Tips dan Trik

Ini Video Cara Mudah dan Aman Melihat Gerhana Matahari Total Memanfaatkan Barang Disekitar

Untuk melihat Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 nanti, diperlukan alat khusus seperti misalnya menggunakan kacamata anti ultraviolet (UV), teleskop atau binokuler khusus yang sudah dilengkapi dengan filter sinar UV yang dipancarkan oleh matahari.

Jika tidak menggunakan peralatan khusus untuk melihat Gerhana Matahari, niscaya mata Anda akan mengalami kerusakan. Hal tersebut diungkap oleh Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, yang memang berlatar belakang sebagai dokter spesialis mata. Menurutnya, sinar UV dari Matahari dapat merusak retina mata jika sinar tersebut masuk secara berlebihan.

Cara Mudah, Murah, Aman Lihat Gerhana Matahari Dengan Kertas dan Kardus

Cara Mudah, Murah, Aman Lihat Gerhana Matahari Dengan Kertas dan Kardus.

Untuk itu, dia menganjurkan untuk menggunakan kacamata khusus untuk melihat Gerhana Matahari pada 9 Maret mendatang. Dia juga menjelaskan jika tak semua kacamata hitam yang dijual dipasaran dilengkapi dengan filter sinar UV. Jadi, pastikan benar-benar menggunakan kacamata anti UV.

Kabar baiknya, selain dengan alat khusus seperti kacamata anti UV, Anda bisa memanfaatkan barang-barang disekitar untuk melihat fenomena langka ini yaitu dengan cara menggunakan teknik pin hole atau lubang jarum. Cara kerja teknik pin hole ini adalah dengan membiarkan cahaya matahari masuk melalui lubang atau celah sempit lalu diproyeksikan ke sebuah bidang datar.

Teknik ini diyakini merupakan teknik sederhana yang paling mudah, tidak perlu mengeluarkan biaya dan tentunya aman bagi kesehatan mata. Lalu bagaimana caranya?.

Cara melihat Gerhana Matahari Total dengan mudah tanpa biaya.
Bahan-bahan: Anda cukup menyiapkan kardus, gunting, perekat atau lakban, peniti atau pin dan aluminium foil.

Cara Membuat: Buat lubang dibagian depan dan samping kardus. Lubang dibagian depan berfungsi sebagai masukknya pancaran sinar gerhana matahari, sedangkan lubang dibagian samping kardus sebagai tempat melihat refleksi gerhana.

Tutup lubang bagian depan sebagai tempat masukknya cahaya dengan aluminium foil kemudian rekatkan dengan lakban. Pastikan pada bagian ini tertutup rapat agar tidak ada cahaya yang masuk selain dari lubang ini.

Lubangi aluminium foil dengan peniti atau pin. Kemudian dibagian belakang kardus, letakkan selembar kertas putih dan rekatkan. Kertas inilah sebagai media proyeksi dari sinar gerhana matahari yang masuk dari lubang kecil bagian depan.

Untuk melihat proses Gerhana Matahari Total, cukup arahkan bagian lubang kecil (bagian depan kardus dengan aluminium foil) kearah matahari. Kemudian, lihat refleksinya pada kertas putih melalui lubang bagian samping kardus. Lebih jelasnya, silahkan lihat video-video dibawah ini:

Video Cara Mudah dan Aman melihat Gerhana Matahari.

 

Baca juga: Ingin Melihat Gerhana Matahari Total Lebih lama?. Ini Lokasinya di Indonesia.

Mudah bukan?. Anda dapat melihat gerhana matahari dari pantulan yang masuk kedalam kardus, tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membeli peralatan khusus.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Ini Video Cara Mudah dan Aman Melihat Gerhana Matahari Total Memanfaatkan Barang Disekitar,


Diterbitkan pada: Sabtu, 5 Maret 2016
Rating : 4.56 / 5 dari 9 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Ini Video Cara Mudah dan Aman Melihat Gerhana Matahari Total Memanfaatkan Barang Disekitar".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by: