Sosial Media

Mengenal Pesawat Hercules Yang Jatuh Di Medan

Siang ini kecelakaan pesawat kembali dialami dunia penerbangan Indonesia. Pesawat Hercules kepunyaan TNI AU dikabarkan jatuh di Medan di kelurahan Simalingkar B Kecamatan Medan Tuntungan. Lokasi jatuh pesawat Hercules buatan tahun 1964 itu diketahui menimpa kawasan padat penduduk, di pertokoan Jalan Jamin Ginting, Simanglikar Medan.

Belum ada kabar mengenai sebab jatuhnya pesawat jenis angkut militer itu di Medan serta apakah ada korban yang selamat. Namun menurut Marsekal Agus Supriyatna selaku Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) seperti yang diberitakan oleh laman detik, meskipun pesawat jenis ini sudah berusia 50 tahun namun pesawat dengan kode penerbangan C-130 rutin mendapatkan perawatan karena memang menjadi andalan TNI Angkatan Udara terutama untuk keperluan logistik.

Seperti apakah sebenarnya pesawat ini?, berikut adalah berbagai info mengenai jenis pesawat Hercules C-130 yang jatuh di Medan.

  • Pesawat jenis ini pertama kali mengudara pada tanggal 23 Agustus 1954 Saat ini, ada sekitar 40 model dan tipe Hercules yang telah diproduksi serta dipakai oleh lebih dari 60 negara di dunia.
  • Pesawat C-130 Hercules yang jatuh di Medan merupakan pesawat angkut / transportasi militer yang di desain dan produksi oleh Lockheed Martin, sebuah perusahaan pesawat asal dari Amerika Serikat. Pesawat ini memiliki empat mesin turboprop.
Pesawat Hercules C-130

Pesawat Hercules C-130 Milik Amerika Serikat.

  • Pesawat jenis ini terkenal karena fungsionalitasnya sehingga banyak militer di seluruh dunia yang menggunakannya. Selain untuk keperluan militer seperti misi penyelamatan, serangan udara dan patroli maritim, pesawat Hercules pernah digunakan juga untuk kepentingan pengamatan cuaca, pengisian bahan bakar sampai penelitian ilmiah.
  • Produksi pesawat jenis Hercules seperti yang jatuh di Medan siang ini pertama kali di gagas oleh militer Amerika Serikat, tepatnya pada tahun 1951. Tiga tahun kemudian yaitu tahun 1954, prototipe pertamanya diperkenalkan kemudian setahun berselang pesawat ini mulai di produksi.
  • Sampai saat ini, lebih dari 2.300 pesawat Hercules telah di produksi. Biaya produksinya-pun bervariasi. Biaya pembuatan untuk jenis Hercules C-130H sekitar US$ 30,1 juta per unitnya.
  • Pesawat sama yang jatuh di Medan bukanlah pesawat biasa. Hampir seluruh militer di dunia menggunakannya. Namun pengguna utama pesawat ini adalah angkatan militer Amerika seperti United States Air Force, United States Marine Corps termasuk juga Royal Air Force dan Royal Canadian Air Force.
  • Pesawat jenis Hercules C-130 merupakan pesawat dengan masa produksi terpanjang. Dari tahun 1954 hingga kini terus di produksi dengan berbagai penambahan teknologi terkini tentunya.
  • Selama perang Vietnam berkecamuk, Sebanyak 70 pesawat Hercules C-130 yang digunakan oleh militer Amerika rusak.
  • Jumlah kecelakaan pesawat Hercules C-130 terhitung rendah. Angkatan Udara Inggris (Royal Air Force) misalnya, dalam 40 tahun terakhir mereka melaporkan dalam 250 ribu jam terbang, hanya sekali pesawat ini mengalami kecelakaan.
  • Kecelakaan pesawat Hercules yang paling terkenal adalah kecelakaan yang di alami oleh Presiden Pakistan, Jenderal Zia ul Haq bersama duta besar Amerika untuk Pakistan, Arnold Lewis Raphel pada tahun 1988. Keduanya tewas dalam kecelakaan pesawat yang sangat fatal itu.
  • Video pesawat Hercules C-130.
  • Pesawat Hercules yang jatuh di Medan merupakan pesawat tipe B dan dalam keadaan kondisi yang baik. Pesawat ini terkenal karena bisa mengudara dalam segala cuaca dan kondisi, dapat membawa perlengkapan logistik sampai 20 ton dan bisa mendarat di landasan buruk sekalipun.
Pesawat Hercules Jatuh Di Medan

Gambar Pesawat Hercules C-130.

Pesawat Hercules C-130 Milik TNI Angkatan Udara

Pesawat Hercules C-130 Milik TNI Angkatan Udara. Gambar : Wikipedia.

Video Pesawat Hercules C-130 Milik TNI Angkatan Udara.

 

 

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Mengenal Pesawat Hercules Yang Jatuh Di Medan,


Diterbitkan pada: Selasa, 30 Juni 2015
Rating : 4.60 / 5 dari 5 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright