Sains

Setelah 300 Tahun Kapal Harta Karun Spanyol Berhasil Ditemukan

Salah satu harta karun tersembunyi di bawah laut berupa bangkai kapal layar milik Spanyol berhasil ditemukan militer Kolombia, tempatnya di wilayah lepas pantai Cartagena. San Jose, nama kapal tersebut, telah tenggelam kira-kira tiga ratus tahun yang lalu dan diyakini memiliki nilai hingga tujuh belas miliar dollar Amerika.

Angka tersebut tidaklah mengherankan karena San Jose diketahui membawa beragam muatan yang sangat berharga, mulai dari emas, batu mulia hingga perhiasan. Kapal layar ini tenggelam sebagai akibat serangan dari kapal perang milik Inggris pada tahun 1708. Harta yang ada di dalam kapal sendiri konon berasal dari koloni-koloni Amerika untuk kemudian dikirim pada Raja Spanyol guna membiayai perang kala itu.

Kapal San Jose tenggelam saat pertempuran sengit dengan Inggris pada 1708 di lepas pantai Cartagena

Kapal San Jose tenggelam saat pertempuran sengit dengan Inggris pada 1708 di lepas pantai Cartagena. (Samuel Scott-National Maritime Museum)

Dalam konferensi pers yang digelar di Cartagena pada Minggu (6/12/2015), Juan Manual Santos selaku Presiden Kolombia mengatakan bahwa penemuan bangkai kapal ini merupakan penemuan harta bawah laut terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah manusia. Namun, dirinya tidak mengungkap rincian mengenai di mana tepatnya lokasi penemuan tersebut. Santos hanya berujar bahwa pihaknya akan terus melakukan investigasi serta eksplorasi.

Diwartakan dari Bogota, harta yang diangkut kapal tersebut setidaknya bernilai hingga tujuh belas miliar dollar Amerika. Para peneliti telah mencari bangkai kapal San Jose selama puluhan tahun dan kini akhirnya mereka bisa menemukannya. Tanda bahwa bangkai kapal itu memang benar adalah bangkai San Jose bisa terlihat dari adanya ukiran berbentuk lumba-lumba serta meriam kuningan unik di sana.

Isu kepemilikan kapal San Jose sendiri telah menjadi sengketa hukum antara Kolombia dengan Amerika Serikat melalui SSA, sebuah perusahaan pencarian. SSA diketahui telah mengajukan tuntutan terkait kepemilikan kapal tersebut. Pada tahun 1981, SSA juga mengklaim bahwa mereka telah menemukan titik tenggelamnya kapal.

SSA dan Kolombia sempat menjalin kemitraan serta sepakat untuk berbagi hasil. Namun akhirnya diputuskan bahwa harta apapun dari bangkai kapal apabila ditemukan akan dimiliki Kolombia saja. Klaim ini semakin menguat karena pada 2011 pengadilan Amerika secara resmi menyatakan kapal San Jose adalah milik dari pemerintah Kolombia.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Setelah 300 Tahun Kapal Harta Karun Spanyol Berhasil Ditemukan,


Diterbitkan pada: Senin, 7 Desember 2015
Rating : 4.50 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Setelah 300 Tahun Kapal Harta Karun Spanyol Berhasil Ditemukan".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright