Tips dan Trik

Inilah 5 Cara Agar Password Sulit Diretas

Sejatinya, password atau kata sandi adalah hal yang sangat penting untuk melindungi semua data atau akun penggunanya. Namun sayangnya, penggunaan password yang mudah ditulis dan di ingat menjadi pilihan banyak orang. Tanpa mereka sadari, password yang mudah dituliskan dan mudah di ingat tersebut dengan gampangnya dapat dibobol oleh peretas.

Password seperti angka 123456, abcdefg, dsb kerap menjadi pilihan pengguna karena gampang di ingat, mudah untuk ditulis dan mudah diketikkan. Selain itu, banyak juga mereka yang menggunakan password dengan nama keluarga, hewan kesayangan dan tanggal lahir. Umumnya pengguna juga menyamakan semua password mereka untuk akses login ke email, media sosial seperti facebook dan twitter, bahkan akun internet banking.

Cara Membuat Password Yang Sulit Diretas

Cara Membuat Password Yang Sulit Diretas. (pixabay)

Jika cara itu yang Anda gunakan untuk membuat password, sebaiknya ubah dan gantilah sedari sekarang. Mengapa?. Menurut Dony Koesmandarin selaku Territory Channel Manager Kaspersky Lab Indonesia, password-password seperti itu sangat mudah sekali diretas. Misalnya saja, peretas bisa mengetahui password tersebut hanya dengan berpura-pura bersosialisasi dengan Anda.

Jika itu sudah terjadi dan tanpa Anda sadari jika sudah menjadi target mereka, pelaku akan mengajak Anda mengobrol seperti biasa dan mulai menanyakan semua hal pribadi tentang Anda. Misalnya saja mengenai keluarga, tanggal lahir, dsb.

Setelah mengetahui semua data dan informasi pribadi Anda, mereka akan mencoba untuk meretas semua data dan akun-akun Anda, terutama semua akun-akun yang bisa menguntungkan mereka. Bayangkan jika Anda hanya menggunakan password seperti tanggal lahir pada akun-akun keuangan Anda, mereka dengan mudah menyusup kemudian memanfaatkannya.

Untuk itu, hindarilah menggunakan password-pssword yang mudah ditebak termasuk juga menggunakan password seperti tanggal lahir, nama keluarga, dsb.

Lalu seperti apa password yang sulit diretas? dan bagaimana cara agar peretas sulit untuk menjebolnya?.

Ada empat cara yang bisa dilakukan untuk melindungi semua akun yang Anda miliki.

Pertama, buatlah password yang panjang, minimal 8 karakter. Semakin panjang password, maka peretas akan kesulitan untuk membobol akun-akun yang Anda miliki.

Kedua, selain menggunakan minimal 8 karakter, gunakan kombinasi password Anda dengan huruf dan angka, atau huruf besar dan huruf kecil dan angka, atau yang lebih baik lagi menggabungkan ketiganya dengan karakter khusus seperti misalnya tanda # atau tanda *. Contoh : PaS5w0rD*s#

Ketiga, jangan samakan semua password untuk akun-akun yang Anda miliki. Jika satu akun berhasil diretas, maka akun-akun lainnya juga akan bernasib sama. Untuk itu hindari penggunaan password yang sama pada masing-masing akun Anda.

Keempat, satukan semua akun dan password Anda dalam satu catatan misalnya copy kedalam notepad. Kemudian file notepad ini di proteksi dengan menggunakan password misalnya saja dengan dikompres menggunakan software seperti winrar kemudian juga diberi password yang mudah di ingat tetapi tetap mengacu pada poin pertama dan kedua diatas.

Kelima, jika memungkinkan, sebaiknya gunakan software khusus untuk mengumpulkan semua akun dan password Anda menggunakan software password manager.

Lihat juga disini: link download aplikasi 1Password untuk Android.

Meski terlihat ribet, namun kelima cara diatas cukup ampuh untuk mengamankan akun-akun Anda dari percobaan peretasan. Itulah 5 cara yang dapat dilakukan untuk membuat password yang sulit diretas. Jika bermanfaat, silahkan di share.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Inilah 5 Cara Agar Password Sulit Diretas,


Diterbitkan pada: Jumat, 12 Februari 2016
Rating : 4.69 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Inilah 5 Cara Agar Password Sulit Diretas".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by: