Sains

Kacamata Gerhana Matahai Buatan Mahasiswa Unnes Ini Dijual Murah

Kacamata untuk menyaksikan Gerhana Matahari yang ada dipasaran saat ini umumnya dijual diatas 40 ribu rupiah. Namun bagi Anda yang bermaksud untuk melihat fenomena alam langka pada 9 Maret 2016 nanti, bisa mendapatkan kacamata tersebut tidak lebih dari 25 ribu rupiah.

Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) Jurusan Fisika membuat kacamata filter matahari tersebut dan dijual secara langsung di kampus mereka dan sebagian lagi dijual secara online.

Pembuatan Kacamata Untuk Melihat Gerhana Matahari

Pembuatan Kacamata Untuk Melihat Gerhana Matahari. (Gambar: okezone)

“Jika dipasaran mungkin harganya (kacamata gerhana matahari) bisa mencapai 40 ribuan. Semakin mendekati hari H, maka harga jualnya akan semakin mahal, tetapi kami menjualnya tetap seharga Rp 25 ribu saja,” ungkap Dwi Lestari melalui laman okezone hari ini.

Selain teman-temannya dikampus, mahasiswi semester VIII itu juga dibantu oleh rekan-rekan sesama kos-nya yang beralamat di Gang Cempakasari RT 02 / 02 Kel. Sekaran, Kec Gunungpati, Semarang.

Untuk material seperti solar filter (filter matahari), dia mengungkapkan dibeli dari luar negeri melalui sebuah komunitas astronomi yang ada di Surabaya.

Kacamata untuk melihat gerhana matahari yang dia buat bersama rekan-rekannya itu terdiri dari dua jenis yaitu, menggunakan Baader ND5 dan black polymer.

“Kebanyakan kacamata yang dijual di pasaran memakai black polymer, sedangkan yang kita buat ada dua jenis yaitu menggunakan Baader ND5 dan black polymer. Sebenarnya sama saja, yang membedakan adalah penampakan warna matahari. Ada yang terlihat putih dan ada yang terlihat kuning,” jelasnya.

Lihat juga disini: Video Cara Mudah dan Aman Melihat Gerhana Matahari Total Memanfaatkan Barang Disekitar.


Selain dipasarkan dikampusnya dan secara online, pemasaran kacamata untuk gerhana matahari itu juga melibatkan mahasiswa dari kampus lain dan masyarakat umum.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Kacamata Gerhana Matahai Buatan Mahasiswa Unnes Ini Dijual Murah,


Diterbitkan pada: Minggu, 6 Maret 2016
Rating : 4.56 / 5 dari 9 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Kacamata Gerhana Matahai Buatan Mahasiswa Unnes Ini Dijual Murah".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright