Sains

Pusat Gempa Di Pandeglang Terjadi Di Samudera Hindia Akibat Naiknya Patahan

Gempa Bumi yang terjadi di Pandeglang, Banten kemarin berpusat di Samudera Hindia. Getaran gempa berkekuatan 5,6 SR itu bahkan terasa hingga ke Jakarta hingga berbagai wilayah di Jawa Barat seperti di Depok, Bogor, Pamulang, Purwakarta, Bandung dan Serang.

Menurut keterangan BMKG ( Badan Meteorologi dan Geofisika ) melalui akun resmi Twitter milik mereka pada 28 November 2015, gempa Pandeglang yang mengguncang wilayah Jakarta dan sekitarnya itu akibat naiknya patahan di Samudera Hindia.

Gempa Pandeglang Banten dan Jakarta 28 November 2015

Ilustrasi : Gempa Pandeglang Banten dan Jakarta 28 November 2015.

Pusat gempa bumi terletak di koordinat 6.32 LS – 105.81 BT pada kedalaman 75 km di Samudera Hindia dan berjarak 77 km dari tenggara Pandeglang, Banten.

Meski terjadi di Samudera Hindia, gempa ini tidak akan menyebabkan tsunami. Hal tersebut di ungkapkan oleh Daryono selaku Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG melalui laman blognya.  Gempa bumi Pandeglang disebutkan merupakan gempa bumi hiposenter menengah yang diakibatkan aktivitas penyusupan lempeng di lajur Benioff atas. Dari hasil analisis, gempa bumi 28 November 2015 kemarin ini terjadi akibat thrust fault atau patahan naik.

Meski begitu, Daryono menjelaskan jika gempa yang terasa hingga ke Jakarta kemarin tidak berpotensi menimbulkan tsunami karena intensitas kekuatannya masih terbilang kecil dengan kedalaman menengah. Untuk itu dia menambahkan jika masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap tenang.

Seperti yang diketahui, gempa bumi yang terjadi di Pandeglang, Banten kemarin terasa hingga ke Jakarta dan getarannya terasa mulai dari 5 detik hingga 30 detik.

Pada skala III MMI, gempa 28 November 2015 kemarin terasa di Pelabuhan Ratu. Sementara pada skala II hingga III MMI terasa di Bandung dan Jakarta.


Gempa dengan skala II MMI diketahui menyebabkan benda-benda yang digantung bergoyang. Sedangkan pada skala III MMI getaran dirasakan warga cukup kuat. Saat berada didalam rumah, getaran gempa cukup terasa seakan ada truk besar yang sedang melintas.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Pusat Gempa Di Pandeglang Terjadi Di Samudera Hindia Akibat Naiknya Patahan,


Diterbitkan pada: Minggu, 29 November 2015
Rating : 4.50 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Pusat Gempa Di Pandeglang Terjadi Di Samudera Hindia Akibat Naiknya Patahan".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright