Kamis, 13 Februari 2014
Rating : 4.25 / 5 dari 4 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Masalah Software, 2 Juta Unit Mobil Toyota Prius Ditarik".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright