Sosial Media

Ulang Tahun Bapak Arsip Pendiri Mundaneum Dirayakan Google

Bapak perintis arsip ilmu pengetahuan, Paul Otlet, yang merupakan salah satu pendiri Mundaneum berulang tahun hari ini. Ulang tahun yang ke-147 itu diperingati oleh Google. Ya, jika Anda mengakses laman mesin pencarian Google hari ini, 23 Agustus 2015, tampilan gambar atau yang biasa disebut sebagai Google Doodle memperlihatkan gambar sebuah lemari arsip berwarna coklat muda.

Pada tahun 1910, bersama rekannya Henri La Fountaine, Paul mendirikan Mundaneum, sebuah lembaga yang tugasnya mengumpulkan semua pengetahuan serta mengelompokkannya berdasarkan sistem yang telah mereka rancang. Semua dokumen dan ilmu pengetahuan yang mereka kumpulkan itu diletakkan pada sebuah laci besar yang mereka namakan dengan Mundaneum’s Universal Bibliographical System.

Melalui Mundaneum’s Universal Bibliographical System itulah keduanya menempatkan semua arsip dari seluruh informasi ilmu pengetahuan kemudian mengelompokkannya menggunakan metode yang mereka sebut Universal Decimal Classification.

Mundaneum sendiri awalnya diletakkan di Palais du Cinquantenaire, Brussels, Belgia. Kemudian pada tahun 1929, konsep ini pernah akan digunakan dengan membangun Mundaneum di Jenewa, Swiss. Namun proyek tersebut tidak berjalan dengan semestinya.

Pada tahun 1940, Nazi menginvansi Belgia. Saat itulah beberapa materi dan arsip di Mundaneum hilang. Mundaneum akhirnya dipindahkan ke sebuah bangunan tua di Leopold Park sampai tahun 1972. Kemudian setelah itu, Kota Mons di Belgia menjadi tempat Mundaneum hingga sekarang.

Ulang Tahun Paul Otlet Pendiri Mundaneum.

Ulang Tahun Paul Otlet Pendiri Mundaneum. (Google Doodle)

Mundaneum disebut sebagai tonggak sejarah pengumpulan data dan manajemen sebelum adanya internet dengan Wikipedia dan Wolfram Alpha.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Ulang Tahun Bapak Arsip Pendiri Mundaneum Dirayakan Google,


Diterbitkan pada: Minggu, 23 Agustus 2015
Rating : 4 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright