Sains

Kapan Dan Siapa Penemu Lampu Lalu Lintas ?

Dipersimpangan kota-kota besar, lampu lalu lintas sudah menjadi peralatan isyarat dan keamanan yang wajib terpasang. Namun tahukah Anda kapan dan siapa sebenarnya penemu lampu lalu lintas tersebut?. Hal itulah yang coba ditampilkan oleh Google Doodle hari ini untuk memperingati ulang tahun ke 101 sistem lampu lalu lintas listrik pertama.

Jika Anda kebetulan mengakses laman Google hari ini, Anda akan disuguhi sebuah gambar lampu lalu lintas jadul dengan animasi mobil bergerak yang mewakili huruf bertuliskan Google. Saat di klik, gambar tersebut akan mengarahkan Anda ke pencarian “Kapan lampu lalu lintas pertama kali ditemukan?”.

Sejarah dan Penemu Lampu Lalu Lintas

Sejarah dan Penemu Lampu Lalu Lintas. (Google)

Banyak sumber yang mengarahkan kapan sebenarnya lampu lalu lintas pertama kali di temukan. Salah satunya adalah laman Wikipedia berbahasa Indonesia. Nah, siapakah penemunya?.

Penemu lampu lalu lintas adalah Lester Farnsworth Wire. Namun menurut Wikipedia, sebelum itu telah ada lampu lalu lintas dan pertama kali terpasang di Kota London. Lampu tersebut tidak seperti lampu lalu lintas yang ada saat ini. Hanya terdiri dari 2 lampu yaitu lampu berwarna merah dan lampu berwarna hijau. Lampu lalu lintas itu tidak lama dipasang, hanya 1 tahun karena meledak dan sempat melukai polisi yang sedang berada didekatnya.

Setelah temuan Lester, kemudian lampu lalu lintas berikutnya terus bermunculan. Adalah Garrett Augustus Morgan. Dia  membuat dan merancang lampu lalu lintas dengan sistem yang lebih efektif, efisien dan lebih aman dengan menambahkan tanda Stop dan Go untuk mempermudah penunjuk lalu lintas.

Kemudian, Morgan kembali merancang lampu lalu lintas yang lebih baik lagi. Kali ini dia membuat desainnya seperti huruf T. Lampu inilah yang sangat mirip dengan lampu lalu lintas zaman sekarang karena sudah terdiri dari 3 indikator lampu berwarna hijau, kuning dan merah.

Temuan dan rancangan dari keduanya kemudian terus dikembangkan dan disempurnakan sehingga menjadi lampu lalu lintas modern seperti yang ada saat ini. Berikut adalah sejarah dan penemu lampu lalu lintas dari zaman ke zaman yang dikutip dari laman wikipedia.

Perkembangan Lampu Lalu Lintas.

  • Pada 10 Desember 1868, lampu lalu lintas pertama dipasang di bagian luar Gedung Parlemen di Inggris oleh sarjana lalu lintas, J.P Knight. Lampu ini menyerupai penunjuk waktu (jam) dengan bentuk seperti semapur dan lampu merah dan hijau untuk malam hari. Lampu-lampu tersebut berasal dari tenaga gas.
  • Pada 2 Januari 1869, tiba-tiba lampu tersebut meledak dan melukai seorang polisi sehingga harus dioperasi.
  • Pada awal 1912 Lampu lalu lintas modern ditemukan di Amerika Serikat. Di Salt Lake City, seorang polisi, Utah, menemukan lampu lintas pertama yang dijalankan dengan tenaga listrik.
  • Pada 5 Agustus 1914, American Traffic Signal Company memasang sistem lampu sinyal di dua sudut jalan di Ohio. Lampu sinyal ini terdiri dari dua warna, merah dan hijau, dan sebuah bel listrik. Lampu ini di desain oleh James Hoge. Keberadaan bel di sini untuk memberi peringatan jika adanya perubahan nyala lampu. Lampu rancangan Hoge ini dapat dikontrol oleh polisi dan pemadam kebakaran jika ada dalam keadaan darurat.
  • Pada awal tahun 1920, lampu lalu lintas dengan tiga warna pertama dibuat oleh seorang petugas polisi, William Potts, di Detroit, Michigan.
  • Pada tahun 1923, Garrett Morgan mematenkan alat sinyal lampu lalu lintas.
  • Tahun 1917, lampu lalu lintas pertama dijalankan saling berhubungan satu dengan yang lain. Interkoneksi antarlampu ini dijalankan pada enam persimpangan yang dikontrol secara bersamaan dengan tombol manual.
  • Lampu lalu lintas pertama yang dioperasikan secara otomatis diperkenalkan pada Maret 1922 di Houston, Texas.
  • Di Inggris, lampu lalu litas pertama dioperasikan di Wolverhampton pada tahun 1927.

Itulah kisah perjalanan panjang 101 tahun dan penemu-penemu lampu lalu lintas sepanjang masa. Sebagai pengendara, patuhi rambu-rambu dan perhatikan lampu lalu lintas dipersimpangan jalan untuk keselamatan bersama.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Kapan Dan Siapa Penemu Lampu Lalu Lintas ?,


Diterbitkan pada: Rabu, 5 Agustus 2015
Rating : 4.36 / 5 dari 11 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet, sains dan tren media sosial.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright