Teknologi

Hasil Survei: Hari Valentine Bukan Hari Paling Romantis Namun….

Hari Valentine yang jatuh setiap tanggal 14 Februari sering dikait-kaitkan dengan hari kasih sayang. Tak terkecuali di Indonesia. Meskipun identik dengan hari kasih sayang, namun nyatanya Valentine’s Day dianggap bukan hari paling romantis dalam setahun, terutama di Indonesia.

Hal tersebut terungkap dalam survei yang dilakukan baru-baru ini oleh salah satu perusahaan jasa internet dan online shop terkemuka, Rakuten, yang bertajuk Rakuten Shopping Secrets. Dalam survei yang dilakukan jelang perayaan hari Valentine 2016 ini, melibatkan lebih dari 2500 pria dan wanita, berusia 20 hingga 60 tahun. Ke-2500 responden tersebut berasal dari Malaysia, Singapura, Thailand, Taiwan termasuk juga Indonesia.

Hadiah Hari Valentine 2016

Hadiah Hari Valentine 2016. (ilustrasi)

Hasilnya?. Ternyata menurut responden seperti yang dikutip dari harian merdeka, hari Valentine bukanlah hari paling romantis dalam setahun. Berikut persentase hasil survei tersebut:

Hari paling romantis:

  1. Ulang tahun pernikahan : 29 persen.
  2. Setiap hari : 26 persen.
  3. Hari Ulang Tahun : 10 persen.
  4. Tidak ada hari romantis : 7 persen.
  5. Hari Valentine : 6 persen.

Meski Valentine’s Day dinilai bukanlah hari paling romantis, namun sebagian besar responden atau sebanyak 56 persen, termasuk mereka juga yang tidak memilih hari Valentine sebagai hari paling romantis, tetap berharap mendapatkan hadiah pada hari itu.

Tentu saja kaum wanita yang mendominasi mengharapkan hadiah Valentine dibandingkan pria. Namun yang cukup mengejutkan, responden yang paling mengharapkan hadiah pada hari Valentine adalah responden yang berasal dari Indonesia, yaitu sebanyak 56 persen.

Dibandingkan dengan hadiah biasa atau berbau romantis, responden lebih memilih hadiah dengan nilai yang sangat tinggi. Berikut adalah urutan 5 teratas:

  1. Hadiah dalam bentuk liburan atau perjalanan.
  2. Makanan dan minuman.
  3. Perhiasan.
  4. Gadget.
  5. Produk Fashion.
  6. Aksesories.

Keinginan untuk mendapatkan hadiah di hari Valentine yang lebih mahal sepertinya didukung oleh fakta jikalau responden percaya kalau hadiah-hadiah seperti liburan atau perjalanan, perhiasan, mobil, rumah sampai apartemen merupakan hadiah terbaik untuk mengungkapkan kata-kata “Aku cinta kamu”.

Walau demikian, masih ada responden yang tetap memilih hadiah Valentine berupa bunga dan mainan yang harganya jauh lebih murah. Bahkan, diantara mereka ada yang lebih memilih untuk mendapatkan hadiah Valentine’s Day yang tidak bisa dibeli dengan uang. Apa itu?. Mereka menginginkan pasangan mereka untuk menghabiskan waktu bersama dengan mereka.

Survei yang dilakukan oleh Rakuten ini juga menemukan jika orang-orang akan menghabiskan sejumlah uang untuk membeli hadiah Valentine:

  • Rp 336.798 untuk hewan peliharaan.
  • Rp 370.062 untuk tetangga.
  • Rp 469.854,00 untuk atasan/bos.
  • Rp 518.364,00 untuk pacar.
  • RP 522.522 untuk tunangan.
  • Rp 600.138 untuk pasangan.

Dari survei yang dilakukan jelang peringatan hari Valentine 2016, sebanyak 37 persen responden ternyata lebih memilih belanja online. Berikut alasan mereka lebih memilih belanja via online:

  • Kemudahan menjaga rahasia (kejutan) sebanyak 59 persen.
  • Kenyamanan sebanyak 53 persen.
  • Waktu sebanyak 40 persen.
  • Biaya yang lebih rendah sebanyak 30 persen.

Video: Valentine’s Day 2016- DIY Gift Ideas.

Survei ini sendiri merupakan survei yang kedua kalinya dilakukan oleh Rakuten, terutama untuk melihat produk-produk apa saja yang diminati dan akan dibeli di hari Valentine 2016 sebagai hadiah.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Hasil Survei: Hari Valentine Bukan Hari Paling Romantis Namun….,


Diterbitkan pada: Jumat, 5 Februari 2016
Rating : 4.44 / 5 dari 9 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Hasil Survei: Hari Valentine Bukan Hari Paling Romantis Namun….".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by: